Comscore Tracker

5 Perasaan yang Akan Dirasakan Setelah Curhat dengan Orang yang Tepat

Leganya bukan main!

Curhat merupakan sesuatu yang perlu dilakukan jika kita sudah merasa gak bisa memendam sebuah masalah sendirian. Dengan menceritakan keluh kesah yang dialami, kita berharap ada sebuah titik terang atau paling gak perasaan lega yang dirasakan ketika selesai curhat. Namun, ini tentu hanya akan dirasakan jika kita curhat dengan orang yang tepat.

Sementara, jika tempat curhat kita gak tepat, bukannya menyelesaikan masalah, tapi justru yang timbul hanyalah masalah lain yang lebih berat. Apa, aja sih tandanya jika kita sudah curhat dengan orang yang tepat. Ini, nih lima di antaranya!

1. Lega dan beban terasa lebih ringan

5 Perasaan yang Akan Dirasakan Setelah Curhat dengan Orang yang Tepatilustrasi orang bercermin (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Merasa lega dan beban yang ada terasa lebih ringan adalah tanda pertama yang akan jelas kamu rasakan ketika selesai curhat dengan orang yang tepat. Orang yang mendengarkan curhatmu dengan seksama, kemudian gak menghakimi ataupun menyalahkan, serta mampu memberikan saran saat diminta, adalah sosok yang gak boleh kamu sia-siakan keberadaannya. 

Tempat curhat yang tepat itu susah untuk dicari. Mereka ini sangat berharga dan harus selalu kamu sayangi, sebab setiap kali kamu ada masalah, biasanya dialah yang akan kamu datangi pertama kali. 

2. Lebih bisa menerima diri sendiri

5 Perasaan yang Akan Dirasakan Setelah Curhat dengan Orang yang Tepatilustrasi orang mengobrol (Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Kesalahan yang dilakukan, masa lalu yang pahit, masalah yang begitu berat, semuanya terasa lebih bisa diterima ketika kita selesai curhat kepada orang yang benar-benar tepat ini. Penyesalan dan keinginan untuk menyalahkan diri sendiri, jelas berkurang dan bahkan bisa hilang begitu kita selesai menceritakan semua kepada orang tersebut. 

Justru, perasaan itu berganti dengan rasa lega, rasa menerima, dan keinginan untuk mencari solusi yang terbaik. Kita jadi lebih sadar bahwa gak mengakui, mengelak, dan bahkan berusaha lari dari semua masalah itu hanya membuat kita semakin ditimpa masalah yang lebih banyak. 

Baca Juga: 5 Alasan Curhat ke Teman Virtual Tidak Akan Menyelesaikan Masalah

3. Merasa tervalidasi dengan baik

5 Perasaan yang Akan Dirasakan Setelah Curhat dengan Orang yang Tepatilustrasi orang ngobrol (pexels.com/George Milton)

Gak merasa dihakimi, justru kita jadi merasa perasaan yang kita rasakan tervalidasi dengan baik juga pertanda bahwa tempat curhat kita sudah tepat. Orang yang tepat memang tahu betul bagaimana rasanya ketika dia curhat tetapi malah dipojokan dan disalahkan. Itulah kenapa dia mampu memvalidasi perasaan kita dan enggan menyudutkan diri kita yang sedang dilanda masalah. 

Curhat dengan orang semacam ini membuat kita merasa dimanusiakan. Gak ada kata-kata penghakiman yang keluar dari mulutnya karena dia tahu kita gak butuh itu. Kita sudah cukup sering menghakimi dan menyalahkan diri sendiri sejauh ini. 

4. Berkurang bahkan hilangnya emosi negatif dari dalam diri

5 Perasaan yang Akan Dirasakan Setelah Curhat dengan Orang yang Tepatilustrasi mendengarkan orang lain (Pexels.com/fauxels)

Rasa kesal, marah, kecewa, sakit hati, apapun itu, semua biasanya akan berbaur menjadi satu ketika kita ditimpa masalah. Mau bagaimanapun bentuknya masalah tersebut, pasti akan ada emosi negatif yang mengiringi. Alhasil, masalah terasa semakin berat dan pikiran kita juga semakin buntu. 

Akan tetapi, ketika bertemu dengan tempat curhat yang tepat, semua emosi negatif tersebut bisa hilang. Bahkan, kita jadi bisa menertawakan masalah yang ada dan merasa lebih bisa berpikir dengan jernih kembali. 

5. Merasa sanggup menjalani hari esok dengan lebih baik lagi

5 Perasaan yang Akan Dirasakan Setelah Curhat dengan Orang yang Tepatilustrasi orang bersahabat (Pexels.com/Duong Nhan)

Gak sampai disitu aja, orang yang tepat untuk dijadikan tempat curhat juga bisa membawa perubahan suasana hati. Kita yang tadinya bahkan sudah kehilangan seluruh semangat dalam diri, jadi bisa kembali menatap hari esok dengan lebih optimis. Kita jadi percaya bahwa sesudah badai yang datang ini, akan ada pelangi dan matahari yang siap menerangi.

Orang yang tepat saat dijadikan tempat curhat itu sangatlah langka. Jangan lepaskan dan terus jaga dia agar selalu berada di sisimu.

Setiap kali masalah muncul, curhat dengan orang yang tepat tentu akan membuat beban jadi lebih ringan. Namun ingat, tetap berhati-hati dan jangan berekspektasi terlalu tinggi karena manusia memang gampang berubah. Sebisa mungkin, selesaikan dulu masalahmu sendiri sebelum menceritakannya kepada orang lain. 

Baca Juga: 5 Tips Menjadi Teman Curhat Anak yang Nyaman dan Seru

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya