Comscore Tracker

5 Hal yang Sering Dilupakan ketika LDR, Bisa Bikin Renggang

Gak sulit untuk dilakukan, kok!

Menjalani hubungan jarak jauh bukanlah hal yang mudah. Gak jarang banyak orang menghindarinya lantaran merasa bahwa tingkat keberhasilan dari hubungan jarak jauh sangat kecil.

Jarak diduga menjadi penyebab komunikasi yang kurang berjalan dengan baik dalam hubungan. Karenanya, pasangan LDR melakukan banyak cara agar hubungannya bisa tetap dipertahankan.

Namun siapa sangka, lima hal penting ini sering kali dilupakan sehingga hubungannya malah semakin renggang. Penasaran apa saja? Yuk, cari tau di bawah ini!

1. Menjaga komunikasi yang baik

5 Hal yang Sering Dilupakan ketika LDR, Bisa Bikin Renggangilustrasi video call dengan pasangan (unsplash.com/Anirban Sarkar)

Menjaga komunikasi dalam hubungan memang penting, tapi bukan berarti kamu harus terus berkabar dengannya setiap waktu. Bagaimanapun, dia punya kehidupan dan kegiatan lain yang harus dilakukan. Lagi pula, komunikasi yang baik seharusnya memungkinkan kamu dan pasangan untuk berbicara dari hati ke hati. 

Alih-alih fokus pada frekuensi dan intensitas berkabar, coba tingkatkan kualitas komunikasi kamu dengan pasangan. Kamu perlu tau kapan waktu yang tepat untuk mengobrol, serta kapan sebaiknya kamu diam dan memberi waktu pada pasangan untuk sendirian.

2. Berikan kejutan kecil yang berarti

5 Hal yang Sering Dilupakan ketika LDR, Bisa Bikin Renggangilustrasi menerima hadiah (pexels.com/Budgeron Bach)

Selain menjaga komunikasi melalui video call atau telepon, kamu bisa membahagiakan pasangan dengan memberinya kejutan-kejutan kecil tak terduga. Ini menjadi agenda yang wajib dilakukan, khususnya jika pasangan kamu mempunyai bahasa cinta (love language) berupa receiving gifts

Sebenarnya kamu tak perlu menyiapkan hadiah mahal. Mengirimkan kopi saat pasangan sedang lembur, atau mengantarkan makanan favoritnya melalui pesan antar bisa jadi opsi yang sederhana namun tetap sarat akan makna.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Harus Segera Mengakhiri Hubungan LDR

3. Jalani rutinitas kamu seperti biasa

5 Hal yang Sering Dilupakan ketika LDR, Bisa Bikin Renggangilustrasi orang bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika selama ini kamu melibatkan pasangan dalam rutinitas sehari-hari, saat jarak memisahkan kalian, kamu mungkin merasa ada yang hilang. Ini adalah perasaan yang wajar. Akan tetapi, kamu tetap harus move on dan melanjutkan rutinitas kamu seperti biasa.

Ini bertujuan juga agar kamu bisa menyalurkan energi kamu pada sesuatu yang produktif. Kamu juga bisa menghabiskan waktu berkualitas dengan teman dan keluarga. Dengan demikian, pikiran kamu gak hanya tertuju pada pasangan.

4. Menjadi pendengar yang baik

5 Hal yang Sering Dilupakan ketika LDR, Bisa Bikin Renggangilustrasi video call dengan pasangan (pexels.com/RODNAE Production)

Saat berbicara, tentunya kamu ingin pasangan mendengarkan dan menyimak ceritamu dengan antusias. Dengan begitu, kamu akan merasa dihargai sepenuhnya. Jika pasangan berlaku sebaliknya, kamu pasti merasa down dan enggan melanjutkan pembicaraan.

Menjadi pendengar yang baik adalah kunci komunikasi yang efektif. Mendengar secara saksama memungkinkan kamu untuk memahami situasi dan berempati terhadap pasangan. Dalam jangka panjang, ini juga dapat membantu membangun kepercayaan dalam hubungan.

5. Diskusikan setiap masalah dengan pemikiran terbuka

5 Hal yang Sering Dilupakan ketika LDR, Bisa Bikin Renggangilustrasi video call dengan pasangan (pexels.com/Alex Green)

Konflik adalah hal yang tidak terhindarkan dalam hubungan. Masalah sekecil apa pun tetap perlu didiskusikan dengan pasangan. Akan tetapi, sebelum berdiskusi, pastikan kamu mengendalikan emosi dan berintrospeksi terlebih dahulu. Ini bertujuan agar kamu bisa memahami situasi yang sedang terjadi dan berusaha untuk mencari solusi yang terbaik. 

Meski banyak rintangannya, hubungan jarak jauh tetap bisa berhasil asalkan kamu dan pasangan saling berjuang bersama. Kalian juga bisa menerapkan lima hal di atas agar hubungan kamu semakin erat. Tentunya kamu ingin jadi salah satu pasangan LDR yang sukses, kan?

Baca Juga: Berantem dengan Pasangan saat LDR? Ini 5 Kunci Sukses Baikan Lagi

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya