Comscore Tracker

Kadang Makan Hati, Ini 5 Sisi Positif Punya Teman yang Suka Mengkritik

Dia tak pernah takut mengomentari kesalahnmu

Kritikan memang tak selamanya menyenangkan, terkadang begitu tajam dan pedas sehingga tidak semua orang siap menerimanya. Nah, biasanya yang suka mengkritik kita adalah orang-orang terdekat sendiri seperti keluarga, pasangan atau teman dekat.

Kalau kamu punya gak teman yang suka banget mengkritik dirimu? Jika iya, jangan langsung kesal atau mengabaikan kritikannya, ya! Karena banyak banget sisi positifnya jika kamu memiliki teman yang suka mengkritik. Apa saja? Simak berikut ini.

1. Tidak segan mengkritik kesalahanmu

Kadang Makan Hati, Ini 5 Sisi Positif Punya Teman yang Suka MengkritikUnsplash/Roland Samuel

Teman yang baik adalah teman yang bisa menunjukkan kesalahanmu dan mendukung kebaikanmu. Jika temanmu mengkritikmu bukan berarti dia menghina, merendahkan atau menjatuhkan harga dirimu. Tidak sama sekali.

Dengarkan dan coba renungkan kritikannya, mungkin saja benar dan perlu kamu evaluasi pada dirimu. Karena terkadang kita tidak bisa berkaca melihat kesalahan sendiri, sehingga butuh orang lain untuk memperlihatkannya.

2. Memandang kehidupan dengan cara yang berbeda

Kadang Makan Hati, Ini 5 Sisi Positif Punya Teman yang Suka MengkritikUnsplash/Ashkan Forouzani

Temanmu mengkritikmu karena mengaggapmu bukan hanya sekedar teman untuk bersenang-senang. Dia yang mengkritikmu berarti tulus menjalin pertemanan denganmu. Temanmu berarti memperhatikan setiap detail sisi baik dan burukmu dan dia benar-benar mengenalmu sebagai teman. Dia ingin pertemanan kalian tumbuh menjadi baik bersama, bukan hanya kebaikan untuk dirinya sendiri.

So, pertahankan teman yang suka mengkritikmu karena bisa jadi dia bukan orang yang egois dan benar-benar baik kepadamu.

Baca Juga: Jangan Emosi, Ini 5 Cara Cerdas Menghadapi Teman yang Suka Pamer

3. Pertemanan yang apa adanya

Kadang Makan Hati, Ini 5 Sisi Positif Punya Teman yang Suka MengkritikUnsplash/Matheus Ferrero

Begitu berwarnanya pertemanan jika terdapat suka dan juga duka. Anggap saja kritikan tajam temanmu adalah bagian dari duka pertemanan yang akan berakhir suka. Latih dirimu untuk terbiasa menerima dan mendengarkan segala kritikan temanmu.

So, jangan sakit hati tapi harus tahan banting. Itulah pertemanan sebenarnya yang tidak segan-segan membuktikan dirimu apa adanya. Dia bukan teman yang palsu dan tidak akan mengkhinatimu, tapi berusaha mendukungmu lebih baik lewat segala kritikannya.

4. Membuat pemikiranmu lebih terbuka

Kadang Makan Hati, Ini 5 Sisi Positif Punya Teman yang Suka MengkritikUnsplash/Anna Vander Stel

Jika kamu berpikir jernih dan positif saat mendengar kritikan temanmu, pasti kamu bisa menerimanya dengan lapang dada. Benar atau tidaknya yang dikritiknya adalah urusan nomor dua. Paling utama adalah menerima dan kemudian menyaring kritikannya.

Jika telah menerima kritikannya, maka artinya kamu telah mengambil peluang untuk hal-hal yang bisa menjadi kebaikan bagi dirimu. Kamu mau membuka diri dan mau membuka pikiran dengan perspektif atau penilaian orang lain, jadi pikiranmu tidak lagi sempit hanya dengan perspektif atau penilaian diri sendiri.

5. Membantumu menjadi pribadi yang lebih baik

Kadang Makan Hati, Ini 5 Sisi Positif Punya Teman yang Suka MengkritikUnsplash/David Marcu

Jika kamu pribadi yang berpikir positif, maka kamu bisa menilai kritikan orang lain dari segala sisi kebaikannya. Kritikan seseorang sama sekali tidak merugikanmu. Malah, kritikan bisa membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Ketika dikritik berarti kamu harus siap meluluhkan sikap egois dan sombong dalam dirimu, lebih sabar dengan kritikannya yang mungkin menyakitkan serta bijaksana menyaring setiap perkataannya. Nah, selain itu kamu bisa lebih memiliki kesadaran dan refleksi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Jadi, jangan menolak atau menyepelekan kritikan dari temanmu, ya! Terima saja dulu, kemudian saring untuk menjadi kebaikan bagi dirimu. So, jangan merasa malu, kesal, marah, terhina atau direndahkan ketika kamu dikritik.

Baca Juga: Gak Melulu "Sabar ya!", Ini 5 Ucapan Bisa Bantu Teman Hadapi Stres

Mia Rianti Lubis Photo Verified Writer Mia Rianti Lubis

Tulisan saya= sudut pandang saya. Silahkan ambil baiknya dan buang buruknya. Terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat. Ask me: mriantilubis@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya