Comscore Tracker

5 Cara Jitu Mendamaikan Hati Sendiri yang Lagi Ngambek Sama Pasangan

Bertengkar itu biasa kok!

Memang gak selamanya kamu dan pasangan bakal sependapat dan sepemikiran. Saat beda pandangan terjadi, kamu gak bisa mengelak dari yang namanya rasa ngambek yang berujung pada pertengkaran. Semua hubungan mengalaminya, sebab menyatukan perbedaan memang butuh proses dan perjuangan. 

Justru di sinilah ketulusan cinta kalian bakal diuji. Apakah kamu dan dia peduli untuk mendamaikan kembali hubungan, atau kah menyerah dan mengambil jalan pintas? Nah, buat kamu yang lagi dilanda rasa ngambek pada pasangan, itu manusiawi kok, tapi jangan dibiarkan berlarut-larut ya. Caranya, kamu bisa ikuti tips berikut!

1. Tulis sebanyak mungkin kebaikan yang dia lakukan padamu sepekan atau sebulan ke belakang

5 Cara Jitu Mendamaikan Hati Sendiri yang Lagi Ngambek Sama Pasanganpexels.com/Liam Anderson

Kalau cuma diingat, kamu mungkin lupa karena pikiranmu sedang dikuasai amarah. Tapi cobalah duduk tenang, ambil napas panjang, lalu tuliskan satu persatu kebaikan pasangan yang pernah dia lakukan padamu selama sepekan atau sebulan ke belakang dalam kertas kosong atau buku catatan.

Walau cuma hal kecil seperti mengantarmu ke supermarket atau memijit pundakmu yang letih, tulis saja! Semakin banyak kebaikan pasangan yang kamu tulis, maka detik itu juga kian mereda amarahmu padanya. Coba deh!

2. Lihat kembali deh foto-foto hubungan kalian, senyum lebar itu bukankah tanda cinta?

5 Cara Jitu Mendamaikan Hati Sendiri yang Lagi Ngambek Sama Pasanganpexels.com/Ingrid Santana

Saat hatimu masih sulit memaafkan, kamu bisa duduk rileks sambil membuka album kenangan hubunganmu dengannya. Lakukan ini dalam kesunyian. Tataplah bagaimana perjalanan kalian dari mulai saling mengenal hingga akhirnya menikah lewat foto-foto kenangan itu.

Tanpa kamu sadari, kenangan manis dalam potret itu bakal meredakan rasa ngambekmu dengan sendirinya. Kamu akhirnya ingat kembali bahwa hari-hari baik yang dilalui jauh lebih banyak dibanding hari dimana kalian bertengkar. Sama sekali gak sebanding! Lalu buat apa menyimpan rasa marah lama-lama?

3. Pergilah ke tempat favorit kamu dan dia, putar ulang kenangan manis itu dalam ingatanmu

5 Cara Jitu Mendamaikan Hati Sendiri yang Lagi Ngambek Sama Pasanganpexels.com/pixabay

Masih sulit berdamai dengannya? Coba deh kamu pergi ke tempat dimana kamu dan dia pernah melakukan hal bersejarah, misalnya saat dilamar atau diajak menikah. Sebenarnya momen penting itu bisa kamu putar ulang dalam memori, tapi mendatangi tempatnya langsung bisa lebih menghidupkan kenanganmu.

Bahkan kamu bisa sampai menitikkan airmata karena menyadari bahwa kenangan itu terlalu manis untuk diakhiri. Pada akhirnya, kamu bakal merasakan bahwa kesalahannya gak sebanding dengan bukti cinta tulus yang pernah dia beri padamu.

Baca Juga: 6 Tanda Kalau Cara Bertengkarmu & Pasangan Masih Tergolong Sehat

4. Tataplah wajah anakmu yang gak berdosa, dia hanya butuh rumah yang penuh kehangatan cinta

5 Cara Jitu Mendamaikan Hati Sendiri yang Lagi Ngambek Sama Pasanganpexels.com/Daria Shevtsova

Kalau kamu dan dia sudah memiliki buah hati, seharusnya ini menjadi alasan terbesar untuk mudah berdamai dan memaafkan pasangan. Kehadiran anak adalah pengikat terkuat sebuah pernikahan. Tataplah wajah si kecil yang begitu polos dan lugu. Sungguh, di usianya yang masih belia, dia sangat membutuhkan belaian kasih sayang dari ayah ibunya.

Jangan biarkan rumah menjadi dingin dan sepi akibat pertengkaran yang dibiarkan berlarut-larut. Segeralah berdamai dengan pasangan demi anak-anak tercinta. Yakinlah saat kamu mudah memaafkan pasangan, dia juga bakal belajar untuk mudah memaafkanmu saat kamu melakukan kesalahan suatu hari nanti.

5. Berbagilah dengan teman terbaik, kamu bakal sadar bahwa masalah gak hanya menimpamu saja

5 Cara Jitu Mendamaikan Hati Sendiri yang Lagi Ngambek Sama Pasanganpexels.com/Tirachard Kumtanom

Kadang kita merasa paling malang sedunia dan paling gak beruntung diantara semua pasangan. Itu karena kamu terlalu fokus pada keburukkan pasangan dan gak terbiasa sharing tentang hubunganmu dengan orang lain.

Padahal kalau kamu mau berbagi dan gak memendamnya sendiri, kamu bakal tahu bahwa semua pasangan mengalami pasang surut yang sama. Tugasmu hanya menerima pasangan apa adanya dan berdamai dengan segala kekurangannya. Dengan berbagi, boleh jadi kamu juga bakal bersyukur karena ada banyak problema pasangan yang mungkin lebih pelik darimu.

Nah, buat kamu yang saat ini lagi ngambek sama pasangan, gak ada salahnya deh kamu coba cara-cara di atas. Mudah-mudahan kamu bisa lebih cepat berdamai dengan pasangan ya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Saat Bertengkar Ini Nyatanya Bisa Membahayakan Hubungan

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You