Comscore Tracker

5 Manfaat Punya Teman Online, Bisa Lanjut ke Dunia Nyata, lho!

Namun, kamu tetap perlu hati-hati

Dalam pergaulan, kamu pasti setuju bahwa kita perlu berteman dengan sebanyak mungkin orang. "Seribu teman kurang, tapi satu musuh terlalu banyak" begitu kata ungkapan terkenal. Artinya, kita gak perlu ragu untuk menjalin pertemanan dengan siapa saja, asalkan orangnya memang baik.

Bagaimana dengan teman online? Keberadaan media sosial memang bisa membuat kita berteman dengan siapa pun secara online, bahkan termasuk orang-orang dari tempat yang sangat jauh.  Penting untuk berhati-hati, tapi kamu gak perlu anti dengan pertemanan online. Kenapa? Ini dia lima contoh manfaat yang bisa kamu dapatkan.

1. Memperluas pergaulan

5 Manfaat Punya Teman Online, Bisa Lanjut ke Dunia Nyata, lho!pexels/Adrienn

Melalui media sosial, kamu bisa menjalin pertemanan dengan orang dari berbagai latar belakang, usia, kepribadian, dan sebagainya. Jika hanya mau mengandalkan pertemanan dengan orang di sekitarmu, mungkin kamu hanya akan bertemu orang-orang yang karakternya itu-itu saja. Namun, di dunia maya, kemungkinannya jauh lebih luas.

Itu merupakan sesuatu yang bagus karena artinya pergaulanmu jadi meluas dengan orang yang lebih muda, tua, dan dengan latar belakang yang selama ini gak pernah kamu temui di dunia nyata. Pasti asyik punya teman yang sangat beragam seperti itu!

2. Menambah ilmu

5 Manfaat Punya Teman Online, Bisa Lanjut ke Dunia Nyata, lho!pexels/Adrienn

Luasnya pergaulan juga akan berpengaruh pada ilmu pengetahuan yang kamu miliki, misalnya kamu berkenalan dan berteman dengan seseorang dari Amerika. Kamu bisa mendapat banyak pengetahuan soal kehidupan di sana, sekaligus juga latihan bagimu untuk berbahasa Inggris.

Buat kamu yang masih kuliah, bertemanlah dengan orang yang sudah lulus kuliah dan bekerja. Kamu bisa belajar banyak soal kehidupan perkuliahan dan dunia kerja dari dirinya. Semua pengetahuan itu pasti sangat membantu dirimu ke depannya!

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Sudah Punya Pertemanan yang Berkualitas

3. Lebih nyaman jadi diri sendiri

5 Manfaat Punya Teman Online, Bisa Lanjut ke Dunia Nyata, lho!pexels/bruce mars

Kadang, saat di dunia maya, kita justru bisa lebih nyaman jadi diri sendiri daripada di dunia nyata, terutama jika kamu orang yang cenderung pemalu. Mungkin, kamu sering gugup saat ngobrol dengan temanmu secara langsung. Namun, di dunia maya, kamu bisa lebih nyaman menunjukkan dirimu yang sebenarnya.

Ada pula yang sulit menjadi diri sendiri di dunia nyata karena belum menemukan teman yang benar-benar cocok dengannya. Nah, di dunia maya, pergaulanmu jadi gak terbatas. Makanya, kemungkinan besar kamu akan bisa menemukan orang yang benar-benar cocok denganmu.

4. Konflik lebih sedikit

5 Manfaat Punya Teman Online, Bisa Lanjut ke Dunia Nyata, lho!pexels/mentatdgt

Pertemanan online juga biasanya lebih minim konflik, terutama kalau kamu berteman dengan orang yang berbeda usia dan latar belakang. Tidak akan ada perasaan ingin bersaing atau iri dengan pencapaian temanmu karena kamu tahu toh kalian memang punya kondisi yang jauh berbeda.

Lain halnya dengan pertemanan dunia nyata, yang kerap diwarnai iri hati, cemburu, rebutan gebetan, dan sebagainya. Sementara di dunia maya, hal-hal semacam itu biasanya sangat jarang terjadi. Konflik pun lebih sedikit dan pertemanan bisa lebih awet.

5. Bisa jadi teman di dunia nyata

5 Manfaat Punya Teman Online, Bisa Lanjut ke Dunia Nyata, lho!pexels/Artem Beliaikin

Teman online biasanya hanya menjalin hubungan secara online tanpa bertemu langsung. Namun, gak menutup kemungkinan, kalian bisa bertemu. Dari pertemuan itu, kalian bisa lanjut jadi teman di dunia nyata. Bahkan, gak jarang ada yang akhirnya jadian dan menikah berkat pertemanan online, lho!

Namun, sekali lagi, pertemanan online memang punya risiko yang cukup besar. Makanya, kamu perlu ekstra hati-hati jika ingin bertemu langsung dengan teman online. Jangan bertemu kalau kamu belum yakin ia orang yang baik dan jangan menemui dia sendirian. Ajaklah teman atau saudara.

Pertemanan online perlu kamu sikapi dengan bijak supaya terhindar dari bahaya. Namun, jangan anggap pertemanan online sebagai sesuatu yang pasti buruk. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat dari pertemanan online. Jadi, kamu tertarik untuk mencoba?

Baca Juga: Ini 5 Tandanya Kamu Tidak Sadar Terjebak dengan Pertemanan Toksik!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya