Comscore Tracker

5 Alasan Self Love Jadi Prioritas Sebelum Mencintai Orang Lain

Sudah kamu lakukan belum? 

Mencintai diri sendiri adalah satu hal penting yang harus menjadi perhatian. Namun faktanya, tak banyak orang bisa mencintai dirinya sendiri bahkan sebelum mencintai orang lain.

Padahal, hal tersebut adalah kunci agar bisa mendapatkan keseimbangan dalam hidup. Banyak yang bilang mencintai itu mudah, tetapi bagaimana kamu bisa mencintai orang lain jika belum mencintai diri sendiri?

Terdapat lima alasan utama mengapa kamu harus mencintai dirimu terlebih dahulu baru mencintai orang lain. Yuk, simak alasannya sebagai berikut!

1. Kamu akan sadar bahwa dirimu sangat berharga  

5 Alasan Self Love Jadi Prioritas Sebelum Mencintai Orang Lainilustrasi wanita tersenyum bahagia (unsplash.com/lightphonics)

Ketika kamu mencintai orang lain, seringnya kamu akan lupa dan mengabaikan dirimu sendiri. Terlebih, jika sudah tenggelam dalam perasaan yang begitu dalam. Kamu bahkan rela mengabaikan dirimu demi membahagiakan orang yang kamu cintai.

Namun jika kamu telah mencintai dirimu sendiri, kamu akan membatasi diri secara berlebihan dalam mencintai. Kamu akan sadar bahwa dirimu sama berharganya dengan orang lain. Sehingga kamu akan bertindak lebih rasional dan realistis.

2. Melindungi hatimu dari rasa kecewa dan patah hati 

5 Alasan Self Love Jadi Prioritas Sebelum Mencintai Orang Lainilustrasi orang yang sedang patah hati (unsplash.com/nickhh)

Ketika kamu telah mencintai dirimu sendiri, itu artinya kamu sudah lebih dulu mencegah hal buruk terjadi padamu. Kamu akan menyelamatkan dirimu dari tidak enaknya rasa kecewa dan patah hati.

Kamu akan lebih mudah dalam merelakan apa pun yang bukan ditakdirkan untukmu. Logika akan melindungimu dari rasa berlebihan yang kemungkinan akan membuatmu sakit hati di kemudian hari.

 3. Kamu akan terhindar dari banyak drama  

5 Alasan Self Love Jadi Prioritas Sebelum Mencintai Orang Lainilustrasi pasangan bahagia (unsplash.com/sejadisruptivo)

Tentunya kamu akan menghindari drama yang disebabkan karena terlalu bergantung pada cinta orang lain. Tak sedikit hubungan percintaan yang berbalut drama di dalamnya.

Bahkan, hal kecil sekalipun mampu menghadirkan drama dalam sebuah hubungan. Pasalnya, drama akan semakin banyak dan membesar jika kamu menjadi orang yang terlalu bergantung dan mencintai orang lain melebihi dirimu sendiri.

4. Menghindari ekspektasi yang berlebih terhadap pasangan

5 Alasan Self Love Jadi Prioritas Sebelum Mencintai Orang Lainilustrasi pasangan bahagia (unsplash.com/vincefleming)

Menggantungkan ekspektasi terhadap orang lain adalah hal yang tak seharusnya dilakukan berlebihan. Malah, akan lebih baik lagi jika kamu tidak berharap sama sekali kepada orang lain. Karena pada dasarnya, manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Jadi, bisa saja ekspektasimu hanya akan berujung pada kekecewaan.

Saat kamu mencintai dirimu lebih dahulu, maka tidak akan ada ekspektasi yang akan mengecewakanmu ke depannya. Kamu akan jadi pribadi yang lebih siap menghadapi realita bukan hanya angan-angan belaka.

5. Kamu tidak menggantungkan kebahagiaan dari orang lain 

5 Alasan Self Love Jadi Prioritas Sebelum Mencintai Orang Lainilustrasi pria bahagia (unsplash.com/jsebastiao)

Hal terpenting dari mencintai diri sendiri adalah kamu bisa menciptakan kebahagiaanmu sendiri. Ketika kamu menggantungkan kebahagiaanmu pada orang lain, lantas jika orang tersebut pergi apakah kamu tidak akan bisa bahagia lagi?

Oleh karenanya, konsep tersebut harus diubah. Bahwa ketika seseorang mencintai diri kita, maka itu hanyalah bonus kebahagiaan. Bukan malah menjadi patokan bahwa kebahagiaanmu berasal dari orang lain.

 

Nah, itulah lima alasan agar kamu bisa mencintai dirimu sendiri sebelum mulai mencintai orang lain. Jadi, jangan sampai salah lagi, ya!

Baca Juga: 7 Sikap yang Sama Sekali Bukan Bentuk Self-Love, Jangan Lakukan! 

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya