Comscore Tracker

Yakin Udah Move On? Jawab 6 Pertanyaan Ini sebelum Mulai Hubungan Baru

Menjalin hubungan baru sudah pasti butuh kemantapan hati

Kandasnya sebuah hubungan asmara membuat seseorang mau tak mau harus melewati masa penyembuhan hati. Waktu yang dibutuhkan pun bermacam-macam bagi setiap orang. Ada yang memakan waktu bulanan bahkan sampai tahunan.

Kadang seseorang mungkin saja tidak yakin apakah dirinya memang sudah benar-benar lepas dari bayang masa lalu. 

Kalau kamu ingin memulai hubungan lagi dengan orang baru, coba ajukan dulu 6 pertanyaan ini kepada diri sendiri. Cari tahu bagaimana perasaanmu sebenarnya. Jawabanmu dapat menunjukkan apakah sebenarnya kamu sudah move on dan siap mengawali hubungan baru atau tidak. 

1. Apa reaksimu saat mendengar nama mantan disebut?

Yakin Udah Move On? Jawab 6 Pertanyaan Ini sebelum Mulai Hubungan BaruPexels.com/Ambar Simpang

Ketika orang lain menyebut nama mantan, ingat-ingat bagaimana perasaanmu saat terakhir kali mendengarnya. Kalau hatimu tidak merasa goyah atau sudah biasa saja, itu adalah pertanda bagus. Berarti kamu sudah merelakannya walaupun itu bukan hal mudah.

Namun saat hati masih terasa berdebar ketika mendengar nama mantan disebut, bisa jadi kamu masih menaruh perasaan padanya dan belum move on

2. Sudah bisakah kamu melihat baik dan buruknya hubungan lamamu secara objektif?

Yakin Udah Move On? Jawab 6 Pertanyaan Ini sebelum Mulai Hubungan BaruPexels.com/Alina Vilchenko

Pasti ada pelajaran yang dapat kamu ambil dari hubungan yang telah kandas. Begitu putus dengan mantan, perhatikan bagaimana caramu menilai hubungan tersebut. Apakah kamu sudah bisa melihatnya secara objektif? Objektif di sini artinya kamu tidak hanya melihat dari sisi baik atau buruknya saja, melainkan secara seimbang.

Pada saat kamu bisa ambil pelajaran berharga dari hubungan lama secara keseluruhan, tandanya hatimu sudah siap untuk hubungan baru. 

3. Apakah kamu telah memaafkan kesalahan di masa lalu dan punya keinginan untuk berkembang?

Yakin Udah Move On? Jawab 6 Pertanyaan Ini sebelum Mulai Hubungan BaruUnsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Jika seandainya kamu merasa hubungan sebelumnya penuh dengan seribu kesalahan, kini saatnya kamu memaafkan semua ketidaksempurnaan tersebut. Baik dari segi kesalahanmu atau mantan, memaafkan dapat membuatmu lebih merelakan. Apalagi kalau setelah itu kamu punya keinginan untuk mengembangkan diri.

Namun jika masih mendapati dirimu terjebak di masa lalu, sebaiknya kamu segera sadar dan lebih menguatkan niat untuk memantapkan hati agar bisa move on.

Baca Juga: 7 Melodi Dalam Puisi Panji Ramdana, Mengajarkan Cara Move On Terbaik

4. Setelah putus dari mantan, apa saja tindakan positif yang kamu sudah lakukan?

Yakin Udah Move On? Jawab 6 Pertanyaan Ini sebelum Mulai Hubungan BaruPexels.com/mentatdgt

Usai putus, perhatikan apa saja tindakan positif yang sudah kamu jalani sejauh ini. Aksi nyata itulah yang menunjukkan kalau kamu siap untuk bergerak ke arah yang lebih baik. Akan tapi, lain halnya jika kamu masih melakukan tindakan negatif seperti meratapi nasib, mengurung diri di kamar, stalking medsos mantan atau lainnya setelah putus.

Itu tandanya kamu belum siap untuk mengawali hubungan baru. Meskipun kamu sudah dekat dengan orang baru yang dapat menggantikan posisi mantan.

5. Apa keinginanmu untuk mengawali hubungan baru didasari dengan niatan yang baik dan tulus?

Yakin Udah Move On? Jawab 6 Pertanyaan Ini sebelum Mulai Hubungan BaruUnsplash.com/Brooke Cagle

Sebelum kamu memulai hubungan baru, tanyakan pada hati apa yang sebenarnya mendasari niatmu. Seandainya niatmu berpacaran lagi hanya untuk memanas-manasi mantan, duh lebih baik kamu urungkan keinginanmu itu. Pastikan hubungan barumu dengan seseorang didasari oleh niat yang baik dan tulus.

Bukan hanya buat melihat reaksi mantan, tapi murni karena kamu ingin memulai hubungan yang baik dengan seseorang yang lebih baik pula.

6. Apa kamu yakin calon pacarmu bisa jaga komitmen dan membuat kamu jadi sosok yang lebih baik?

Yakin Udah Move On? Jawab 6 Pertanyaan Ini sebelum Mulai Hubungan BaruUnsplash.com/Larm Rmah

Yang juga tak kalah penting ialah yakin tidaknya kamu pada seseorang yang akan jadi pengganti mantanmu. Lihat lagi apakah dia sekiranya bisa menjaga komitmen untuk mempertahankan hubungan. Pikirkan juga sanggup tidaknya kamu menjadi pribadi yang lebih baik dari sekarang jika bersama dengannya.

Kalau kamu sudah merasa yakin, maka tidak ada alasan kamu untuk tak memulai hubungan baru tersebut. Memang memulai suatu hubungan sudah sepantasnya dilakukan dengan kemantapan hati, kan?

Nah, apa saja jawabanmu atas 6 pertanyaan tadi? Apakah menunjukkan kalau kamu sudah siap menjalin hubungan atau justru sebaliknya nih? 

Baca Juga: Jangan Sedih, Ini Alasan Kenapa Pacar Baru Mantan Bikin Move On Enak

Nurfi Photo Community Writer Nurfi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You