5 Sikap Elegan Saat Dikritik Pasangan, Jangan Langsung Ngambek Ya!

Kadang, begitulah cara dia peduli padamu

Gak semua pasangan bisa mengekspresikan kritikannya dengan lembut. Kebanyakan sih to the point dan kadang bikin bete yang mendengar. Kalau pasanganmu bukan tipe romantis yang sangat menjaga kata-kata, kamu harus siap menerima kritikannya yang kadang nyelekit karena apa adanya.

Kamu dan pasangan tentu ingin hubungan yang langgeng dan tetap harmonis, kan? Untuk itu sangat penting menanggapi kritikan dengan kepala dingin.

Nah, beberapa ungkapan kritik dari pasangan berikut bisa kamu sikapi dengan elegan tanpa harus menyulut amarah. 

1. Kalau dalam kritikan itu ada kata "sebaiknya", kamu justru harus berterimakasih

5 Sikap Elegan Saat Dikritik Pasangan, Jangan Langsung Ngambek Ya!dramabeans.com

"Sayang, kok baju kamu pendek banget sih? Sebaiknya kamu pakai gaun yang warna biru itu aja, lebih bagus dan sopan"

Kata 'sebaiknya' yang terlontar dari pasangan adalah bentuk perhatiannya sama kamu. Kritikan satu ini gak seharusnya kamu tanggapi dengan emosi. Mungkin awalnya kamu agak kesal karena penampilanmu dikritik, tapi kadang apa yang menurut kita baik, belum tentu baik di depan orang lain.

Saat kamu merasakan manfaat dari kritikan pasanganmu untuk lebih percaya diri misalnya, maka kamu bisa ucapkan terima kasih padanya yang sudah memerhatikanmu sedemikian rupa.

2. Kalau setelah dikritik dia memberimu pilihan, sebaiknya pertimbangkan karena mungkin dia benar

5 Sikap Elegan Saat Dikritik Pasangan, Jangan Langsung Ngambek Ya!dramabeans.com

"Sebenarnya aku gak masalah dengan sikapmu tadi, tapi orang lain mungkin keberatan kamu bersikap kayak gitu"

Cara mengkritik pasangan satu ini terbilang manis karena dia gak langsung menghakimi sikapmu yang mungkin sebenarnya salah. Dia memberimu pilihan dan waktu untuk berpikir. Cara elegan menyikapi kritikan semacam ini adalah menuruti apa yang pasangan anjurkan. Boleh jadi sikapmu memang salah selama ini.

Baca Juga: 5 Sikap Dewasa Menghadapi Masalah dalam Hubungan Percintaan

3. Saat kamu dikritik karena berbuat salah, pasti sebel sih. Tapi itu tandanya dia peduli

5 Sikap Elegan Saat Dikritik Pasangan, Jangan Langsung Ngambek Ya!dramabeans.com

"Semua ini gak akan terjadi kalau kamu gak telat, seandainya tadi kamu bisa bangun lebih pagi!" 

Kritikan to the point begini memang kadang bikin sakit hati, apalagi yang ngomong pasangan sendiri, pasti ego mudah banget tersulut. Sebelum kamu dirundung amarah, sebaiknya kamu ingat kalau akar masalahnya ada padamu. Dia gak bakal mengkritik kalau kamu gak berbuat salah.

Daripada emosi sebaiknya kamu introspeksi, bener gak? Kamu gak perlu marah sebab kritikan pasangan adalah salah satu bentuk kepeduliannya sama kamu.

4. Lain lagi kalau doi mengkritik apa yang kamu anggap benar, kamu bisa berdebat sehat tanpa urat

5 Sikap Elegan Saat Dikritik Pasangan, Jangan Langsung Ngambek Ya!dramabeans.com

"Kelihatannya hobimu itu cuma buang-buang waktu!"

Contoh kritikan di atas memang nyelekit  dan bikin bete. Tapi kamu gak harus marah-marah kok! Jelaskan saja baik-baik. Mungkin doi memang belum tahu kalau pilihanmu itu ternyata berdampak baik buatmu.

Jangan mau disalahkan atas sikap yang kamu anggap benar. Kamu harus membela pilihanmu selama itu memang positif buatmu. 

5. Kalau doi terbiasa to the point tapi tetap mendampingimu, senyumin aja deh

5 Sikap Elegan Saat Dikritik Pasangan, Jangan Langsung Ngambek Ya!dramabeans.com

"Hasil ujian kamu parah banget, coba otaknya diasah dikit deh!"

Saat doi terbiasa ceplas ceplos tapi gak sedikit pun menjauh atau melepas genggaman tangannya darimu, kamu yang paling tahu "bahasa" kesehariannya tentu gak mesti marah dikritik semacam itu. Mungkin kamu bisa manyun sesekali supaya dia gak kelewatan, tapi jangan sampai berantem kelamaan.

Bahasa kritikan setiap orang memang berbeda tergantung karakternya. Dan model sikap semacam ini adalah salah satu bagian yang mau gak mau harus kamu terima dari pasangan. Senyumin aja deh, kamu gak perlu memasukkan kritikannya ke dalam hati.

Jadi, kamu siap bersikap lebih elegan sama pasangan?

Baca Juga: Jangan Buru-buru, Ini 5 Tanda Kamu Belum Siap Menjalin Hubungan Baru

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You