Comscore Tracker

Bikin Kecewa Sendiri, Ini 5 Harapan Gak Realistis dalam Hubungan 

Kadang yang bikin sakit adalah harapan kita sendiri 

Sebuah hubungan asmara pasti dilandasi oleh harapan yang baik, misalnya harapan untuk selalu langgeng dan bahagia. Kalau kamu punya pasangan, pasti kamu juga punya harapan semacam itu. Kamu dan pasangan pun pasti terus berupaya agar harapan tersebut bisa terwujud.

Namun, jangan lupa bahwa harapan yang kita miliki harus realistis. Harapan yang gak realistis sangat sulit bahkan mustahil terwujud sehingga akhirnya kita pun jadi kecewa sendiri karena punya harapan tersebut. Dalam hubungan, hindarilah harapan yang gak realistis supaya kamu bisa bahagia. Ini lima contoh harapan semacam itu.

1. Berharap tidak pernah disakiti pasangan 

Bikin Kecewa Sendiri, Ini 5 Harapan Gak Realistis dalam Hubungan Freepik/boggy

Ini adalah harapan yang sangat mustahil terwujud. Gak ada manusia yang sempurna dan gak ada manusia yang bisa menjaga dirinya untuk gak pernah menyakiti orang lain. Sebaik apa pun pasanganmu, dia pasti pernah menyakitimu, baik melalui perbuatan maupun kata-kata.

Jika kamu punya harapan semacam ini, bisa dipastikan kamu akan kecewa karena harapanmu gak terwujud. Belajarlah menerima kenyataan bahwa saling menyakiti dalam hubungan adalah hal yang wajar. Yang bisa kalian lakukan adalah berusaha meminimalkan hal itu, bukan menghindarinya sama sekali.

2. Berharap pasangan selalu peka 

Bikin Kecewa Sendiri, Ini 5 Harapan Gak Realistis dalam Hubungan freepik/wavebreakmedia_micro

Memiliki pasangan yang peka adalah dambaan setiap orang. Jika pasangan sangat mengerti dirimu, dia bisa langsung paham apa yang sedang kamu rasakan meskipun kamu gak bilang. Tentu asyik banget ya kalau pasanganmu seperti itu, terutama kalau kamu lagi bad mood atau sedih.

Namun, berharap pasangan bisa selalu peka bukanlah harapan yang realistis. Meskipun ia sangat mengerti dirimu, tentu ada kalanya dia bisa kesulitan memahami apa yang kamu pikirkan atau rasakan.

Tidak ada orang yang bisa membaca pikiran. Makanya, berharap dia selalu peka justru bisa membebani dirinya. Pasti kamu gak mau kan kalau ia terbebani seperti itu, kan?

Baca Juga: 5 Alasan Orangtua Belum Mendukung Hubunganmu dengan Pasangan

3. Berharap pasangan selalu ada untukmu 

Bikin Kecewa Sendiri, Ini 5 Harapan Gak Realistis dalam Hubungan pexels/Ekaterina Bolovtsova

Memiliki pasangan yang selalu ada untukmu juga pasti sangat menyenangkan. Namun, itu pun gak realistis di dunia yang serbasibuk ini. Urusan pekerjaan tentu harus ia perhatikan, begitu pula dengan keluarga, teman-teman, serta kesehatannya sendiri. Makanya, belajarlah untuk lebih mandiri dan gak terlalu bergantung pada pasangan.

4. Berharap gak pernah merasa bosan dalam hubungan 

Bikin Kecewa Sendiri, Ini 5 Harapan Gak Realistis dalam Hubungan freepik/user14159562

Menjalin hubungan asmara tentu identik dengan kesenangan. Terutama kalau kamu dan pasangan baru saja memulai hubungan, pasti perasaan berbunga-bunga sedang sangat terasa. Rasanya seolah mustahil kamu atau dia bisa merasa bosan terhadap hubungan yang sangat indah itu.

Namun faktanya, kebosanan adalah hal yang sangat wajar terjadi dalam hubungan. Cepat atau lambat, perasaan bosan bisa menghampiri meskipun kalian benar-benar saling sayang.

Makanya, berharap untuk gak pernah bosan dalam hubungan tentu gak realistis. Lebih baik berharap dan berupaya supaya kalian bisa mengatasi saat kebosanan itu muncul.

5. Berharap pasanganmu bisa jadi seperti orang lain  

Bikin Kecewa Sendiri, Ini 5 Harapan Gak Realistis dalam Hubungan pexels/trinity kubassek

Setiap orang pasti punya kriteria tersendiri soal ciri-ciri "pasangan ideal" baginya. Namun, bisa jadi, kamu gak menemukan beberapa ciri tersebut pada diri pasanganmu, tapi justru pada diri orang lain. Kamu pun jadi berharap pasanganmu bisa berubah menjadi seperti orang tersebut. Apakah harapan seperti itu realistis?

Sebenarnya tidak. Tentu saja pasanganmu bisa berubah menjadi lebih baik, tapi mengharapkannya menjadi seperti orang lain sebenarnya gak adil. Setiap orang punya kepribadian yang berbeda-beda dan beda gak berarti salah.

Kalau pasanganmu bukan tipe yang romantis, misalnya, gak perlu mengharapkannya jadi romantis seperti orang lain. Menjadi orang yang gak romantis itu bukan dosa kok. Cobalah terima pasanganmu apa adanya dan jangan mengharapkannya berubah jadi seperti orang lain karena itu bisa membuatmu kecewa sendiri.

Itulah lima harapan gak realistis dalam hubungan yang bisa bikin kamu kecewa sendiri. Ingat, terkadang yang membuat kita kecewa bukan orang lain, tapi harapan kita sendiri yang gak realistis. Makanya, singkirkan harapan semacam itu supaya hubunganmu bisa bahagia.

Baca Juga: 5 Cara Terbaik Menghadapi Pasangan yang Memiliki Gangguan Bipolar

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya