Comscore Tracker

Jangan Katakan 5 Hal Ini pada Teman Tipe Motivator yang Ada Masalah

Bukankah dia juga selalu mencoba membantumu?

Tipe temanmu tentu bermacam-macam. Ada teman tipe humoris, selalu pesimis atau justru optimis, suka memotivasi, dan sebagainya. Dari semua tipe tersebut, barangkali ada yang lebih kamu sukai daripada tipe-tipe yang lain.

Lantas, bagaimana perasaanmu pada teman bertipe motivator? Apakah kamu mengagumi kemampuannya memotivasi orang lain atau malah mencibirnya? Mana pun yang menggambarkan perasaanmu padanya, tidak tepat apabila kamu bereaksi seperti di bawah ini ketika dia ada masalah.

1. Rasakan, kebanyakan menasihati orang, sih

Jangan Katakan 5 Hal Ini pada Teman Tipe Motivator yang Ada Masalahilustrasi bicara dengan teman (pexels.com/Armin Rimoldi)

Dengan berkomentar seperti ini, kamu seakan-akan telah menanti dengan tak sabar masalah berat menimpanya. Kamu memandang persoalan tersebut sebagai karma atas kesukaannya memotivasi orang. Seperti hukuman sekaligus ujian untuk melihat apakah dia mampu menerapkan semua kalimat motivasi yang pernah diberikan pada orang lain.

Sikap seperti ini gak bagus, ya. Bagaimanapun, masalah bisa menimpa siapa saja. Teman yang gemar memotivasi tidak mungkin bebas dari problem hidup. Orang yang kerap menasihati maupun yang supercuek sama-sama punya masalah dalam kehidupannya.

2. Terapkan saja semua kalimat motivasimu selama ini

Jangan Katakan 5 Hal Ini pada Teman Tipe Motivator yang Ada Masalahilustrasi berbicara pada teman (pexels.com/Sarah Chai)

Ketika hal ini kamu katakan secara langsung padanya, pastinya temanmu akan merasa terpukul. Kamu tidak datang guna membantunya, melainkan tak ubahnya sedang mengolok-oloknya saja. Dirimu sama sekali tidak menunjukkan kepedulian padanya.

Tentu saja temanmu juga tak lupa pada seluruh kalimat motivasi yang pernah disampaikannya pada orang lain. Sedikit banyak, apa yang dikatakannya merupakan cerminan dari keyakinan bahkan pengalamannya sendiri. Akan tetapi, ini bukan berarti dia sudah gak membutuhkan perhatian serta nasihat dari orang lain.

Baca Juga: 5 Tips Beradaptasi dengan Teman-teman Baru, Bisa Dicoba!

3. Ternyata menjalani sendiri gak semudah cuma menasihati orang, kan?

Jangan Katakan 5 Hal Ini pada Teman Tipe Motivator yang Ada Masalahilustrasi dua perempuan (pexels.com/Charlotte May)

Siapa bilang menasihati orang merupakan hal yang mudah? Kemampuan yang diperlukan buat mampu menasihati orang itu bukan sekadar bicara. Sebelumnya dia harus punya kepedulian yang tinggi pada kondisi orang lain.

Dia wajib mampu berempati pada orang lain dan tidak menganggap aneh rasa rendah diri atau terpuruknya. Dengan ia masuk dulu dalam kondisi psikis orang lain, barulah dia dapat memberikan motivasi yang sesuai. Kalau cuma asal bicara, semua perkataannya tidak akan menyentuh titik yang tepat dalam dalam hati dan pikiran orang tersebut.

4. Kamu tidak memerlukan bantuan siapa pun

Jangan Katakan 5 Hal Ini pada Teman Tipe Motivator yang Ada Masalahilustrasi berbicara pada teman (pexels.com/Keira Burton)

Dia yang tidak memerlukan bantuan siapa pun atau kamu yang memang enggan menolong? Atau bahkan, kamu malas buat sekadar menunjukkan perhatian serta dukunganmu? Ingatlah, bahwa sehebat apa pun dirinya dalam memotivasi orang lain, dia masih manusia biasa.

Tidak mungkin ia selalu dalam posisi yang siap membantu orang lain yang tengah memiliki masalah dengan kalimat-kalimat motivasinya. Sesekali dia pasti juga membutuhkan bantuan orang lain meski itu tak langsung memecahkan persoalannya. Dia memerlukan setidaknya suntikan semangat dari orang-orang di sekitarnya.

5. Bukankah kamu orang yang bijaksana?

Jangan Katakan 5 Hal Ini pada Teman Tipe Motivator yang Ada Masalahilustrasi kesedihan teman (pexels.com/Liza Summer)

Tentu saja ia orang yang bijaksana. Hanya orang bijaksana yang masih mampu memotivasi orang lain di tengah kehidupannya sendiri yang tak bebas dari masalah. Namun, kebijaksanaan tidak menghapus sisi-sisi manusiawinya.

Dia juga bisa galau seperti kamu dan kebanyakan orang. Permasalahan-permasalahan yang berat pun mampu membuatnya tertekan dan kesulitan menemukan solusi yang tepat. Bila kamu mampu, mengapa tak mencoba membantunya? Bukankah kamu juga punya sisi bijaksana sekalipun tak sekuat teman tipe motivator?

Adanya teman tipe motivator di lingkaran pertemananmu bukanlah buat diolok-olok kala dia sendiri ada masalah. Jangan lupa bahwa dirinya yang paling bisa diandalkan saat kamu dan teman-teman yang lain sedang butuh penyemangat atau motivasi. Masa begini balasanmu? Jangan, ya!

Baca Juga: 5 Penyebab Kamu Gak Diajak Teman Hang Out, Sering Merusak Suasana

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya