Comscore Tracker

Demi Hubungan Harmonis, Ini 8 Trik untuk Lebih Menghargai Pasangan!

Setiap orang ingin dihargai, termasuk si dia

Dalam hubungan percintaan, sikap menghargai memberi efek luar biasa. Hadirnya sikap menghargai yang diperuntukkan bagi pasangan bikin kisah asmara menjadi lebih sehat karena meminimalkan terjadinya pertengkaran. Ternyata bukan cuma itu saja, lho. Yang terpenting, hubungan kalian juga akan menjadi langgeng. 

Nah, kalau kamu mau belajar buat lebih menghargai orang yang dicintai, jangan bingung soal gimana cara memulainya. Hal yang kamu anggap biasa saja secara gak disangka-sangka bisa bikin si dia merasa tersentuh, lho. Demi hubungan yang harmonis, menghargai pasangan dapat dilakukan dengan 8 tips berikut ini, guys!

1. Tetap bersedia pertimbangkan masukan dari pasangan

Demi Hubungan Harmonis, Ini 8 Trik untuk Lebih Menghargai Pasangan!Pexels.com/Tim Mossholder

Meski awalnya kamu gak sependapat, ada baiknya kamu gak langsung menolak mentah-mentah masukan dari pasangan. Mungkin saja apa yang disarankan olehnya sebenarnya baik untukmu. Maka dari itu, belajarlah untuk mempertimbangkan apa yang dia katakan. Seandainya kamu tetap melangkah dengan pilihanmu sendiri, pertimbangan atas opini akan membuat dia merasa dihargai olehmu. 

2. Gak mengganggu privasi yang ingin dia jaga

Demi Hubungan Harmonis, Ini 8 Trik untuk Lebih Menghargai Pasangan!pexels.com/Vera Arsic

Setiap orang, termasuk pacarmu pasti punya privasi tentang suatu hal yang ingin tetap dijaga. Sekalipun kamu adalah orang yang penting bagi pacar, tetap saja kamu gak boleh mengganggu privasi miliknya. Lebih baik percayakan dulu segala sesuatu pada dia. Toh jika sudah saatnya, dia pasti dengan senang hati berbagi tentang sesuatu yang bersifat privat padamu tanpa kamu memaksanya.

3. Mendukung keputusan yang telah dia pikirkan baik-baik

Demi Hubungan Harmonis, Ini 8 Trik untuk Lebih Menghargai Pasangan!Pexels.com/Natthanon Kongyam

Jangan keburu marah duluan saat tahu bahwa dia akhirnya memilih keputusan yang gak sesuai dengan ekspektasimu. Dia pasti punya alasan kuat dan telah memikirkan baik-baik tentang apa yang dia putuskan. Apalagi jika ini menyangkut jalan hidupnya. Entah keputusan itu nanti akan berdampak seperti apa, dukungan darimu adalah hal yang paling dia butuhkan.

Baca Juga: 6 Perlombaan Suami Istri yang Bikin Rumah Tangga Makin Harmonis

4. Memperlakukan orang-orang terdekatnya dengan baik

Demi Hubungan Harmonis, Ini 8 Trik untuk Lebih Menghargai Pasangan!istockphoto.com/dolgachov

Kalau kamu berkepribadian baik, pasti kamu gak hanya sebatas baik pada pacar. Namun kepada siapa saja, termasuk orang-orang terdekat bagi pacarmu. Baik orang tua atau kerabatnya, sudah semestinya kamu menebar kebaikan pada mereka. Oleh karena itu, belajarlah memupuk sikap santun dan ramah terhadap mereka sebagai bentuk rasa menghargai pada pasangan.

5. Gak mengatur-atur style pasanganmu dalam berpakaian

Demi Hubungan Harmonis, Ini 8 Trik untuk Lebih Menghargai Pasangan!Pexels.com/Elina Sazonova

Sikap ngatur-ngatur itu gak baik, lho. Apalagi kalau sering membandingkan gaya berpakaian pacarmu dengan orang lain. Sudah pasti kamu dianggap gak menghargai selera fashion-nya. Beberapa saran yang dituturkan dengan lembut masih oke-oke saja. Tapi kalau terus memberi kritik kelewat pedas pada cara dia berpakaian rasanya gak perlu, deh. Terlebih kalau nyatanya style pacar masih tergolong sopan dan enak dilihat. 

6. Memberi kebebasan untuk dia melakukan hobi yang disukai

Demi Hubungan Harmonis, Ini 8 Trik untuk Lebih Menghargai Pasangan!Pexels.com/Hasel L.

Salah satu cara menunjukkan bahwa kamu menghargainya adalah dengan memberi kebebasan. Dia pasti punya hobi yang disukai. Maka dari itu, hindari mencegah dia melakukan apa yang diinginkan. Jangan negative thinking dan takut dia terlalu asyik sampai-sampai melupakan kamu. Baginya, kamu tetap sosok penting dalam hidupnya. Justru dari kebebasan yang kamu beri, hubungan kalian nantinya semakin harmonis, lho.

7. Jadilah orang pertama yang memberi selamat atas keberhasilannya

Demi Hubungan Harmonis, Ini 8 Trik untuk Lebih Menghargai Pasangan!Pexels.com/Eugene Chystiakov

Sebagai pacar, kamu harus turut senang dengan keberhasilan yang dia capai. Jangan pelit kata untuk sekadar mengucapkan selamat. Meski mungkin bagi kamu ini adalah hal sepele, namun nyatanya ucapan selamat punya sejuta makna. Dengan gak lupa memberi selamat, dia akan merasa bahwa kamu menghargai perjuangan dalam hidupnya. Hubungan semakin kuat karena adanya sikap menghargai ini. 

8. Mengingat ulang tahun atau momen-momen spesial lain dalam hidupnya

Demi Hubungan Harmonis, Ini 8 Trik untuk Lebih Menghargai Pasangan!Pexels.com/freestocks.org

Kamu pasti merasa senang dan dihargai kalau ada yang mengingat tanggal ulang tahun atau momen spesial dalam hidup. Nah, begitu juga yang dirasakan oleh pacarmu. Ingatlah setiap momen spesial bagi pacar. Lebih bagus lagi kalau kamu rayakan atau memberinya kejutan. Gak peduli seberapa besar atau kecilnya surprise darimu, pasti akan tetap berkesan di hatinya. 

Sikap menghargai pasangan adalah kunci semakin menguatnya fondasi jalinan asmara. Hubungan yang harmonis butuh usaha. Jangan ragu untuk memulainya dari dirimu sendiri, ya. Kalau kamu menghargai pacar, dia pun akan balik menghargaimu. 

Baca Juga: Bertema Rujuk, 5 KDrama yang Bikin Hubungan Pasutri Makin Harmonis

Nurfi Photo Verified Writer Nurfi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya