Comscore Tracker

Be Yourself dan Rasakan 5 Keuntungan Ini, Termasuk Soal Jodoh

#IDNTimesLife Sampai kapan malu jadi diri sendiri?

Be yourself atau jadilah diri sendiri pasti kalimat yang sudah gak asing lagi bagimu, kan? Nah, sudahkah kamu betul-betul bisa menjadi diri sendiri atau masih saja ragu-ragu?

Perlu kamu ketahui nih, menjadi diri sendiri akan sangat memudahkan hidupmu. Juga memudahkan orang mengenal karakter aslimu. Masih gak yakin? Simak nih, lima keuntungan saat kamu telah nyaman menjadi diri sendiri.

1. Mau bekerja apa pun gak gengsi lagi, yang penting enjoy dan cuan

Be Yourself dan Rasakan 5 Keuntungan Ini, Termasuk Soal JodohIlustrasi pria berjualanan makanan (pexels.com/hiteshchoudhary)

Setuju gak, kalau harga diri orang dewasa itu ada pada pekerjaan dan penghasilannya? Terlebih jika kamu bakal menjadi kepala keluarga. Gak punya pekerjaan dan uang benar-benar bikin harga dirimu hancur.

Sayangnya, kalau gak kunjung berani menjadi diri sendiri, kamu akan terlalu pemilih saat mencari pekerjaan atau bikin usaha. Semua demi gengsi dan kamu mencari pekerjaan atau bikin usaha semata-mata yang tampak keren.

Padahal, terdengar keren pun belum tentu bagus dari segi penghasilan. Kalau itu juga bukan minatmu, kamu jelas gak akan nyaman. Sedang bila sudah jadi diri sendiri, kamu gak malu-malu lagi menekuni pekerjaan yang sesuai dengan jiwamu dan yang penting hasilnya bagus.

2. Gak terbebani memikirkan cara menjadi orang lain

Be Yourself dan Rasakan 5 Keuntungan Ini, Termasuk Soal JodohIlustrasi wanita bahagia (pexels.com/aliatiabi)

Seperti disebutkan di awal, menjadi diri sendiri akan sangat memudahkan hidupmu. Gak perlu pusing-pusing mencari gambaran orang-orang yang akan ditiru. Pun berusaha meniru sedemikian rupa juga gak bakal bikin kamu menjadi dirinya.

Kamu ya kamu, dia ya dia. Makin susah kalau gambaran orang yang ideal bagimu banyak macamnya. Ibaratnya, kamu hanya akan menghabiskan waktu dan energimu buat memakai dan melepas berbagai topeng. Nyiksa diri sendiri!

3. Semua kelebihanmu malah makin menonjol

Be Yourself dan Rasakan 5 Keuntungan Ini, Termasuk Soal JodohIlustrasi pria berjaket biru (pexels.com/atef-khaled-825144)

Kalau sampai umurmu nyaris seperempat abad belum juga tahu kelebihanmu apa saja, coba cek. Jangan-jangan masalahmu sebenarnya cuma belum pernah berusaha menjadi diri sendiri.

Begini penjelasannya. Kelebihan-kelebihanmu selalu ada dalam dirimu. Maka bila kamu malah repot berusaha menjadi orang lain, kelebihan-kelebihan itu jadi tak terlihat. Seperti gak ada padahal sebenarnya selalu ada.

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Pasangan Dramatis, Tetap Taking Care of Yourself 

4. Lebih bisa menghargai sisi unik orang lain

Be Yourself dan Rasakan 5 Keuntungan Ini, Termasuk Soal JodohIlustrasi perempuan duduk bersila (pexels.com/gabrielapereiraph)

Setiap orang pasti punya keunikan masing-masing. Keunikan ini harus diterima baik oleh diri sendiri maupun oleh orang lain. Nah, saat kamu sudah bisa menjadi diri sendiri, kamu pasti gak kesulitan lagi menghargai keunikan siapa pun.

Sebab kamu sendiri sadar betul akan keunikan-keunikan dirimu. Kamu juga berharap orang lain bisa menerimanya, sehingga kamu gak akan menolak atau mempermasalahkan keunikan mereka.

5. Lebih mungkin bertemu jodoh terbaik

Be Yourself dan Rasakan 5 Keuntungan Ini, Termasuk Soal JodohIlustrasi pria dengan gelas minuman (pexels.com/taiwili-kayan-228744)

Jodoh terbaik itu yang seperti apa sih? Salah satu kriterianya jelas yang bisa menerimamu dengan apa adanya. Bukan malah lebih suka kamu menjadi orang lain asal keren.

Kalau kamu gak pernah mau jadi diri sendiri, kamu bakal sering mendapatkan cinta palsu. Maksudnya, seseorang gak benar-benar mencintai dirimu melainkan hanya mencintai sosok yang coba kamu perankan.

Be yourself memang lebih mudah diucapkan daripada benar-benar dilakukan. Namun menjadi orang lain hanya akan menurunkan kepuasan hidupmu. Jadi pede aja, ya!

Baca Juga: Cerita Cinta Laura Melawan Catcalling: "Stand Up for Yourself!"

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya