Comscore Tracker

5 Hal yang Membuat Kamu Rasakan Keintiman Intelektual dengan Pasangan

Selalu butuh usaha dan perhatian

Dalam sebuah hubungan pasti tak lepas dari yang namanya keintiman. Namun, tak hanya sebatas pada fisik saja, keintiman dapat dirasakan dalam berbagai aspek. Salah satunya adalah keintiman secara intelektual.

Mungkin kamu jarang mendengarnya, tetapi keintiman yang satu ini mungkin sering kamu rasakan. Hal ini penting untuk kamu rasakan karena bisa lebih mengeratkan hubungan dan terkoneksi lebih dalam dengan pasangan. Yuk, cari tahu apa saja!

Baca Juga: 6 Tips Membangun Keintiman Intelektual dalam Hubungan

1. Sering melakukan deep talk atau percakapan mendalam 

5 Hal yang Membuat Kamu Rasakan Keintiman Intelektual dengan Pasanganilustrasi menghabiskan waktu bersama pasangan (unsplash.com/priscilladupreez)

Deep talk merupakan perbincangan dengan pasangan yang biasanya melibatkan emosi yang mendalam. Kamu bisa membicarakan banyak hal terhadap pasanganmu terutama yang menyangkut perasaan dan hal yang kamu anggap penting dalam hidup.

Sering melakukan deep talk akan membuat hubungan semakin intim. Ini adalah salah satu cara untuk bisa terkoneksi dengan lebih dalam dengan pasangan. Deep talk juga bisa membuat seseorang bercerita dengan jujur tanpa paksaan dan merasa nyaman.

2. Melakukan introspeksi dalam hubungan kalian 

5 Hal yang Membuat Kamu Rasakan Keintiman Intelektual dengan Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/cottonbro)

Sering-sering melakukan introspeksi adalah baik, tak hanya untuk pribadi masing-masing, namun juga dalam hubungan. Keintiman intelektual akan dirasakan saat kalian bisa saling memikirkan tentang kemajuan hubungan.

Tentang apa saja yang telah dilalui bersama, apa yang sejauh ini diraih dan bagaimana perasaan selama menjalani hubungan bersama. Dengan melakukan introspeksi kalian akan semakin memahami tentang apa saja yang seharusnya dan tak seharusnya dilakukan, demi kebaikan bersama.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Merasakan Keintiman Emosional dengan Pasangan

3. Menyampaikan opini atau pendapat dengan bebas 

5 Hal yang Membuat Kamu Rasakan Keintiman Intelektual dengan Pasanganilustrasi berkomunikasi dengan pasangan (unsplash.com/christinhumephoto)

Keintiman juga bisa ditandai dengan perasaan yang nyaman dan lega saat menyampaikan pandangan. Tak perlu ragu atau takut pasangan akan marah atau kecewa. Keintiman bisa membuat kalian saling nyaman dalam beropini.

Dikarenakan mendengarkan pendapat itu adalah hal penting saat ingin hubungan berjalan langgeng. Hal ini juga untuk memastikan bahwa tidak ada pihak yang dominan atau otoriter antara kamu atau pasangan.

4. Mencoba untuk berpikir kreatif saat dibutuhkan 

5 Hal yang Membuat Kamu Rasakan Keintiman Intelektual dengan Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/emma-bauso)

Ketajaman intelektual kamu juga akan diperlukan pada saat-saat yang dibutuhkan. Seperti misalnya ketika kamu ingin memberikan kejutan ke pasangan. Kamu akan berpikir secara kreatif agar kejutan tersebut menjadi berkesan.

Tak hanya itu, di beberapa momen lain juga kamu butuh untuk berpikir kreatif. Seperti misalnya mendiskusikan rencana kencan, liburan dan sebagainya. Hal ini membutuhkan keintiman agar segala sesuatunya berjalan seperti yang diinginkan.

5. Memahami satu sama lain dengan rasa ingin tahu yang positif 

5 Hal yang Membuat Kamu Rasakan Keintiman Intelektual dengan Pasanganilustrasi pasangan sedang berbincang (unsplash.com/jonathanborba)

Cara kamu berpikir dan memahami orang lain tentu tak hanya melibatkan perasaan, tetapi juga proses berpikir. Tak mudah menebak orang lain tanpa ada proses yang dimulai dari rasa ingin tahu.

Keingintahuan tentang pasangan tentu sesuatu yang bermakna positif. Agar kamu bisa lebih baik dalam mengenal pasangan dan memahami karakternya, begitupun sebaliknya. Hal ini akan menjadikan kalian semakin dekat seperti telah sangat lama mengenal satu sama lain.

Kini kamu sudah tahu bukan bahwa keintiman secara intelektual juga sama pentingnya dengan aspek yang lain. Jika sering dilakukan bisa memberikan efek positif di hubungan kalian, lho!

Baca Juga: 5 Manfaat Sexting untuk Pasangan LDR, Bisa Jaga Keintiman Hubungan!

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in the silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya