Comscore Tracker

6 Cara Bijak Menyikapi Kepercayaan yang Disalahgunakan Orang

Cari tahu dulu apa motivasinya

Mengetahui kepercayaan yang kamu berikan pada seseorang justru disalahgunakan tentu membuatmu marah dan kecewa. Pasalnya, kamu gak akan memberikan kepercayaanmu ke sembarang orang.

Dia adalah orang pilihan yang seharusnya menghargai kepercayaanmu dengan cara menjaganya. Di tengah kekesalanmu, upayakan untuk tetap bersikap bijaksana, ya!

Ketimbang memarahinya habis-habisan, sebaiknya kamu ikuti enam cara berikut ini. Siapa tahu ada unsur ketidaksengajaan juga, kan? 

1. Kumpulkan dan sodorkan bukti-buktinya

6 Cara Bijak Menyikapi Kepercayaan yang Disalahgunakan Orangilustrasi menunjukkan bukti (pexels.com/mart-production)

Makin banyak bukti yang kamu miliki tentu akan makin baik. Dia jadi tidak dapat mengelak lagi dari perbuatannya. Tanpa perlu banyak bicara, kamu tinggal menyodorkan semuanya lalu lihat bagaimana reaksinya. 

Untuk sampai punya bukti yang cukup berarti kamu juga harus bisa bersabar. Walaupun kesal begitu tahu kepercayaanmu disalahgunakan, jangan bicara apa-apa dulu padanya sebelum buktinya memadai.

2. Kalau buktinya gak ada atau lemah, cocokkan keterangannya dengan keterangan saksi

6 Cara Bijak Menyikapi Kepercayaan yang Disalahgunakan Orangilustrasi mencocokkan keterangan (pexels.com/tima-miroshnichenko)

Masalahnya, terkadang menemukan bukti dalam kasus penyalahgunaan kepercayaan juga tidak mudah. Sementara itu, kamu gak mungkin terus membiarkannya dan akibatnya akan lebih buruk lagi.

Bila begini situasinya, cobalah mencari saksi-saksi yang dapat dipercaya. Dengarkan keterangan mereka dan cocokkan dengan keterangan orang yang diduga menyalahgunakan kepercayaanmu.

Pada awalnya, sebaiknya kamu menanyai mereka secara terpisah. Jika orang yang menyalahgunakan kepercayaanmu tak kunjung mengakui perbuatannya, barulah kamu mempertemukannya dengan para saksi.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Kembalikan Kepercayaan Seseorang yang Hilang Terhadapmu 

3. Tanyakan apa alasannya berbuat seperti itu

6 Cara Bijak Menyikapi Kepercayaan yang Disalahgunakan Orangilustrasi menanyai teman (pexels.com/cottonbro)

Rasa jengkel biasanya membuat kamu gak ingin tahu apa alasannya sampai tega menyalahgunakan kepercayaanmu. Namun kalau kamu gak mau tahu soal ini, sikapmu nantinya juga menjadi tidak tepat.

Misalnya, dia seharusnya menjaga rahasia yang hanya diketahui kalian berdua. Akan tetapi, dia keceplosan mengatakan sedikit dari rahasia itu pada orang lain. 

Dia segera berhenti berbicara begitu sadar telah keceplosan. Apakah kamu akan menghukumnya sama dengan orang yang memang sengaja membocorkan rahasia itu ke mana-mana?

4. Tahan emosi dan dengarkan penjelasannya sampai selesai

6 Cara Bijak Menyikapi Kepercayaan yang Disalahgunakan Orangilustrasi mendengarkan penjelasan (pexels.com/shvets-production)

Kamu mungkin sudah sempat menanyakan alasan seseorang menyalahgunakan kepercayaanmu seperti dalam poin sebelumnya. Namun, kamu tidak cukup sabar untuk mendengarkan penjelasannya.

Apalagi kalau dia menyampaikannya dengan berbelit-belit atau terbata-bata gak jelas. Kamu justru makin kesal dan tanpa sadar bersikap menghakimi. Padahal, boleh jadi ada hal lain yang seharusnya menimbulkan rasa iba di hatimu.

Misal, dia menyalahgunakan uang kantor untuk biaya berobat keluarganya. Dia sudah berusaha mencari pinjaman, tetapi gak mendapatkannya. Dia berjanji dalam hati untuk segera menggantinya, tetapi keburu ketahuan olehmu.

5. Jelaskan kerugiannya bagimu

6 Cara Bijak Menyikapi Kepercayaan yang Disalahgunakan Orangilustrasi berbicara dengan teman (pexels.com/edmond-dantes)

Seseorang menjadi lebih gampang menyalahgunakan kepercayaan yang diberikan padanya bila ia tidak betul-betul paham akibat dari perbuatannya. Dia pikir, tindakannya tidak merugikan siapa pun. 

Atau, dia tidak menyangka kerugianmu ternyata sangatlah besar. Maka dari itu, antisipasi kemungkinan kepercayaanmu disalahgunakan orang dengan sejak awal menjelaskan seluruh potensi kerugian baik untukmu maupun untuknya.

Jika dia telanjur melakukannya dan kamu belum pernah memberitahukan hal tersebut, tetaplah menyampaikannya. Dengan begitu, ia akan lebih menyesali perbuatannya dan kelak mampu berpikir lebih panjang sebelum bertindak.

6. Minta dia berjanji untuk tak lagi mengulanginya

6 Cara Bijak Menyikapi Kepercayaan yang Disalahgunakan Orangilustrasi berbicara dengan teman (pexels.com/gabby-k)

Kamu sudah tiba di tahap solusi, nih. Semuanya tergantung padamu. Apabila dia baru kali ini menyalahgunakan kepercayaanmu, tidak sengaja melakukannya, menyesalinya, serta bersedia mengganti kerugian; sebaiknya kamu memberinya kesempatan kedua.

Jangan langsung berhenti mempercayainya dan memutuskan hubungan kalian, ya! Soalnya, mencari orang yang dapat dipercaya memang gak mudah.

Walaupun dia pernah melakukan kesalahan, barangkali dia masih lebih baik dari kebanyakan orang di sekitarmu. Jika dia tak memenuhi kriteria di atas, barulah kamu boleh berhenti menjadikannya orang kepercayaan.

Menyikapi penyalahgunaan kepercayaan secara tergesa-gesa sama buruknya dengan bila kamu tidak pernah bisa tegas meski perbuatannya telah diulang-ulang. Lakukan keenam cara di atas jika kamu mengalaminya.

Baca Juga: 5 Tips Membangun Landasan Kepercayaan yang Kuat dalam Pernikahan

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya