Comscore Tracker

Bikin Adem, 5 Tips Jaga Perasaan Pasangan Agar Tak Selalu Berdebat

Berdebat yang berlebihan itu gak baik!
Yang namanya perdebatan wajar apabila terjadi pada sebuah hubungan. Entah itu perdebatan kecil selayaknya perbedaan pandangan, atau bahkan perdebatan besar yang melibatkan cara berpikir kita sebagai masing-masing individu.
 
Walau begitu, perdebatan yang terlalu sering terjadi juga tidaklah baik. Kita harus meminimalisir perdebatan agar hubungan tetap langgeng ke depannya. Berikut adalah lima tips menjaga perasaan pasangan, agar kamu dan dia tak suka berdebat!

1. Jangan ceritakan keburukannya

Bikin Adem, 5 Tips Jaga Perasaan Pasangan Agar Tak Selalu BerdebatUnsplash.com/EliottReyna

Perdebatan bisa dimulai karena salah satu dari kalian melakukan kesalahan. Contohnya adalah dengan menceritakan keburukan pasangan kamu kepada orang lain, termasuk keluarga. Siapa sih yang tidak nyaman apabila keburukannya diumbar? Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam berbicara mengenai hal lain dari pasangan kamu ya!

2. Cerna pendapat masing-masing

Bikin Adem, 5 Tips Jaga Perasaan Pasangan Agar Tak Selalu BerdebatUnsplash.com/CandicePicard

Karena kamu dan pasangan bisa saja berbeda cara pandang terhadap sebuah hal, maka hal ini harus sangat kamu perhatikan. Jangan kamu bersikap egoistis dalam menyuarakan pendapat. Karena, perbedaan pendapat itu harusnya kamu hargai dan cerna terlebih dahulu, apa baiknya dan apa buruknya. Jangan nge-judge begitu saja pendapatnya. Karena itu hanya akan menimbulkan masalah nantinya!

Baca Juga: 5 Tanda kalau Pasangan Sudah Terlalu Lelah dengan Sikap Cuek & Pasifmu

3. Ikuti apa yang ia pikirkan selagi kamu nyaman

Bikin Adem, 5 Tips Jaga Perasaan Pasangan Agar Tak Selalu BerdebatUnsplash.com/JoshFelise

Terkadang kita perlu mengalah demi kebaikan satu sama lain. Kamu tak perlu melawan apa yang ada pikirannya selagi itu masih masuk akal dan tak ada masalah untukmu. Bersikaplah dewasa dan terimalah perbedaan itu. Karena, apabila kamu mengalah kali ini, pasangan kamu juga akan mengerti posisi kamu, dan bisa jadi dia yang akan mengalah berikutnya.

4. Jangan pernah membentak

Bikin Adem, 5 Tips Jaga Perasaan Pasangan Agar Tak Selalu BerdebatUnsplash.com/PriscillaDuPreez

Haram hukumnya membentak pasangan secara berlebihan bahkan jika kalian hanya berdua sekalipun. Membentak hanya akan menimbulkan luka dan rasa tak terima di hati dia yang kamu cintai. Kamu harus benar-benar dewasa dalam mengungkapkan isi hatimu. Jangan sampai kamu menyakiti dan membuat dirinya terluka!

5. Senyum

Bikin Adem, 5 Tips Jaga Perasaan Pasangan Agar Tak Selalu BerdebatUnsplash.com/AllefVinicius
Senyuman adalah senjata damainya hubungan. Kamu harus hilangkan kebiasaan marah atau jutek di depan pasangan apabila tak ingin hubungan kamu hancur. Pikirkan caramu bersikap di depan pasangan. Karena semua itu akan berpengaruh terhadap kelanjutan hubungan kalian. Di mana perdebatan pun bisa diatasi lewat senyuman!
 
Jangan bersikap manis pada saat PDKT saja, meskipun sudah menjadi pasanganmu bukan berarti malah bisa seenaknya. Hargai dia sebagai pasanganmu ya!

Baca Juga: Berdebat dengan Pasangan Boleh Saja, Namun Wajib Perhatikan 5 Hal Ini!

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya