Comscore Tracker

6 Cara Menghargai Kebersamaan dengan Pasangan, Jangan Bikin Kesal

#IDNTimesLife Nikmati waktu kalian

Mau kalian pasangan baru atau lama, kalian harus tetap bisa menikmati kebersamaan. Kalau rasa nikmat sudah berkurang dan terus dibiarkan, nanti hubungan kalian makin lama makin hambar.

Jika sudah begini, pasti jadi rawan perselisihan bahkan perselingkuhan. Makanya, ayo hidupkan lagi momen kebersamaan kalian dengan enam cara ini:

1. Daripada murung terus, ceritakan saja masalahmu

6 Cara Menghargai Kebersamaan dengan Pasangan, Jangan Bikin KesalIlustrasi pria murung (unsplash.com/humam21)

Kadang, kamu cuma gak ingin membebani pikiran pasangan. Kamu inginnya dia bahagia terus. Gak perlu tahu masalah atau kesulitan apa pun yang sedang kamu alami.

Niatmu bagus, tetapi akibatnya belum tentu. Jika masalahmu memang berat, kamu gak bakal bisa menutupi rasa tertekanmu. Kamu pasti akan terlihat murung selama bersamanya.

Ini akan membuat kebersamaan kalian gak berkualitas. Daripada dia salah paham, mengira kamu gak menikmati waktu bersamanya, lebih baik jujur saja. Ceritakan masalahmu biar kamu lega, dia juga jadi merasa berguna karena bisa membantumu.

2. Ekspresikan rasa sayangmu padanya

6 Cara Menghargai Kebersamaan dengan Pasangan, Jangan Bikin KesalIlustrasi kemesraan pasangan (unsplash.com/lauramc)

Sekalipun pada dasarnya kamu pemalu, jangan ragu untuk menunjukkan rasa cintamu pada pasangan, ya! Terlebih kalian sudah menjadi pasangan suami istri. Jangan sampai sikapmu dingin banget kayak kulkas lama gak dibuka.

Sama pasangan sendiri juga. Caranya gak susah kok. Misalnya, mengecup keningnya lebih lama dari biasanya atau menatap matanya dalam-dalam. Dia pasti akan bisa membaca isyarat cintamu.

3. Memberinya kejutan juga boleh

6 Cara Menghargai Kebersamaan dengan Pasangan, Jangan Bikin KesalIlustrasi kejutan untuk pasangan (unsplash.com/jmason)

Kejutan gak melulu sesuatu yang besar atau mahal kok. Simpel-simpel saja seperti membelikan apa pun tanpa terlebih dahulu memberitahunya. Gak harus emas atau berlian. 

Beberapa tangkai bunga sudah bisa membuatnya meleleh. Baju atau alas kaki juga boleh. Atau, sekadar tiba-tiba mengajaknya makan di luar setelah sekian lama selalu makan di rumah saja.

Baca Juga: 5 Tanda Ini Bukti Nyata Jika Kamu Sudah Tidak Menghargai Pasangan Lagi

4. Please, jangan sibuk sendiri, ya!

6 Cara Menghargai Kebersamaan dengan Pasangan, Jangan Bikin KesalIlustrasi pasangan muda (unsplash.com/gift_habeshaw)

Jarang berduaan, sekalinya berduaan kok sibuk sama HP? Terus saja bertelepon sama rekan kerja sampai bikin pasangan bingung mau ngapain. Atau malah cuma sibuk main medsos? Gak penting banget!

Kalau begini, apa bedanya kalian lagi bareng atau sendiri-sendiri? Sesekali, luangkan waktu sepenuhnya buat pasangan. Taruh HP agak jauh dari kalian dan nikmati kebersamaan.

5. Jangan lupa bercanda biar rileks

6 Cara Menghargai Kebersamaan dengan Pasangan, Jangan Bikin KesalIlustrasi pasangan bercanda (unsplash.com/lucaslenzi)

Pasangan adalah orang terdekatmu. Apalagi jika kalian sudah berkeluarga. Dan hubungan kalian bakal tegang banget kalau gak pernah diwarnai dengan candaan.

Padahal, rumah adalah tempat kalian menyegarkan diri selepas melakukan berbagai kegiatan di luar. Bercandalah atau tontonlah tayangan-tayangan komedi biar kalian bisa tertawa bersama. Dijamin hubungan kalian akan terasa jauh lebih hangat.

6. Bicara dari hati ke hati juga penting, lho

6 Cara Menghargai Kebersamaan dengan Pasangan, Jangan Bikin KesalIlustrasi pasangan dan api unggun (unsplash.com/manuelmeurisse)

Sekadar bersama secara fisik gak menjamin kalian bakal bisa dekat secara emosional. Cara yang efektif untuk membuat perasaan kalian selalu saling terhubung hanyalah dengan sering-sering ngobrol dari hati ke hati.

Ceritakan apa-apa yang membuatmu kesal, sedih, terharu, atau bahagia. Demikian juga dengarkan dirinya. Kalian juga perlu jujur tentang keinginan masing-masing di masa depan. Kalau ini selalu dilakukan, kalian akan bisa lebih saling memahami dan mendukung.

Menghargai kebersamaan dengan pasangan janganlah dianggap sebagai tugas berat. Jika kamu benar-benar menyayangi pasanganmu, enam hal di atas akan sangat mudah kamu lakukan kok. Sebab bisa bersamanya benar-benar terasa sebagai anugerah bagimu. Benar?

Baca Juga: Jarang Disadari, Ini 5 Bukti Kamu Kurang Menghargai Pasangan

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya