Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Social Anxiety di Acara Resepsi Pernikahan, Catat!

Lakukan persiapan yang matang

Melangsungkan acara resepsi pernikahan adalah sesuatu yang sangat dinanti-nantikan oleh setiap pasangan yang menjalin hubungan asmara. Meskipun terlihat menyenangkan, tapi gak jarang acara resepsi juga malah bikin stres, terlebih lagi untuk kamu yang memiliki social anxiety atau kecemasan sosial.

Membayangkan jadi pusat perhatian di acara besar yang dipenuhi banyak orang, membuat kamu merasa takut dan khawatir. Untuk meminimalisir kecemasan tersebut, kamu bisa simak tips berikut ini.

1. Undang orang-orang terdekat saja  

5 Cara Mengatasi Social Anxiety di Acara Resepsi Pernikahan, Catat!ilustrasi mengundang orang terdekat (pexels.com/S ergio Souza)

Hanya mengundang teman dekat di resepsi pernikahan bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk menghindari kecemasan sosial yang kamu miliki. Dilansir Marriage, Aaron Engel, seorang konselor profesional, mengatakan bila gak ada aturan ketat yang menyebutkan harus seberapa besar pesta pernikahan diselenggarakan. 

Gak mengundang banyak orang akan meminimalisir interaksi kamu selama pesta berlangsung. Selain itu, karena hanya diisi oleh teman dekat dan saudara saja, maka acara akan terasa lebih intens dan hangat. Namun sebelum memutuskan opsi ini, pastikan untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan pasangan kamu, ya!

2. Hindari tradisi yang membuat kamu gak nyaman  

5 Cara Mengatasi Social Anxiety di Acara Resepsi Pernikahan, Catat!ilustrasi pasangan pengantin (pexels.com/Dimitri Kuliuk)

Menampilkan tradisi pernikahan di acara resepsi mungkin akan menjadi sesuatu yang berkesan bagi banyak orang yang hadir. Namun untuk kamu yang memiliki social anxiety, sebaiknya hindari hal tersebut jika dirasa kurang nyaman saat menjadi pusat perhatian banyak orang.

Engel mengemukakan, jika mencium pasangan di depan umum membuat kamu gugup, maka lewati hal tersebut. Sementara, jika berjalan menyusuri lorong panjang membuat kamu gak nyaman, maka hindari. Ketahuilah, penilaian orang lain terhadap acara resepsimu gak akan memengaruhi kehidupan rumah tangga kalian.

Daripada harus memenuhi ekspektasi orang lain tentang pestamu, akan lebih baik untuk memperhatikan kenyamananmu sendiri. Pernikahan adalah momen sekali seumur hidup, jadi jangan paksakan diri untuk membuat orang lain bahagia. Sebaliknya, buat dirimu jadi sosok yang paling bahagia di acara resepsi tersebut.

3. Lakukan sesi konseling pra-nikah  

5 Cara Mengatasi Social Anxiety di Acara Resepsi Pernikahan, Catat!ilustrasi konseling pra-nikah (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Memikirkan tentang acara resepsi pernikahan mungkin membuat kamu takut dan cemas. Kamu khawatir akan perkataan dan respons negatif orang-orang yang hadir terhadap pestamu. Selain itu, kamu juga takut akan mengecewakan mereka karena pesta yang kurang meriah.

Kamu bisa melakukan sesi konseling pra-nikah, jika dirasa bahwa kecemasanmu sangat berlebihan. Coba bicarakan dengan pasangan terkait hal ini dan minta dukungan darinya.

Engel menyebutkan, seorang konselor dapat membantu kamu untuk mengatasi kecemasan di resepsi pernikahan. Lewat bantuan konselor, kamu akan dibimbing untuk bisa lebih fokus pada hal-hal positif seperti hadiah, kenangan, dan lainnya di acara resepsi.

Baca Juga: 6 Pantangan Pernikahan Adat Jawa, antara Mitos dan Titah Leluhur

4. Ketika merasa gak nyaman, bisa bicarakan dengan temanmu

5 Cara Mengatasi Social Anxiety di Acara Resepsi Pernikahan, Catat!ilustrasi berbicara dengan teman (pexels.com/Los Muertos Crew )

Sebagai pemeran utama dalam acara resepsi, kamu perlu memastikan dirimu untuk nyaman dan bahagia. Dikutip Brides, Sarah Chancey, seorang founder dari wedding planning, mengatakan bahwa hal terbaik yang bisa dilakukan oleh pengantin di pesta pernikahannya adalah dengan menghabiskan waktu untuk pestanya.

“Hari kamu sangat panjang secara fisik, jadi bersantai sambil minum kopi dengan orang-orang terdekat adalah saat terbaik untuk memulai semuanya,” ungkapnya.

Chancey juga menambahkan, saat acara sedang berlangsung dan kamu merasa gak nyaman, maka bisa beri tahu pasangan atau temanmu. Katakan kepada mereka bahwa kamu merasa kurang nyaman terhadap suatu hal. Dengan begitu, temanmu bisa mencoba untuk menenangkanmu.

5. Lakukan latihan pernapasan 

5 Cara Mengatasi Social Anxiety di Acara Resepsi Pernikahan, Catat!ilustrasi mengatur napas (pexels.com/Rio Kuncoro)

Mengatur pernapasan di acara resepsi bukanlah sesuatu yang konyol, karena bisa membantu kamu untuk lebih tenang. Sherrie Sims Allen, Ph.D, seorang relationship strategist, dikutip Brides, mengungkapkan bahwa melakukan latihan pernapasan sangat penting, baik sebelum maupun ketika acara resepsi berlangsung. 

“Tips manajemen stres terbesar yang bisa saya tawarkan adalah meditasi dan latihan pernapasan dalam,” ujarnya.

Kamu bisa melakukan latihan tersebut dari jauh-jauh hari sebelum acara dimulai. Cobalah untuk mencari ketenangan dan lakukan latihan pernapasan dalam keheningan serta pusatkan energi pada dirimu. Kamu bisa meminta bantuan ahli agar tepat dalam melakukannya.

Memiliki perasaan cemas dan khawatir di acara resepsi pernikahan adalah sesuatu yang wajar, mengingat sebelumnya kamu gak pernah ada dalam situasi tersebut. Berbagai cara di atas bisa kamu lakukan untuk meminimalisir kecemasanmu. Semoga bermanfaat!  

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Punya Kecemasan yang Tinggi dalam Menjalin Hubungan

Nurkorida Aeni Photo Verified Writer Nurkorida Aeni

Mari berteman!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya