Comscore Tracker

5 Manfaat Bergaul dengan Lansia, Kamu Gak Akan Menyesal, deh!

Mereka senang, kamu pun dapat manfaat

Dalam bergaul, kamu tentu setuju bahwa usia tidak seharusnya jadi penghalang. Kamu bisa bergaul dengan siapa pun, tidak masalah usianya. Mereka yang jauh lebih muda atau jauh lebih tua pun bisa diajak bergaul, yang penting orangnya baik.

Kemungkinan besar, kamu juga sering bergaul dengan orang yang lebih tua darimu. Namun, bagaimana dengan lansia alias mereka yang sudah lanjut usia? Mungkin kamu ragu karena takut gak akrab atau gak mau dibuat repot oleh mereka.

Namun, jangan salah, bergaul dengan lansia punya banyak manfaat, lho. Entah dengan kakek nenekmu sendiri atau lansia lain, lima manfaat ini akan kamu dapat kalau bergaul dengan mereka.

1. Kamu bisa banyak belajar dari pengalaman mereka

5 Manfaat Bergaul dengan Lansia, Kamu Gak Akan Menyesal, deh!freepik/jcomp

Salah satu manfaat terbesar dari bergaul dengan orang yang lebih tua ialah kita bisa belajar dari pengalaman mereka. Nah, seorang lansia pastinya punya pengalaman hidup yang sangat banyak. Kamu bisa belajar darinya.

Pengalaman hidup seorang lansia bisa mengajarkanmu soal cara menjalani kehidupan dengan baik supaya gak menyesal pada masa tua. Kamu juga bisa belajar caranya menyelesaikan berbagai masalah dalam hidupmu.

Gak sekadar teori, belajar dari lansia artinya kamu belajar dari si pelaku langsung. Jadi, sudah pasti ilmu yang kamu dapat valid dan bisa dipercaya!

2. Kamu juga bisa dapat banyak pengetahuan baru

5 Manfaat Bergaul dengan Lansia, Kamu Gak Akan Menyesal, deh!freepik/ollyy

Sebagai generasi muda, mungkin kamu merasa punya pengetahuan yang sangat banyak. Tidak seperti generasi terdahulu, saat ini, kamu punya akses pengetahuan yang gak terbatas. Namun, bukan berarti pengetahuanmu pasti lebih banyak daripada mereka.

Soal kehidupan keluarga, misalnya, tentu seorang lansia punya pengetahuan lebih banyak daripada kamu. Tentang kesehatan pun, lansia kemungkinan punya lebih banyak ilmu karena selalu berupaya menjaga kesehatannya. Selain itu, masih banyak lagi pengetahuan penting yang bisa kamu dapat dari mereka.

Baca Juga: 5 Manfaat Sosialisasi bagi Kamu yang Kekurangan Motivasi Bergaul 

3. Kamu dapat teman bergaul yang lembut dan ramah

5 Manfaat Bergaul dengan Lansia, Kamu Gak Akan Menyesal, deh!freepik/prostooleh

Kalau kamu pernah berbicara dengan lansia, kamu pasti sadar bahwa sering kali mereka jauh lebih ramah dan lembut daripada orang muda. Kalau kamu lelah bergaul dengan orang-orang yang kasar dan egois di sekitarmu, kenapa gak coba bergaul dengan lansia? Pasti lebih menyenangkan mendapat teman bergaul yang sifatnya jauh lebih baik.

4. Kamu bahagia karena bisa membantu mereka

5 Manfaat Bergaul dengan Lansia, Kamu Gak Akan Menyesal, deh!freepik/taras.nagirnyak

Harus diakui, bergaul dengan lansia kadang menuntut pengorbanan. Itu karena lansia punya banyak kebutuhan khusus dan harus sering dibantu untuk melakukan banyak hal. Namun, jangan anggap itu sebagai hal buruk. Sebaliknya, itu justru bermanfaat buatmu.

Pernah dengar ungkapan "lebih bahagia memberi daripada menerima"? Ya, dengan membantu lansia melakukan hal-hal tertentu, bukan hanya mereka yang senang, tapi juga kamu. Kebahagiaan yang kamu dapat karena telah memberi itu jauh lebih besar dan lebih bertahan lama daripada ketika mendapat sesuatu, lho!

5. Membantumu melatih kesabaran dan empati

5 Manfaat Bergaul dengan Lansia, Kamu Gak Akan Menyesal, deh!freepik/freepik

Bergaul dengan lansia juga sering kali menuntutmu untuk bersabar. Ada lansia yang sudah tidak bisa berbicara cepat, ada lansia yang pendengarannya sudah jauh berkurang, dan ada lansia yang sudah pikun sehingga sulit berkomunikasi. Semua itu membuatmu harus bersabar ketika berurusan dengan mereka.

Namun, sekali lagi, itu bukan hal yang buruk, tapi justru bagus. Kamu tentu setuju bahwa kesabaran itu harus dilatih, bukan? Begitu pula dengan empati, kamu bisa memahami keadaan mereka yang sulit. Jika kamu punya kesabaran dan empati, dijamin banyak orang akan senang bergaul denganmu. Akhirnya, kamu sendiri juga untung, kan?

Itulah lima manfaat nyata yang bisa kamu dapat dari bergaul dengan seorang lansia. Jangan ragu lagi, cobalah mulai bergaul dengan lansia yang kamu kenal dan dapatkan banyak manfaatnya!

Baca Juga: Berani Bergaul, Ini 5 Kelebihan Orang dengan Kepribadian Ekstrover

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya