Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Mantan Ngajak Balikan

Jangan buru-buru memutuskan

Sebagai manusia gak sempurna, adakalanya usaha yang kita jalani ternyata hasilnya gak sesuai harapan. Misalnya dalam menjalin hubungan asmara. Putus hubungan bisa terjadi meski sudah berusaha dihindari. Tapi setelah itu, terkadang bisa muncul kesempatan untuk memulai semuanya dari awal lagi.

Ya, setelah putus hubungan, bisa jadi mantan tiba-tiba mencoba mendekatimu lagi dan mengajak balikan. Terima atau tolak nih? Eits, sebelum sampai ke sana, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan dulu saat mantan mengungkapkan niatnya untuk balikan denganmu. Apa saja itu? Ini dia 5 di antaranya.

1. Cari tahu keseriusan dirinya 

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Mantan Ngajak BalikanFreepik/beststudio

Saat ada orang yang menyatakan cinta padamu untuk pertama kali, kamu tentu harus cari tahu dulu seberapa serius dirinya. Nah, apalagi saat mantan mengajak balikan, hal itu lebih penting lagi kamu lakukan.

Kenapa? Karena kalian sudah pernah menjalin hubungan dan gagal. Kalau ingin mencoba lagi, tentu kali ini harus lebih serius supaya kegagalan itu gak terulang. Jadi kalau gelagat mantan sudah menunjukkan bahwa dia gak benar-benar serius, mungkin lebih baik kamu gak mengiyakan ajakannya.

2. Pastikan perasaanmu padanya 

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Mantan Ngajak Balikanpexels/chinmay singh

Putus hubungan bisa meninggalkan banyak emosi negatif di benakmu. Misalnya rasa sakit hati, trauma, atau bahkan dendam. Terutama kalau kamu merasa putusnya hubungan itu karena kesalahan di pihak mantanmu.

Maka meskipun kamu sudah yakin bahwa mantan memang serius ingin balikan, kamu harus memastikan perasaanmu juga. Apakah semua perasaan negatif itu sudah hilang? Kalau masih sulit, lebih baik jangan paksakan karena itu malah bisa menyiksa dirimu sendiri nantinya.

3. Lakukan PDKT lagi 

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Mantan Ngajak Balikanfreepik/drobotdean

Lalu bagaimana kalau kamu sendiri memang sudah tidak merasakan perasaan negatif lagi pada mantan, bahkan masih punya perasaan padanya? Jangan terburu-buru memutuskan untuk langsung balikan. Coba lakukan PDKT alias pendekatan lagi.

"Tapi kan aku sudah kenal baik dirinya." Ya, betul. Tapi setelah putus, kalian tentu sudah gak menghabiskan waktu intens seperti dulu lagi. Ada beberapa hal tentang dirinya yang pasti sudah berubah, dan itu perlu kamu ketahui dulu untuk memastikan apakah balikan adalah ide yang bagus.

Plus, alasan terpenting kamu perlu melakukan PDKT lagi untuk mencari tahu apakah kepribadiannya sudah berubah jadi lebih baik dibanding dulu. Itu yang akan jadi penentu utama keputusanmu nantinya, apakah akan balikan atau tidak.

Baca Juga: 5 Trik Hapus Rasa Ingin Balikan pada Mantan yang Telah Menyakitimu

4. Bicarakan penyebab putus dulu dan cari solusinya 

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Mantan Ngajak Balikanelcrema.com

Putus hubungan biasanya disebabkan karena ada masalah, entah di pihakmu, pihaknya, atau pihak kalian berdua. Mungkin kalian dulu sempat membicarakan soal masalah tersebut tapi akhirnya gagal dapat solusinya sehingga harus putus. Nah, kalau kalian ingin balikan, tentu masalah tersebut harus ditemukan dulu solusinya.

Maka jangan ragu untuk membahas kembali penyebab putus dulu. Tujuannya bukan untuk mengungkit-ungkit atau saling menyalahkan, tapi untuk mencari solusinya supaya gak terulang kembali. Kalau kamu gak lakukan, bisa jadi masalah tersebut akan muncul kembali dan kalian pun jadi harus putus lagi.

5. Jangan bohongi perasaanmu 

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Mantan Ngajak Balikanwebstartadvisor.com

Tapi gimana kalau setelah semua langkah tersebut, kamu masih tetap ragu untuk balikan dengan mantan? Jangan bohongi perasaanmu. Jangan berpura-pura bahwa semuanya baik-baik saja padahal hatimu jelas merasa gak nyaman.

Beranikan diri untuk tegas menolak balikan kalau kamu memang gak bisa. Mantanmu bukan satu-satunya orang yang bisa mencintaimu kok. Daripada menjalani hubungan yang gak bikin bahagia, lebih baik mundur dan cari orang lain yang benar-benar tepat untukmu.

Itulah 5 hal yang perlu kamu lakukan jika mantan mengajak balikan. Ingat, keputusan untuk balikan atau tidak adalah keputusan yang besar, maka pastikan kamu menyikapinya dengan serius demi kebahagiaanmu sendiri.

Baca Juga: 5 Tanda Mantan Gak Benar-benar Tulus Ajak Balikan, Pikirin Lagi deh!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya