Comscore Tracker

5 Hal Ini Perlu Dipastikan Sebelum Memaafkan Pasangan yang Selingkuh

Jangan terlalu cepat memutuskan 

Menemukan fakta bahwa pasangan selingkuh merupakan hal yang berat bagi semua orang, bahkan dapat menyebabkan rasa sakit hati berkepanjangan. Namun, beberapa orang memilih mempertimbangkan untuk memaafkan kembali pasangan yang selingkuh.

Sebenarnya gak semudah itu, bahkan ada banyak hal yang perlu dipastikan sebelum benar-benar memberikan kesempatan lagi pada pasangan yang sudah selingkuh. Jika kamu sedang merasa dilema karena masalah ini, yuk, simak! 

1. Meminta maaf bukan hanya karena merasa bersalah 

5 Hal Ini Perlu Dipastikan Sebelum Memaafkan Pasangan yang SelingkuhUnsplash.com/@benwhitephotography

Semua orang bisa merasa bersalah, namun tak semua orang dapat berkomitmen untuk gak mengulangi kesalahan yang sama. Malah boleh jadi, kekasihmu hanya sekadar merasa bersalah dalam waktu yang sementara.

Untuk itu, pastikan ia benar-benar punya keinginan untuk berubah. Bukan sekadar minta maaf yang mungkin gak ada artinya. Kamu harus mencari tahu juga tentang kesungguhannya.

2. Dia mau berubah atas keinginan dari diri sendiri, bukan orang lain 

5 Hal Ini Perlu Dipastikan Sebelum Memaafkan Pasangan yang SelingkuhUnsplash.com/@outcast_india

Jangan pernah memaafkan pasangan yang mengaku mau berubah demi dirimu, karena setiap orang justru harus berubah demi dirinya sendiri. Jangan menganggap dirimu mampu mengendalikannya atau membimbingnya ke arah yang lebih baik, akan percuma tanpa kesadaran untuk kehidupannya yang lebih baik.

Jangan mudah terpengaruh, kamu justru perlu waktu untuk melihat perkembangan dan usahanya untuk jadi lebih baik.

Baca Juga: 5 Alasan Selingkuh Dibalas Selingkuh Lagi Itu Buktikan Kamu Gak Dewasa

3. Pastikan dirimu sanggup menerimanya kembali, bukan atas tuntutan orang lain 

5 Hal Ini Perlu Dipastikan Sebelum Memaafkan Pasangan yang SelingkuhUnsplash.com/@luxdamore

Jangan memaafkan pasangan yang selingkuh, jika kamu melakukannya atas tuntutan dari orang lain. Kamu perlu memikirkan dirimu sendiri, tentang kesanggupanmu menerima kembali pasangan yang selingkuh atau tidak.

Jika kamu merasa terlalu berat, maka, gak perlu memaksakan diri. Malah, kamu harus fokus menenteramkan perasaanmu alih-alih memikirkan tuntutan orang lain.

4. Jangan terlalu cepat memaafkan, lihat dulu perubahannya 

5 Hal Ini Perlu Dipastikan Sebelum Memaafkan Pasangan yang SelingkuhUnsplash.com/@heftiba

Kamu tentu berhak atas waktu yang panjang, untuk memikirkan kembali kesediaanmu memaafkan pasangan yang selingkuh. Jangan terburu-buru memaafkan, justru kamu harus menantangnya untuk memberikan bukti soal kesungguhannya untuk berubah.

Jika kamu melihat banyak perubahan positif darinya seperti jika ia sanggup untuk gak berhubungan dekat dengan lawan jenis, maka, artinya ada perkembangan yang berarti darinya. Masih banyak lagi perubahan positif lainnya yang perlu kamu perhatikan, sebelum benar-benar luluh dan memaafkannya.

5. Mencari informasi soal perselingkuhannya 

5 Hal Ini Perlu Dipastikan Sebelum Memaafkan Pasangan yang SelingkuhUnsplash.com/@ericjamesward

Gak ada salahnya mencari informasi tentang perselingkuhan yang sudah pasanganmu lakukan. Ini merupakan tindakan tepat sebagai pertimbangan, bahkan kamu gak perlu berpikir panjang jika pasanganmu ternyata sudah berulang kali selingkuh. 

Kamu harus berani melepaskannya, karena perselingkuhan berulang kali itu sudah sangat parah. Sangat kecil kemungkinan ia bisa benar-benar berubah.

Jelas, penting bagi kamu untuk memastikan poin-poin di atas sebelum memaafkan pasangan yang selingkuh. Jangan asal mengambil keputusan, agar gak merasa sakit hati terus-menerus.

Baca Juga: Lepaskan! Ini 5 Tanda Dia Gak Pernah Kapok Selingkuh darimu

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya