Comscore Tracker

5 Cara Elegan Agar Pasangan Gak Mendominasi dalam Pernikahan

Kamu adalah partner pasangan, bukan bawahannya

Berbicara masalah cinta dalam pernikahan memang pelik. Di satu sisi, pasangan bisa semakin menyayangi, tapi di sisi lain ia juga bisa bersikap “menguasai”. Rasa memiliki dan punya hak untuk menggurui jadi alasan mengapa pasangan kerap mendominasi.

Kalau sikap bertindak seenaknya ini kamu biarkan terus menerus, kamu sendiri yang bakal merasakan diskriminasi dalam pernikahan. Untuk itu, cobalah imbangi sikap mendominasi pasangan dengan cara-cara berikut supaya keberadaanmu lebih dihargai.

1. Berani ikut andil dalam memberi keputusan, jangan selalu pasrah pada pasangan

5 Cara Elegan Agar Pasangan Gak Mendominasi dalam Pernikahanfreepik.com/freepik

Sikap pasangan yang kerap mengatur selama ini, mungkin bikin kamu takut untuk bersuara. Padahal, diam gak selalu jadi solusi. Dalam kasus ini, kamu justru harus belajar mengomentari pendapat pasangan. Utarakan apa yang menurutmu baik meski bertentangan dengan kemauan pasangan. Beranilah ambil keputusan dan bersikaplah lebih tegas. Pasangan yang terbiasa mengatur, akan menyadari kalau kamu juga butuh didengar.

2. Selalu tawarkan bantuanmu dengan tulus sebelum dia meminta

5 Cara Elegan Agar Pasangan Gak Mendominasi dalam Pernikahanfreepik.com/freepik

Coba instrospeksi diri, mungkin kebiasaan pasangan yang suka mengatur muncul karena selama ini kamu kurang peka dengan masalah rumah tangga. Kadang, karakter orang cuek memang cocok bersanding dengan mereka yang tipenya pengatur. Akhirnya, muncullah statement kalau pasanganmu terlalu mendominasi, padahal kamunya yang terbiasa gak peduli.

Mulai sekarang, tawarkanlah solusi dan bantuamu saat ia dirundung masalah, jangan menunggunya untuk memerintah. Sikap manismu ini juga akan menjadi penyubur rasa cinta di hatinya. Keinginan untuk mendominasi hubungan pun pudar dengan sendirinya.

3. Kalau memungkinkan, ikutlah berkontribusi menambah penghasilan keluarga

5 Cara Elegan Agar Pasangan Gak Mendominasi dalam Pernikahanfreepik.com/arthurhidden

Saat ego muncul di hati pasangan, kadang masalah finansial bisa jadi bumerang. Ia yang menilaimu hanya bergantung padanya, akan mudah bersikap semena-mena. Untuk tipe pasangan semacam ini, kamu perlu mengimbangi karir cemerlang pasangan dengan skill yang bisa bikin kamu ikut berkontribusi menambah penghasilan keluarga. Punya penghasilan sendiri juga bikin kamu menjadi sosok yang lebih percaya diri dalam segala hal.

Baca Juga: 6 Tips Menjaga 'Kewarasan' Ibu Rumah Tangga Biar Gak Stres

4. Cintailah keluarga pasangan supaya kamu berada di hati mereka

5 Cara Elegan Agar Pasangan Gak Mendominasi dalam Pernikahanfreepik.com/drobotdean

Membangun kedekatan dengan keluarga besar pasangan juga penting kamu lakukan. Ikatan pernikahan seharusnya bikin kamu menganggap keluarga pasangan ibarat orangtua kandungmu sendiri. Tanyakan kabar saban waktu, berilah buah tangan saat berkunjung, dan jadilah teman ngobrol yang menyenangkan sekaligus santun, maka sosokmu akan merenggut hati mereka.

Kalau mertua sudah sayang, sepelik apapun masalahmu dengan pasangan, mereka pasti bakal bersikap adil dan membelamu. Pasangan yang menyadari kalau kamu teramat penting di mata keluarganya, pasti bakal berpikir dua kali untuk berlaku seenaknya padamu.

5. Ciptakan kedekatan emosional dengan hubungan seksual yang baik

5 Cara Elegan Agar Pasangan Gak Mendominasi dalam Pernikahanfreepik.com/jcomp

Selain pengatur, mudah marah juga bagian dari sikap mendominasi hubungan. Jurus paling ampuh meminimalisir rasa marah adalah dengan memberikan cinta sebanyak-banyaknya. Luapan cinta terbesar suami istri terwujud dalam hubungan seksual. Berilah perhatian dan pelayanan terbaik dalam urusan ranjang ini, sebab rasa cinta bisa mengalir deras setelahnya.

Sekarang, sudah tahu kan apa saja yang harus kamu lakukan untuk mengurangi sikap mendominasi pasangan? Bersabarlah dalam setiap prosesnya. Niat yang baik, pasti akan sampai ke hati pasangan dan membuatnya berubah. Semoga semakin harmonis, ya!

Baca Juga: 5 Cara Agar Terhindar dari Tindakan Diskriminasi Dalam Rumah Tangga 

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya