Comscore Tracker

5 Hal yang Bikin Pasangan Gak Mendukung Hobimu, Mengalami Juga? 

Jangan egois soal ini ya! 

Semua orang pada dasarnya punya hobi. Hanya saja kadang gak terlalu menyadarinya karena seluruh waktunya sudah habis untuk bekerja. Jadi gak sempat lagi untuk melakukan hobinya. Padahal, menjaga hobi juga penting, lho.

Rasa sukamu akan suatu kegiatan bakal membuatmu lebih bersemangat. Bisa mengobati stres akibat pekerjaan. Namun bagaimana jika pasangan malah seperti gak menyukai hobimu? Sebelum sampai pada solusi, yuk cari tahu dahulu kemungkinan penyebabnya!

1. Hobimu mengganggu quality time kalian

5 Hal yang Bikin Pasangan Gak Mendukung Hobimu, Mengalami Juga? Unsplash.com/cassiejolopez

Terlalu asyik dengan hobi mungkin membuatmu tanpa sadar seperti menelantarkan pasangan. Padahal, dia juga butuh perhatianmu, kan? Apalagi setelah nyaris seminggu gak leluasa bertemu dan mengobrol karena kesibukan masing-masing.

Makin mengesalkan baginya jika kamu sampai seperti gak menganggapnya ada, tetapi asyik banget sama teman-teman dengan hobi yang sama. Kesannya, hobi dan teman-temanmu jadi lebih ketimbang dirinya. Coba atur waktumu deh!

2. Hobimu membutuhkan terlalu banyak uang 

5 Hal yang Bikin Pasangan Gak Mendukung Hobimu, Mengalami Juga? Unsplash.com/josuemichelphotography

Terutama buat kamu yang sudah berumah tangga nih. Arus pengeluaran yang deras hanya untuk hobimu tentu akan mengganggu kesehatan keuangan keluarga. Jadi, pastikan kamu tetap bijaksana soal uang sekalipun kamu sangat menyukai sesuatu ya! Ingat, keluargamu gak cuma butuh makan.

Kalian juga harus banyak menabung untuk masa depan anak yang masih sangat panjang. Bahkan jika kalian masih pacaran, kurang bijaksananya kamu soal uang dan hobi bisa bikin dia berpikir ulang untuk melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius, lho!

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Wajib Meluangkan Waktu untuk Hobi, Jangan Kerja Terus!

3. Hobimu berisiko tinggi 

5 Hal yang Bikin Pasangan Gak Mendukung Hobimu, Mengalami Juga? Unsplash.com/deepchd

Yah, namanya juga sayang. Malah aneh kan, kalau dia gak pernah mengkhawatirkanmu? Sebenarnya sih, punya hobi yang menantang adrenalin bukan sesuatu yang terlarang. Hanya saja, penting untukmu melakukannya dengan seaman mungkin.

Misalnya, wajib didampingi atau dilatih oleh ahlinya. Juga, menggunakan alat pengaman yang terstandar. Ini akan mengurangi risiko. Dia jadi bisa lebih tenang. Jangan sampai kamu terkesan mau mati konyol demi hobi.

4. Pasangan gak bisa masuk ke dunia yang menjadi hobimu 

5 Hal yang Bikin Pasangan Gak Mendukung Hobimu, Mengalami Juga? Unsplash.com/calebikaika

Semua hobi sebenarnya sah-sah saja dilakukan oleh cewek maupun cowok. Namun mungkin di mata pasanganmu, hobimu itu cowok banget atau cewek banget. Jadi belum apa-apa, dia sudah merasa ada ‘penghalang’ antara dunianya dengan duniamu.

Atau bukan soal hobimu cowok banget atau cewek banget, melainkan sekadar dunia yang asing baginya. Misal, hobimu di bidang otomotif.

Ketimbang bikin dia pusing dengan nama komponen-komponen mesin, jelaskan saja dengan bahasa yang paling simpel apa kegunaannya dan bagaimana akibatnya jika komponen itu rusak. Itu akan terasa ‘lebih nyata’ baginya.

5. Kamu sendiri gak mendukung hobinya 

5 Hal yang Bikin Pasangan Gak Mendukung Hobimu, Mengalami Juga? Unsplash.com/dharmomo

Bikin malas lho, kalau kamu bersikap seakan-akan cuma hobimu yang penting. Dia kan, juga punya hobi. Jadi, pastikan kamu juga peduli dengan hobinya ya? Terlebih kalau dia punya keinginan menyeriusi hobinya menjadi pekerjaan.

Dia butuh banget dukungan darimu. Kalau dia sudah bisa melihat potensi uang di balik hobinya sementara hobimu masih sebatas untuk kesenangan saja, selain menganggapmu gak suportif, kamu juga tampak gak visioner.

Menyeimbangkan antara hobi dengan kebutuhan atau keinginan pasangan memang penting. Harus sama-sama saling mengerti dan mau menyesuaikan. Daripada terlalu egois soal hobi dan bikin hubungan berantakan, kan?

Toh, dia gak seratus persen melarang. Cuma ingin kamu lebih bijaksana dan itu baik buat kalian. Coba diobrolkan baik-baik ya!

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menghilangkan Hobi Menunda Pekerjaan, Segera Praktikkan!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya