Comscore Tracker

Jangan Dipaksakan, Ini 5 Cara Mengakhiri Hubungan Tanpa Ada Dendam

Setidaknya kamu sudah berusaha jujur!

Dis etiap pertemuan pasti ada perpisahan, begitu juga dengan hubungan percintaan, tak selalu berjalan mulus dan bisa saja berakhir. Tapi dibalik berakhirnya hubungan, biasanya ada proses perpisahan yang menyakitkan.

Tapi kamu sadar gak, sebenarnya ada lho cara mengakhiri hubungan antara kamu dengan dirinya tanpa rasa sakit dan membuat kalian saling mengerti serta tidak menimbulkan dendam.

Penasaran bagaimana caranya? 

1. Bertemulah dengannya

Jangan Dipaksakan, Ini 5 Cara Mengakhiri Hubungan Tanpa Ada DendamUnsplash/Elijah Hiett

Yang harus kamu lakukan dari awal adalah bertemu dan menyatakan langsung kepadanya.

Di era yang serba cepat ini memang kita bisa berkomunikasi lewat media pesan, namun memutuskan hubungan lewat pesan bukanlah hal yang benar. Justru itu adalah kesalahan terbesar seseorang dalam memutuskan hubungannya. 

2. Jangan kamu menghindar

Jangan Dipaksakan, Ini 5 Cara Mengakhiri Hubungan Tanpa Ada DendamUnsplash.com/KellySikkema

Sebagai seorang yang memiliki perasaan, kamu tidak sepantasnya menghindar dari perasaan dan masalah kamu sendiri. Ketika kamu ingin memutuskan hubungan, pastinya kamu dan dirinya butuh kejelasan.

Nah, kamu sebagai pihak yang memutuskan hubungan wajib memberi penjelasan menurut pandangan kamu. Jangan menghindar dan berpura-pura sebab semakin kamu mengelak, maka makin salah pula kamu di mata dirinya.

Baca Juga: 5 Cara Pertahankan Chemistry dalam Hubungan, Yakin Gak Mau Tahu?

3. Bersikaplah dengan tegas

Jangan Dipaksakan, Ini 5 Cara Mengakhiri Hubungan Tanpa Ada DendamUnsplash.com/BrookeCagle

Kamu harus bisa bersikap tegas dan tak perlu ragu dalam mengutarakan hatimu. Kamu tidak seharusnya mengulur pembicaraan dengan mengulang segala omong kosong yang justru hanya akan membuat dirinya menjadi terluka.

Tapi, tegas bukan berarti frontal. Kamu juga harus menjaga perasaan dirinya agar tak ada rasa dendam dan juga jengkel yang tumbuh di antara kamu dan dia.

4. Pilihlah waktu yang tepat

Jangan Dipaksakan, Ini 5 Cara Mengakhiri Hubungan Tanpa Ada DendamUnsplash.com/freestocks

Jangan terburu-buru dan jangan pula terlambat. Pilihlah waktu yang tepat untuk menyatakan isi hatimu kepada dirinya. Jangan sampai d isaat dirinya sedang sayang-sayangnya kepada kamu, namun kamu campakkan begitu saja.

Lebih baik buatlah jarak antara kamu dan dia sebelum akhirnya kamu memutuskan hubungan. Sebab, ditinggal saat dia sedang sayang-sayangnya sungguh menyakitkan dan bisa melukai hatinya.

5. Jujur

Jangan Dipaksakan, Ini 5 Cara Mengakhiri Hubungan Tanpa Ada DendamUnsplash.com/codyblack

Dan yang perlu kamu tekankan sekali lagi adalah kejujuran. Tak perlu mengarang cerita demi menyelesaikan masalah, kamu hanya perlu saling jujur dan memahami satu sama lain karena sebaik-baiknya menyelesaikan masalah adalah saat kamu berani berkata yang sebenarnya.

Itulah kelima cara tepat untuk mengakhiri hubungan. Semoga bermanfaat untuk kamu yang sedang kebingungan ya guys!

Baca Juga: 5 Cara Menghindari Terjadinya KDRT dalam Hubungan Asmara

Muhammad Imam Maulana Photo Community Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You