Comscore Tracker

10 Petuah Move On Paling Bijak Pasca Putus dari Bertahun-tahun Pacaran

#ANGPOIN Kamu berhak memilih bahagia

Bersedih setelah putus dari seseorang yang dicintai merupakan hal yang sangat wajar, apalagi jika hubungan yang dijalani sudah berjalan bertahun-tahun. Selain sedih, perasaan kecewa hingga marah pun sangat mungkin kamu rasakan.

Akan tetapi, perasaan-perasaan itu jangan terlalu lama dibiarkan apalagi sampai berlarut-larut. Pasalnya, hal itu justru akan merugikan kamu diri sendiri. Cobalah selalu berpikiran positif bahwa keputusan yang kamu ambil merupakan jalan terbaik bagi kamu dan mantan pacar kamu. Oleh karena itu, tidak ada pilihan lain kecuali segera move on dan ubah hidup kamu. Bagaimana cara move on yang tepat setelah bertahun-tahun pacaran?

1. Luapkan semua beban yang kamu rasakan. Jangan ditahan kalau memang ingin menangis

10 Petuah Move On Paling Bijak Pasca Putus dari Bertahun-tahun Pacaranpixabay.com/sasint

Cara pertama yang bisa kamu lakukan setelah putus cinta adalah menghabiskan waktu seharian di dalam kamar. Yap, banyak orang khususnya cewek pasti akan melakukan hal ini setelah putus dari pasangannya. Mereka akan menangis seharian dan mengurung diri di kamarnya, mendengarkan lagu sedih, atau mungkin akan mengekspresikan kesedihan dan luapan kekecewaannya dengan berteriak. Memang benar, hal tersebut  bisa membuat diri kamu merasa jauh lebih tenang.

2. Jangan biarkan pikiranmu sesak. Tuangkan isi kepalamu dalam tulisan

10 Petuah Move On Paling Bijak Pasca Putus dari Bertahun-tahun Pacaranpexels.com

Menulis merupakan cara baik yang bisa kamu lakukan setelah putus cinta. Cara ini efektif untuk mencurahkan segala isi hati dan pikiran terkait kandasnya hubunganmu. Dengan menulis kamu juga bisa merunut soal kenapa hubunganmu bisa gagal, apa yang harus diperbaiki untuk hubunganmu ke depan, dan bagaimana membuat hidupmu lebih baik.

3. Untuk membantumu move on, cobalah membuat daftar kesalahan mantan pasangan

10 Petuah Move On Paling Bijak Pasca Putus dari Bertahun-tahun Pacaranpexels.com/lisafotios

Kamu bisa membuat daftar kesalahan apa saja dari pasangan yang sangat kamu benci. Tulislah semua kesalahannya mulai dari hal yang kecil hingga besar. Dengan begitu, kamu jadi punya keinginan untuk tidak lagi menghubunginya dan tidak lagi mengharapkan hubungan asmara kamu bisa kembali membaik dengan mantan pasangan.

Baca Juga: Lantaran 5 Sikap Ini Nih Kamu Jadi Gagal Move On!

4. Buat hari-harimu lebih menyenangkan dengan melakukan hobi baru

10 Petuah Move On Paling Bijak Pasca Putus dari Bertahun-tahun Pacaranpexels.com/spenserselover

Ketika hati dan pikiran kamu sudah mulai tenang, kamu bisa melanjutkan untuk melakukan hal-hal yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Misalnya, yoga untuk menenangkan dan membuat pikiran kamu jauh lebih rileks atau hal-hal lainnya yang baru bagi kamu. Hal ini tentunya akan membuat kamu menjadi memiliki kesibukan baru yang akhirnya bisa membuatmu dengan mudah untuk bisa melupakan kenangan dengan mantan.

5. Setelah melewati kesedihan karena putus, kamu berhak memanjakan diri

10 Petuah Move On Paling Bijak Pasca Putus dari Bertahun-tahun Pacaranpexels.com

Kamu bisa juga melakukan cara yang lain, semisal memanjakan diri dengan pergi ke tempat perawatan kecantikan dan kebugaran. Dengan melakukan berbagai macam perawatan dan kecantikan, seperti creambath, luluran, dan spa nantinya pikiran kamu akan menjadi tenang. Selain itu, cara ini bisa juga membuat penampilanmu menjadi lebih segar dan cantik. Nah, bisa jadi mantan kamu akan menyesal karena sudah memutuskan kamu.

6. Perasaan sedih bisa membahayakan kesehatan. Jadwalkan kesedihanmu

10 Petuah Move On Paling Bijak Pasca Putus dari Bertahun-tahun Pacaranpexels.com/karymefranca

Kesedihan yang kamu rasakan memang nggak bisa hilang dalam waktu satu atau dua hari saja. Pastilah butuh waktu lama untuk benar-benar menerima kenyataan. Sesekali teringat mantan lalu bersedih juga hal yang wajar. Namun agar tidak membahayakan kesehatan, kamu wajib menjadwalkan waktu untuk bersedih. Misalnya, 15 menit setiap malam sebelum tidur, namun setelahnya kamu harus bisa bangkit dan lebih bersemangat lagi menjalani aktivitas yang akan dilakukan keesokan harinya.

7. Daripada gatal untuk menghubungi mantan, baiknya hapus semua kontak dengannya

10 Petuah Move On Paling Bijak Pasca Putus dari Bertahun-tahun Pacaranpexels.com/carlosr

Cara lain yang harus kamu lakukan adalah dengan menghapus semua kontak dengannya, baik itu di aplikasi chat maupun social media. Hal ini bertujuan agar kamu bisa menghapus memori tentang mantan dan tidak berniat lagi untuk mencari tahu tentang mantan dengan menghubunginya. Dengan begitu, kamu dapat memulai hidup baru yang lebih baik serta bahagia.

8. Nggak ada salahnya bersenang-senang dengan uang tabungan. Kamu berhak dapat liburan

10 Petuah Move On Paling Bijak Pasca Putus dari Bertahun-tahun Pacaranpexels.com/simonmigaj

Pergi berlibur jadi salah satu rekomendasi cara untuk move on. Pasalnya suasana liburan biasanya lumayan membantu untuk membuatmu sedikit lebih rileks. Bersantai dengan suasana pantai atau gunung bisa jadi alternatif tempat liburan menarik biar pikiranmu nggak cuma tertuju pada mantan.

9. Tetap berpikir positif. Yakinlah bahwa putusnya hubungan adalah hal yang baik

10 Petuah Move On Paling Bijak Pasca Putus dari Bertahun-tahun Pacaranpexels.com/bintimalu

Di saat-saat terendah dalam hidup, wajar jika kamu merasa sulit untuk berpikir positif. Namun, tidak ada pilihan lain karena satu-satunya yang harus kamu lakukan adalah tetap positif thinking. Yakinlah bahwa kandasnya hubunganmu dengan pasangan adalah hal baik yang akan menghantarkanmu pada hal-hal baik di masa depan.

10. Mulailah membuka diri dengan cara perbanyak teman baru

10 Petuah Move On Paling Bijak Pasca Putus dari Bertahun-tahun Pacaranpexels.com/danielxavier

Memiliki banyak teman baru bisa membantu kamu melupakan mantan. Siapa tahu ada teman yang bisa membuat kamu nyaman dan bisa membantu kamu dalam masa pemulihan setelah putus. Namun, jangan menganggap hal ini sebagai pelarian, tetapi anggaplah hal ini sebagai sebuah bagian dari proses penyembuhan luka setelah putus cinta.

Nah, itulah cara cepat move on setelah putus cinta selama bertahun-tahun pacaran. Ingat, jangan berlama-lama dalam kesedihan. Kamu berhak atas hidup baru yang lebih indah dan bahagia!

Baca Juga: Gak Sekedar Move On, 5 Cara Ini Bikin Kamu Move Up setelah Patah Hati

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya