Comscore Tracker

Tak Childish, Ini 7 Bukti Nyata Ada Kedewasaan di Hubungan Asmaramu

Layak banget buat dipertahankan!

Memasuki usia dewasa berarti mesti ada perubahan, termasuk dalam hubungan asmaramu. Kedewasaan bukan hanya soal angka, tapi juga sikap dan pola pikir dewasa yang kamu tunjukkan saat kamu menjalin hubungan. Sayangnya, masih banyak yang mengisi hubungan cinta dengan tindakan kekanak-kanakan. Tak jarang pula suatu jalinan asmara jadi terasa membebani dengan adanya sikap childish tersebut. 

Hubungan yang sehat dan menyenangkan saat dijalani salah satunya karena ada faktor kedewasaan. Nah, kalau 7 kualitas ini ada dalam hubungan asmaramu, itu artinya hubungan kalian layak dipertahankan.

1. Selalu ingat komitmen untuk menjaga hubungan sesulit apa pun keadaan kalian

Tak Childish, Ini 7 Bukti Nyata Ada Kedewasaan di Hubungan AsmaramuPexels/Văn Thắng

Saat kamu dan dia kurang peduli dengan komitmen, hubungan akan cenderung mudah untuk kandas. Ibarat fondasi, hubungan akan lebih kuat dengan kesadaran akan pentingnya menjaga suatu komitmen. Walau terdengar mudah, namun menjaga komitmen butuh tekad yang kuat supaya tak goyah. 

Buat kalian yang sudah menjunjung tinggi nilai ini, berarti sudah hadir kedewasaan dalam hubungan cinta kalian berdua. Hubungan pun akan selalu coba dipertahankan walau ada dalam kondisi paling sulit. 

2. Tak gampang bilang putus, kalian berdiskusi buat menyelesaikan masalah

Tak Childish, Ini 7 Bukti Nyata Ada Kedewasaan di Hubungan AsmaramuPexels/Bruce Mars

Tiap ada masalah sedikit, bilang putus. Akibat telat dijemput sebentar atau perihal cemburu, minta putus juga. Capek kan, kalau kata putus seolah jadi 'solusi' tiap kalian tertimpa masalah? Padahal seharusnya mencari solusi yang tepat dibanding semakin menambah masalah dengan keluarnya kata putus itu.

Biasanya ketika dua orang sudah matang pola pikirnya, kata putus rasanya haram buat dikeluarkan. Apalagi cuma karena masalah sepele. Kalau kamu dan pasangan lebih memilih untuk pecahkan masalah dibanding ucapkan kata putus, berarti kalian bisa dibilang sudah sama-sama dewasa.

3. Melihat dan memecahkan suatu masalah dari dua sisi

Tak Childish, Ini 7 Bukti Nyata Ada Kedewasaan di Hubungan AsmaramuUnsplash/Matheus Lira

Tak hanya menilai atau memutuskan sesuatu dari keinginan satu orang saja adalah tanda kalau hubunganmu ibaratnya sudah naik level. Contoh yang paling mudah misalnya saat kalian bingung memutuskan sesuatu. Kalian terbiasa mendengar pendapat satu sama lain lebih dulu dan mencari jalan tengah yang tidak merugikan satu pihak. 

Melihat sesuatu dari dua sisi bisa dibilang bukti nyata kalau kalian sudah menghargai satu sama lain. Kalian peduli pendapat dan apa yang mungkin dirasakan pasangan, oleh karena itu kalian sudah masuk kategori pasangan dengan mindset dewasa.

Baca Juga: 5 Manfaat Luar Biasa yang Kamu Dapat Jika Mampu Berpikir Dewasa

4. Sadar bahwa rasa percaya pada pasangan lebih penting daripada cemburu

Tak Childish, Ini 7 Bukti Nyata Ada Kedewasaan di Hubungan AsmaramuPexels/Diego Alves

Menurut kalian yang sudah memiliki kedewasaan dalam diri, rasanya cemburu berlebihan dan tanpa alasan sudah bukan zamannya lagi. Kalian sama-sama sudah menginjak usia dewasa. Sama-sama ingin berpikiran maju dengan tidak melakukan sesuatu yang sekiranya akan jadi bibit masalah. 

Enggan merusak hubungan serta tidak mengedepankan rasa cemburu, kalian sadar kalau belajar percaya pada pasangan itu jauh lebih baik. Selain sikap serba curiga dan mudah cemburu dinilai kekanakan, hal tersebut juga bikin kamu lupa untuk berusaha membahagiakan pasangan. 

5. Berhenti bermodalkan kata-kata, kalian membuat suatu upaya nyata

Tak Childish, Ini 7 Bukti Nyata Ada Kedewasaan di Hubungan AsmaramuPexels/rawpixel.com

Cuma modal janji-janji tanpa disertai dengan bukti? Kalian menganggap hal tersebut tidak boleh ada lagi dalam hubungan kalian. Bukan saatnya lagi cuma bermodal kata-kata, apalagi kalau tidak ada usaha yang dilakukan. Seiring berjalannya waktu, kalian sadar bahwa upaya nyata itu jauh lebih penting. 

Salah satu bukti benar adanya rasa sayang adalah dengan berusaha untuk berbuat sesuatu. Bukan hanya menjejali pasangan kata-kata yang entah kapan bisa diwujudkan atau bahkan sama sekali tak yakin bisa terwujud. 

6. Bagi kalian, kejujuran adalah perihal yang tak bisa ditawar lagi

Tak Childish, Ini 7 Bukti Nyata Ada Kedewasaan di Hubungan AsmaramuUnsplash/Candice Picard

Kejujuran memang tidak bisa ditawar lagi. Itu juga merupakan salah satu bukti adanya rasa tulus sayang kepada pasangan. Ketika kamu tidak benar-benar menghargai pasangan, maka kamu masih bisa berbohong serta menyimpan banyak rahasia. Tapi ketika kamu benar-benar cinta, kamu tidak ingin ada lagi yang disembunyikan.

Ketidakjujuran akan menyakiti pasangan pada akhirnya. Belum lagi kalau sudah berucap satu kebohongan, akan diikuti dengan kebohongan lainnya. Kalian tidak mau hal seperti ini terjadi, oleh karena itu kalian ingin benar-benar menjaga hubungan dengan nilai kejujuran. 

7. Lebih utamakan opini sehat kalian berdua dibanding menaruh peduli pada komentar negatif orang lain

Tak Childish, Ini 7 Bukti Nyata Ada Kedewasaan di Hubungan AsmaramuPexels/Leah Kelley

Tak ada jaminan orang lain berhenti menghakimi kalian, sekalipun kalian sebenarnya tidak bersalah. Kalian cuma buang-buang waktu kalau hanya terpaku  sama omongan orang lain yang menjatuhkan. Pasangan yang telah dewasa secara mental tentu tak ingin mengorbankan kebahagiaannya hanya karena peduli komentar orang lain.

Adanya prioritas untuk bahagia, maka selama yakin perbuatannya benar, kalian yang dewasa cenderung utamakan opini kalian berdua. Dengan begini, hidup akan dijalani dengan santai dan makin merasakan kebahagiaan dalam hubungan. 

Sejauh ini, apakah kamu merasa sudah cukup ada kedewasaan di hubungan asmara kamu dengan dia? Coba deh, hilangkan satu persatu sikap kekanakkan kalau masih dominasi hubunganmu. Berusaha bisa dilakukan pelan-pelan, kok!

Baca Juga: Sering Diabaikan, Ini 7 Tanda Tingkat Kedewasaanmu Masih Sebatas Usia

Nurfi Islami Photo Verified Writer Nurfi Islami

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya