Comscore Tracker

Mencintai Tapi Tak Dicintai? Lakukan 5 Hal Ini agar Hatimu Tegar

Jangan lupa tegar

Ketika semesta tak bersahabat dengan hati dan harapan, yang namanya cinta kadang begitu menyakitkan. Menjadi seorang yang dengan tulus mencintai namun tanpa balas bukanlah tugas yang bisa dilakukan semua orang. Harus siap dengan tetesan air mata yang tak bisa dijadikan penyebab tangisan, selalu patah hati tanpa status yang jelas hingga mencoba tegar namun tetap saja sulit.

Menjadi pecinta tanpa dicintai punya seribu satu deritanya. Lalu apakah orang seperti itu selalu lemah dan tidak bisa menjadi seseorang yang tegar dengan hati yang besar. Tentu saja bisa. Di bawah ini ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjadi tegar di tengah proses mencintai tapi tak dicintai.

1. Cobalah jangan terlalu memikirkannya dan kembalilah menjadi dirimu dengan sejuta bahagia dan senyum

Mencintai Tapi Tak Dicintai? Lakukan 5 Hal Ini agar Hatimu Tegarunsplash.com/elijahsad

Semakin dipikirkan kadang perasaan sedih semakin menjadi. Menjadi orang yang tak dianggap adalah pekerjaan yang membingungkan. Daripada kamu membingungkan perasaanmu terus-terusan, cobalah untuk tidak terlalu memikirkannya. Belajar untuk kembali menjadi dirimu dengan sejuta bahagia dan senyum.

Jangan menjadi orang yang bukan dirimu dengan mengekang perasaan bahagia hanya untuk orang yang tidak mencintaimu. Daripada kamu terus-terusan memikirkan orang yang tidak mencintaimu. Lebih baik kamu limpahkan pemikiran-pemikiran yang membuatmu sakit hati ke arah yang lebih produktif dan positif. Yakinlah dengan begitu kamu akan bangkit dan menjadi seseorang yang lebih tegar.

2.Jangan menganggap dirinya satu-satunya cinta di dunia ini

Mencintai Tapi Tak Dicintai? Lakukan 5 Hal Ini agar Hatimu Tegarunsplash.com/elijahsad

Cinta itu banyak jenisnya dan untuk siapa rasa tersebut diberikan. Jangan terpenjara dengan perasaan yang tak pasti. Ketika cintamu hanya dianggap angin lalu oleh dirinya, sadarlah. Dunia ini sangat luas denga beragam orang yang bisa menghargai cintamu. Jangan menganggap dirinya satu-satunya cintamu di dunia ini.

3. Sadari sekitarmu bahwa masih banyak orang yang rela berbagi bahagia dan sedih bersamamu

Mencintai Tapi Tak Dicintai? Lakukan 5 Hal Ini agar Hatimu Tegarunsplash/genessapana

Cintamu selalu tidak pernah berbalas dan pada akhirnya kamu merasa tidak ada orang yang mau mencintaimu? Lupakan pemikiran keliru tersebut. Coba tengok sekitarmu, perhatikan dengan lebih hati-hati. Sadari masih ada yang mencintaimu dengan tulus. Entah itu temanmu, sahabatmu atau keluargamu. Masih banyak orang-orang yang mau berbagi bahagia dan sedih bersamamu. Lantas masihkah kamu cengeng hanya dengan tidak dicintai oleh orang yang kamu cintai? Tegarlah!

Baca Juga: 5 Pelajaran dari Cinta Bertepuk Sebelah Tangan, Buat Hati Jadi Tangguh

4. Melakukan kegiatan produktif dan berkarya

Mencintai Tapi Tak Dicintai? Lakukan 5 Hal Ini agar Hatimu Tegarunsplash/aaronphs

Kadang karya yang lahir dari sebuah kepahitan bisa memberikan magisnya tersendiri. Jika kamu merasa kamu sudah memasuki fase patah hati "lebay" karena selalu merasa sedih dengan statusmu yang bahkan dia tidak peduli. Luapkan kekecewaan dan kesedihan tersebut dengan berkarya dan melakukan kegiatan produktif. Sibukkan dirimu dengan hal-hal positif semacam melakukan kegiatan sosial, olahraga hingga menjadi penulis IDN Times. Untuk saran terakhir, kamu bisa berkarya sambil menjadi dirimu sendiri. Selain positif dan menelurkan karya, kamu juga akan mendapatkan keuntungan, lho.

5. Mulai saat ini lupakan dia

Mencintai Tapi Tak Dicintai? Lakukan 5 Hal Ini agar Hatimu Tegarunsplash/landovan

Dia yang membuatmu merasa seperti orang yang tak berguna. Dia yang tak memahami betapa besarnya cintamu kepadanya. Mulai saat ini lupakanlah dia. Bersikaplah seperti orang normal yang mengenalnya hanya sebatas kawan tanpa ada perasaan cinta. Hal ini memang sulit dilakukan. Namun jika sudah dilakukan kamu akan menjadi lebih tegar dari yang kamu sadari.

Itulah cinta, sesuatu yang normal kadang dibuat tak wajar olehnya. Ketika mengahadapi lorong pedih cinta, tugasmu hanya satu. Jangan lupa tegar.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Mencintai Pasangan Terlalu Dalam 

M. Farid Hermawan Photo Community Writer M. Farid Hermawan

POTONGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You