Comscore Tracker

Penting, 5 Hal Ini Harus Kamu Ingat Saat Meminta Maaf 

Jangan asal minta maaf 

Sebagai manusia tak sempurna. Kita semua pasti pernah berbuat salah pada orang lain. Saat itu terjadi, hal yang seharusnya kita lakukan tentu meminta maaf. Meminta maaf dengan tulus bisa membantu memperbaiki hubungan dengan orang lain dan kembali berdamai dengannya.

Namun, tentu kamu sadar bahwa situasinya gak selalu sesimpel itu. Kata maaf bukanlah semacam mantra yang jika diucapkan bisa langsung menghapus kesalahan. Makanya, jika kamu benar-benar berniat memperbaiki relasi dengan orang lain, ingatlah lima hal penting ini pada saat meminta maaf.

1. Kadang, minta maaf saja gak cukup

Penting, 5 Hal Ini Harus Kamu Ingat Saat Meminta Maaf freepik/freepik

Meminta maaf memang sangat penting. Namun, kadang meminta maaf saja gak cukup, terutama jika kesalahan yang kamu lakukan terbilang besar dan sangat merugikan orang lain. Makanya, untuk membuktikan bahwa kamu benar-benar mau memperbaiki keadaan, mungkin ada hal lain yang perlu kamu lakukan.

Kamu gak sengaja menjatuhkan HP temanmu hingga rusak, misalnya, tentu kamu akan meminta maaf. Namun, permintaan maafmu gak akan otomatis membuat HP miliknya kembali seperti semula, bukan? Temanmu mungkin jadi menderita karena HP miliknya rusak, apalagi kalau ia sedang gak punya uang untuk memperbaikinya.

Jelas, yang perlu kamu lakukan adalah berusaha mengganti kerugiannya. Kamu memang jadi harus keluar uang, tapi itu adil karena memang kamulah yang bersalah. Jika kamu mau bertanggung jawab dan tidak sekadar minta maaf, orang lain pasti akan dengan senang hati memaafkanmu.

2. Namun, meminta maaf tetap perlu

Penting, 5 Hal Ini Harus Kamu Ingat Saat Meminta Maaf freepik/katemangostar

Jangan berpikir bahwa kamu gak perlu minta maaf kalau sudah bertanggung jawab mengganti kerugian orang lain. Tindakan memang penting, tapi ucapan gak kalah penting. Meski sudah bertindak untuk memperbaiki kesalahanmu, kamu tetap perlu minta maaf.

Temanmu berutang padamu, misalnya, tapi ia selalu lupa melunasinya hingga membuatmu menderita. Lalu, akhirnya ia membayar utangnya padamu, tapi tanpa meminta maaf seolah gak salah apa-apa. Bagaimana perasaanmu? Pasti kesal, kan?

Itu adalah bukti bahwa tindakan untuk memperbaiki kesalahan tetap harus disertai permintaan maaf. Makanya, jangan lupakan salah satunya karena meminta maaf dan memperbaiki kesalahan sama-sama penting dilakukan.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memaafkan Kesalahan Pasangan

3. Kadang memberi maaf itu butuh waktu

Penting, 5 Hal Ini Harus Kamu Ingat Saat Meminta Maaf freepik/gorynvd

Saat meminta maaf, kita pasti berharap segera dimaafkan supaya hubungan bisa segera pulih. Namun, ingat bahwa kadang hal itu gak mudah. Orang yang kamu mintai maaf mungkin gak langsung memaafkanmu. Bisa jadi bukan karena ia dendam, tapi hanya butuh waktu untuk memaafkan.

Sadari bahwa memberi maaf itu kadang sangat sulit, terutama kalau ia benar-benar tersakiti oleh perbuatanmu. Jika itu terjadi, pahamilah dan jangan menuntutnya untuk segera memberi maaf. Kamu juga gak berhak menghakiminya sebagai orang yang gak pemaaf. Ingat, kamulah yang berbuat salah. Harusnya, kamu tahu diri.

4. Untuk mengembalikan hubungan seperti semula pun butuh waktu 

Penting, 5 Hal Ini Harus Kamu Ingat Saat Meminta Maaf pexels/thiszun

Selain memberi maaf, menghapuskan rasa kesal juga butuh waktu. Mungkin orang lain sudah memaafkanmu, tapi ia masih sulit membuang rasa kesalnya sehingga hubungan kalian gak langsung pulih. Pahami juga itu dan jangan menuntutnya untuk segera bersikap seperti dulu.

Bahkan, setelah rasa kesalnya hilang, bisa jadi ia masih merasa canggung saat berurusan denganmu. Lagi-lagi, kesabaran sangat penting. Kalau kamu rela bersabar, pasti kamu bisa menikmati hubungan yang harmonis lagi dengannya seperti sedia kala.

5. Yang terbaik adalah menjaga sikap supaya gak sampai menyakiti 

Penting, 5 Hal Ini Harus Kamu Ingat Saat Meminta Maaf freepik/yanalya

Menyakiti orang lain memang manusiawi karena tidak ada orang yang sempurna. Kamu pun gak perlu khawatir jika telah menyakiti karena kamu bisa meminta maaf. Namun, tentu saja pilihan terbaik adalah menjaga sikap dan perbuatan supaya jangan sampai menyakiti orang lain.

Makanya, jangan pernah bersikap atau berkata sembarangan dengan pikiran bahwa "Ah, kalo salah kan tinggal minta maaf." Kalau sikapmu seperti itu, bisa jadi orang yang tersakiti malah gak mau memaafkanmu.

Ada perbedaan besar antara menyakiti karena gak sengaja dengan menyakiti karena gak menjaga sikap. Kalau kamu menyakiti karena memang gak menjaga sikap, orang lain mungkin bisa melihat itu sehingga ia jadi ogah memaafkanmu. Supaya itu gak terjadi, lebih baik mencegah supaya kamu gak menyakiti orang lain.

Itulah lima hal penting yang perlu kamu ingat saat meminta maaf. Dengan mengingatnya, semoga kamu bisa memulihkan hubungan dengan orang yang telah kamu sakiti.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Ingat Sebelum Memaafkan Orang Lain

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya