Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini Saat Gak Nyaman dengan Mantan yang Punya Pacar Baru!

Hadapi dengan cara yang elegan

Putus dengan pacar memang terkadang bisa meninggalkan luka dan kesedihan yang mendalam. Terlebih lagi, jika kamu melihat sang mantan sudah punya pacar baru setelah berpisah denganmu. Gak jarang hal tersebut membuatmu merasa gak nyaman, mengingat dahulu kalian pernah bahagia bersama.

Meskipun kamu mungkin merasa kesal, tapi penting untuk bisa mengendalikan diri agar gak berbuat sesuatu yang buruk. Nah, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk menghadapi perasaan gak nyaman tersebut. Yuk, simak!

1. Akui dan terima perasaanmu

Lakukan 5 Hal Ini Saat Gak Nyaman dengan Mantan yang Punya Pacar Baru!ilustrasi menerima semua perasaan (pexels.com/Pixabay)

Kamu mungkin merasa malu dan merasa lemah ketika harus menunjukkan kesedihanmu. Namun, jika dibiarkan berkepanjangan, hal tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental.

Dikutip Verywell Mind, Barbara Field, seorang penulis topik kesehatan mental, menyebutkan, ketika kamu menghindari perasaan sendiri, itu hanya akan menciptakan lebih banyak stres. Penting bagimu mencoba meluangkan waktu untuk memproses segala hal yang kamu lihat atau dengar.

"Dalam studi ilmiah baru-baru ini, yang mengeksplorasi penghindaran, para peneliti menemukan bahwa, gaya penghindaran pasif seperti pengunduran diri dan penarikan menghasilkan banyak hasil maladiftif. Hasil kesehatan negatif ini termasuk stres, gangguan kecemasan, dan PTSD," ungkapnya.

Cobalah untuk memberikan dirimu ruang sendiri untuk menangis atau bersedih, hingga pikiranmu jadi lebih tenang. Kamu juga bisa curhat kepada teman yang kamu percaya dan ungkapkan semua perasaanmu.

2. Lakukan self-compassion

Lakukan 5 Hal Ini Saat Gak Nyaman dengan Mantan yang Punya Pacar Baru!ilustrasi melakukan self-compassion (pexels.com/Goktay)

Meskipun kamu yang memutuskan hubungan, tapi perasaan gak nyaman melihat mantanmu punya pacar yang baru, mungkin saja terjadi. Field menjelaskan, hasil penelitian menunjukkan, bahwa kontak dengan mantan pasangan berhubungan dengan tekanan psikologis.

Kamu mungkin membandingkan diri sendiri dengan pacar baru mantanmu. Sehingga, gak jarang banyak yang merasa menyesal telah putus setelah melihat mantan terlihat bahagia.

"Sebelum kamu berpikir untuk menghidupkan kembali hubungan, ingatlah bahwa,  kamu rentan dan ingat alasan mengapa hubungan kalian gak berhasil. Misalnya, perilaku gaslighting atau love-bomb mantanmu berbahaya dan gak boleh ditoleransi," jelas Field.

Saat perasaan gak nyaman tersebut datang padamu, sebaiknya lakukan self-compassion atau berbelas kasih dengan diri sendiri. Coba bangun kekuatan dalam dirimu untuk bisa melakukan kontrol diri dalam memecahkan masalah atau mencari dukungan dari orang sekitarmu.

3. Evaluasi diri sendiri dan jangan paksakan untuk berkencan

Lakukan 5 Hal Ini Saat Gak Nyaman dengan Mantan yang Punya Pacar Baru!ilustrasi lakukan evaluasi diri (pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi)

Gak nyaman melihat mantan punya pacar baru bukan berarti kamu harus memaksakan diri untuk mulai berkencan. Terlebih, jika kamu masih belum move on dan masih mengalami depresi ringan akibat perpisahan tersebut.

Berikan dirimu waktu untuk bisa pulih sebelum menerima orang baru dalam hidupmu, serta lakukan evaluasi diri agar gak mudah terprovokasi. Field mengungkapkan, cobalah untuk jujur dengan dirimu sendiri tentang kesipanmu untuk bertemu orang lain.

Jika kamu sudah merasa percaya diri, bahagia dengan diri sendiri, serta bersemangat untuk bertemu orang baru, maka itu waktunya untuk coba memulai yang baru. Ingatlah untuk gak terlalu memaksakan dirimu, bukan masalah jika kamu perlu waktu lama dalam masa penyembuhan tersebut.

Baca Juga: 5 Perasaan yang Akan Dirasakan Setelah Curhat dengan Orang yang Tepat

4. Ingat alasan kalian putus

Lakukan 5 Hal Ini Saat Gak Nyaman dengan Mantan yang Punya Pacar Baru!ilustrasi ingat alasan putus (unsplash.com/Afif Ramdhasuma)

Cara paling jitu untuk menghadapi perasaan gak nyaman melihat mantan punya pacar baru adalah ingat kembali alasan kalian putus. Sebab, perpisahan gak akan terjadi tanpa ada penyebab atau pertimbangan. Kamu mungkin punya alasan yang kuat dalam mengambil keputusan ini.

Dilansir Brides, Cathy Meyer, seorang marriage educator, menyampaikan, ingatlah alasan-alasan perpisahan sebelum kamu merasa sedih dan cemburu dengan keputusan mantanmu. Cari tahu, apakah kamu masih tetap ingin kembali bersamanya?

Jika jawabannya enggan, ingatkan kembali dirimu. Mengingat hal ini setiap timbul perasaan negatif, bisa membantumu lebih menerima yang sedang terjadi, bahkan bisa juga buat kamu melupakannya.

5. Cobalah untuk berbahagia untuk mantanmu

Lakukan 5 Hal Ini Saat Gak Nyaman dengan Mantan yang Punya Pacar Baru!ilustrasi bahagia (unsplash.com/Julia Avamotive)

Meskipun kamu sering mengingat alasan kalian berpisah, tapi coba juga untuk ikut berbahagia dengan keputusan mantanmu. Rasanya mungkin berat, tapi coba tanyakan kembali pada lubuk hati terdalammu. Apakah, kamu benar-benar membencinya? Jika jawabanmu 'ya', lantas apa yang membuat kamu merasa gak nyaman saat tahu dia memiliki pacar baru?

Mayer mengungkapkan, melepaskan adalah sebuah proses dan akan memakan waktu serta usaha, tetapi ketika kamu melakukannya, mungkin akan tersadar bahwa kamu ingin mantanmu bahagia, bahkan dengan orang lain. Percayalah bahwa seperti mantanmu, kamu juga akan mendapatkan kebahagian baru dengan sosok yang tepat.

Merasa gak nyaman melihat mantanmu memiliki pacar baru adalah hal yang wajar. Kamu mungkin sedih mengingat kenangan kalian di masa lalu, namun jangan sampai hal tersebut berlarut-larut. Nah, tips di atas bisa coba kamu ikuti agar gak terus-terusan bersedih. Tetap semangat, ya!

Baca Juga: 5 Hal Menandakan Hatimu Masih Bercabang ke Mantan, Masih Cinta?

Nurkorida Aeni Photo Verified Writer Nurkorida Aeni

Mari berteman!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya