Comscore Tracker

5 Alasan Kakak Adik Gak Akrab, Bukan karena Gak Sayang, lho 

Apakah kamu akrab dengan saudara kandungmu? 

Hubungan keluarga sewajarnya adalah hubungan yang paling akrab, seperti antara suami dengan istri, orangtua dengan anak, maupun antara sesama saudara kandung. Selain tentunya saling menyayangi, keakraban juga terjalin karena bertahun-tahun hidup bersama.

Namun, harus diakui bahwa kadang hal itu gak selalu terjadi, misalnya antara sesama saudara. Meski berasal dari orangtua yang sama, ada yang merasa sulit untuk akrab dengan kakak atau adiknya sendiri. Namun, bukan berarti mereka saling benci. Mereka saling menyayangi, tapi ada beberapa alasan yang menyebabkan keakraban sulit terjalin. Ini dia lima kemungkinan alasannya.

1. Kepribadian yang gak cocok 

5 Alasan Kakak Adik Gak Akrab, Bukan karena Gak Sayang, lho pexels/ketut subiyanto

Ini adalah salah satu alasan yang paling umum. Setiap manusia memang pasti punya karakter masing-masing. Makanya, meskipun saudara kandung, sangat wajar jika kakak dan adik bisa punya kepribadian yang berbeda, bahkan bisa berkebalikan 180 derajat.

Ada kakak adik yang berhasil mengatasi perbedaan itu dan tetap akrab, tapi ada juga yang kesulitan sehingga akhirnya gak akrab dengan saudaranya. Namun, selama mereka tetap saling menyayangi, sebenarnya hal itu gak harus menjadi masalah besar.

2. Tidak dibiasakan oleh orangtua

5 Alasan Kakak Adik Gak Akrab, Bukan karena Gak Sayang, lho pexels/Afta Putta Gunawan

Penyebab lain ada hubungannya dengan cara orangtua mengasuh. Beberapa orang menjadi gak akrab dengan saudaranya karena memang sejak kecil orangtua tidak membiasakan mereka untuk saling bercengkerama. Biasanya ini terjadi pada kakak adik yang selisih usianya cukup jauh.

Salah satu contohnya, sang kakak tidak dibiasakan orangtua untuk terlibat dalam mengurus adiknya yang masih kecil. Sang kakak pun jadi terlalu asyik dengan teman-teman dan dunianya sendiri. Hal itu bisa terbawa hingga ia dan adiknya sudah besar. Makanya, jelas bahwa keakraban antara saudara kandung bisa sangat dipengaruhi oleh orangtua.

Baca Juga: 5 Tanda Bahwa Hubungan Kalian Sudah Berada di Titik Jenuh

3. Iri hati

5 Alasan Kakak Adik Gak Akrab, Bukan karena Gak Sayang, lho thenational.ae

Rasa iri hati bisa membuat sesama teman jadi tidak akrab, begitu pula pada hubungan kakak adik. Penyebab timbulnya iri hati pun bisa sangat dipengaruhi oleh lingkungan, terutama keluarga.

Salah satu contohnya, seorang kakak yang iri pada adiknya karena si adik tampak selalu didahulukan oleh orangtuanya. Bisa juga seorang adik yang iri karena kakaknya lebih cerdas sehingga lebih sering dipuji oleh keluarga besar. Hal-hal seperti itu gak sepele karena rasa iri bisa tertanam dan terbawa hingga dewasa dan menyebabkan sulit akrab.

4. Pernah terjadi konflik besar 

5 Alasan Kakak Adik Gak Akrab, Bukan karena Gak Sayang, lho moving.com

Saling bertengkar antar kakak adik adalah hal yang biasa. Selama pertengkaran yang terjadi gak berlebihan, hal itu sebenarnya gak perlu dikhawatirkan. Namun, tentu lain ceritanya kalau konflik yang terjadi cukup besar. Konflik demikian biasanya terjadi bukan ketika sama-sama masih kecil, tapi justru ketika sudah dewasa.

Salah satu penyebab konflik besar seperti itu biasanya adalah uang yang memang bisa sangat sensitif. Bahkan, meski pada akhirnya berhasil terselesaikan, luka akibat konflik itu bisa tetap terasa. Bukan dendam, tapi lebih seperti pengganjal di hati sehingga sulit untuk bisa akrab seperti dulu lagi.

5. Jarang berkomunikasi 

5 Alasan Kakak Adik Gak Akrab, Bukan karena Gak Sayang, lho pexels/burst

Salah satu kunci keakraban dalam hubungan adalah komunikasi yang baik. Tanpa komunikasi yang baik, gak mungkin dua orang bisa jadi akrab. Hal itu tentu juga berlaku dalam hubungan kakak adik.

Penyebab kurangnya komunikasi umumnya adalah kesibukan. Ada pula yang sejak kecil memang tinggal terpisah karena masalah orangtuanya. Namun, lagi-lagi itu gak berarti mereka gak saling sayang. Rasa sayang itu pasti ada, tapi kalau gak diimbangi dengan komunikasi tentu bakal tetap sulit untuk akrab.

Itulah llima kemungkinan alasan seseorang bisa gak akrab dengan kakak atau adiknya. Kalau kamu bisa akrab dengan saudaramu, kamu patut bersyukur. Kalaupun tidak, gak perlu kecil hati. Selama kamu dan saudaramu saling menyayangi, yakinlah bahwa kamu dan dia bisa terus harmonis dan saling dukung sampai kapan pun.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Ingin Menjalin Hubungan 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya