Comscore Tracker

5 Penjelasan Logis untuk Tidak Bodoh dalam Menjalani Cinta Sepihak

Mencintai adalah hal wajar, tapi jangan jadi bodoh, ya!

Setiap orang tak pernah bisa mengendalikan dirinya untuk jatuh cinta dengan siapa dan kapan. Bisa saja kita malah jatuh cinta dengan orang yang salah di waktu yang salah pula. Mencintai tanpa dicintai balik memanglah hal yang begitu menyiksa, namun jika tidak ada pilihan lain, lantas bagaimana? Jelas tak apa karena seseorang berhak untuk mencintai siapa pun.

Risiko dari mencintai sepihak memang sungguh berat, namun bukan berarti harus bersikap bodoh dalam hal lain dengan mengatasnamakan cinta yang bertepuk sebelah tangan. Oleh karena itu, IDN Times telah merangkum 5 penjelasan logis supaya kalian tidak bodoh dalam bertingkah laku meskipun sedang rapuh karena cinta, yuk simak!

Baca Juga: 5 Alasan Memendam Rasa Cinta Bisa Lebih Menyakitkan daripada Ditolak

1. Melanjutkan hidupmu dengan baik 

5 Penjelasan Logis untuk Tidak Bodoh dalam Menjalani Cinta Sepihakpixabay.com/Victoria_Borodinova

Apa pun yang terjadi, ingatlah bahwa kamu saat ini berhak mencintainya, tetapi juga wajib melanjutkan hidupmu dengan baik. Jangan jadikan kerapuhanmu atas cinta sepihak menjadi alasan untuk berhenti melanjutkan hidupmu dengan baik. Kamu harus adil atas dan untuk dirimu sendiri. Hal itu bisa dilakukan dengan meningkatkan waktumu untuk segala hal yang dulu tak punya cukup waktu karena kamu sibuk memikirkan dirinya. Kamu bisa meningkatkan kemampuanmu saat bekerja serta lebih memperhatikan diri sendiri dengan merawat tubuh.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba banyak hal baru yang tak pernah kamu coba sebelumnya. Misalnya, hangout ke tempat yang unik ataupun mendaki saat weekend. Siapa tahu, di lingkungan baru kamu bisa bertemu orang baru yang menarik, lho!

2. Jangan memperkeruh suasana hatimu 

5 Penjelasan Logis untuk Tidak Bodoh dalam Menjalani Cinta Sepihakpixabay.com/sasint

Sudah tahu hatimu sedang berduka karena cinta sepihak, kamu ya jangan memperkeruh suasana hatimu dengan hal-hal yang semakin menyakiti diri. Berhentilah mendengarkan lagu-lagu galau yang hanya akan membuat hatimu nyaman berada pada zona tersakiti.

Coba, deh, ubah lagu galau tersebut menjadi lagu yang ceria. Memang, awalnya kamu tak akan suka, tetapi jika sudah terbiasa mendengarkannya kamu pasti akan tertular oleh energi positif dari lagu ceria tersebut. Jadi, pada intinya, kamu boleh, kok, mencintai sepihak, namun jangan membuat situasinya menjadi nyaman dalam kesedihan, ya!

3. Jangan pernah merebut kebahagiaan orang lain 

5 Penjelasan Logis untuk Tidak Bodoh dalam Menjalani Cinta Sepihakpixabay.com/Victoria_Borodinova

Jika kamu tau rasanya menjadi kamu saat ini, harusnya kamu tak akan membiarkan orang lain merasakannya juga. Saat orang lain ini kamu anggap sebagai penghalang kebahagiaanmu, yaitu kekasih dari seseorang yang tidak menerima cintamu, kamu tidak boleh merusak kebahagiaannya.

Siapa saja berhak membuat pilihan, maka seseorang yang menolak cintamu beserta dengan kekasihnya itu tak bersalah, bahkan rasa cintamu juga tidak bersalah. Yang salah adalah rasa sakit hati yang kamu tanam. Padahal, kamu bisa memilih untuk tetap bahagia dengan hal lain meskipun cintamu bertepuk sebelah tangan, lho!

4. Tak boleh menyudutkan diri sendiri 

5 Penjelasan Logis untuk Tidak Bodoh dalam Menjalani Cinta Sepihakpixabay.com/darksouls1

Jika kamu selalu menyalahkan dirimu secara berlebihan karena berpikir bahwa penyebab cintamu tak direspon balik adalah karena kekurangan dirimu, kamu salah. Cobalah liat seberapa setia dirimu terhadapnya meski cintamu telah ditolak? Lihat juga bagaimana selama ini kamu berusaha sebisa mungkin menjadi yang lebih baik untuknya? Itu artinya kamu hebat!

Namun, mengapa dia masih saja menolak? Tak perlu banyak berpikir mengapa, mengapa, dan mengapa jika jawabanmu hanya menyalahkan dirimu sendiri. Padahal, bisa jadi jawabannya adalah karena kepribadianmu tak pantas untuknya atau karena ada sosok lain yang lebih baik serta pantas untukmu.

5. Harus mau selalu membuka hati 

5 Penjelasan Logis untuk Tidak Bodoh dalam Menjalani Cinta Sepihakpixabay.com/lubovlisitsa

Bagaimana kamu bisa tahu bahwa kamu tak akan bisa jatuh cinta dengan yang lain jika tak mau mencoba serta membuka hatimu? Jika sudah membuka lantas gagal ataupun tak cocok, tak masalah kok. Jangan juga dipaksakan untuk terus berlanjut. Yang menjadi masalah adalah ketika kamu enggan mencoba lagi dan lagi.

Percayalah bahwa yang terbaik akan datang setelah kamu punya banyak pelajaran berharga sebelumnya. Pelajaran itu akan membuatmu lebih dewasa agar segala sesuatunya bisa menjadi lebih baik.

Nah, itu dia 5 penjelasan bahwa kamu boleh mencintai secara sepihak, namun jangan menjadi bodoh karena mencintai. Kebahagiaan bisa berasal dari berbagai hal, jadi jangan patah semangat, ya!

Baca Juga: Apes Cinta Ditolak Melulu? Mungkin Ini 5 Penyebabnya Lho!

Melinda Fujiana Photo Verified Writer Melinda Fujiana

Instagram : @melindaf__ Wish ur day always shine as a star!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya