Comscore Tracker

5 Alasan Penting Tetap Minta Maaf meski Kamu Gak Merasa Salah  

Jangan utamakan gengsimu 

Semua orang pasti setuju bahwa saat berbuat salah, kita perlu meminta maaf. Tanpa kerelaan untuk meminta maaf, hubungan dengan orang lain bisa rusak. Teman-teman dan bahkan keluarga bisa mulai menjauhimu kalau kamu terkenal sebagai orang yang gak mau minta maaf padahal jelas-jelas telah berbuat salah pada orang lain.

Namun, bagaimana kalau kamu tidak merasa membuat kesalahan? Mungkin orang lain mengaku bahwa tindakan atau kata-katamu telah membuatnya sakit hati. Dalam situasi seperti itu, perlukah kamu minta maaf? Jawabannya adalah perlu. Merasa gak berbuat salah bukan alasan untuk gak mau minta maaf. Kenapa? Ini dia lima alasannya.

1. Kamu gak tahu seberapa besar dampak perbuatan atau kata-katamu

5 Alasan Penting Tetap Minta Maaf meski Kamu Gak Merasa Salah  Freepik/ipopba

Kalau orang lain berkata bahwa ia tersakiti oleh kata-kata atau perbuatanmu, jangan langsung berdalih dan membela diri bahwa kamu gak salah. Kenapa? Karena yang paling tahu dampak dari perbuatan dan kata-katamu adalah orang lain, bukan kamu sendiri.

Bahkan, mungkin kamu sendiri gak sadar atau lupa bahwa kamu pernah melakukan atau mengatakan hal tertentu. Sementara, orang lain ingat karena ia yang merasakan dampaknya. Dalam situasi seperti itu, tentu kamu harus minta maaf. Gak sengaja menyakiti bukan berarti gak perlu minta maaf, bukan?

2. Pandangan setiap orang bisa berbeda

5 Alasan Penting Tetap Minta Maaf meski Kamu Gak Merasa Salah  Freepik/drobotdean

Bahkan, kalaupun kamu merasa bahwa apa yang kamu lakukan sebenarnya biasa saja, itu bukan alasan untuk gak mau minta maaf. Ingat bahwa pandangan setiap orang bisa berbeda. Apa yang kamu anggap biasa mungkin sangat menyakitkan bagi orang lain.

Kamu sendiri mungkin pernah merasakan hal serupa. Kamu tersakiti oleh kata-kata atau perbuatan seseorang, tapi orang itu gak mau minta maaf karena menurutnya itu adalah hal yang biasa. Pasti kamu merasa kesal pada orang itu, kan? Makanya, kamu juga gak boleh melakukan hal seperti itu pada orang lain.

Baca Juga: Ingat ya, Jangan Minta Maaf untuk 12 Hal Ini

3. Menunjukkan bahwa kamu orang yang rendah hati

5 Alasan Penting Tetap Minta Maaf meski Kamu Gak Merasa Salah  Freepik/wavebreakmedia

Meminta maaf meski gak merasa salah juga adalah bukti bahwa kamu orang yang rendah hati. Kamu gak memaksakan pendapatmu bahwa kamu gak salah, tapi kamu menghormati pandangan orang yang merasa tersakiti olehmu.

Sebaliknya, jika gak mau minta maaf, tentu kamu akan dapat citra sebagai orang sombong dan tidak disukai orang lain.

4. Meminta maaf tidak selalu berarti mengaku salah

5 Alasan Penting Tetap Minta Maaf meski Kamu Gak Merasa Salah  Freepik/travnikovstudio

Namun, mungkin kamu berpikir bahwa kalau meminta maaf, itu artinya kamu mengakui bahwa dirimu salah dan orang lain yang benar. Padahal, dalam beberapa hal, kita harus tetap berpegang pada prinsip yang kita yakini, misalnya keyakinan religius. Kalau kamu meminta maaf, apakah itu artinya kamu membuang keyakinanmu?  Jawabannya tidak.

Meminta maaf tidak selalu berarti mengaku salah. Kita hanya meminta maaf karena telah membuat orang tersebut tersakiti oleh sikap kita. Artinya, kamu bukan mengakui bahwa keyakinanmu salah, tapi sekadar mengakui bahwa sikapmu salah. Dengan demikian, kamu menjadi orang yang rendah hati tapi tetap berprinsip.

5. Untuk memulihkan perdamaian

5 Alasan Penting Tetap Minta Maaf meski Kamu Gak Merasa Salah  Freepik/rawpixel.com

Last but not least, kamu perlu meminta maaf untuk memulihkan perdamaian dengan orang lain. Pada awalnya, pasti kamu menikmati hubungan yang baik dengan orang tersebut. Namun, karena tindakan atau kata-katamu, hubungan tersebut jadi terancam rusak. Nah, meminta maaf bisa mencegah hal itu terjadi.

Jangan biarkan gengsi mencegahmu untuk memperbaiki hubungan. Percayalah, perdamaian dengan orang lain jauh lebih penting daripada gengsi. Suatu saat, mungkin kamu akan butuh bantuan dari orang itu. Kalau dia jadi gak mau bantu karena saat ini, kamu terlalu memikirkan gengsi. Pada akhirnya, kamu sendiri yang rugi, kan?

Jelaslah, kita perlu meminta maaf jika telah membuat orang lain tersakiti, bahkan meskipun tidak merasa salah. Jika rela melakukannya, pasti kamu sendiri bakal merasakan manfaatnya.

Baca Juga: 5 Hal Baik yang Terjadi Saat Gak Gengsi Minta Maaf Duluan ke Pasangan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya