Comscore Tracker

5 Kerugian Memiliki Pasangan Bucin, Sama-Sama Gak Berkembang

Yang rugi bukan hanya dia, tapi juga kamu

Apakah kamu seorang bucin? Bucin alias budak cinta biasanya memiliki citra negatif. Itu karena seorang bucin umumnya akan melakukan segalanya demi cintanya pada seseorang, bahkan meskipun hal itu menyiksa dirinya sendiri. Maka jika kamu bukan seorang bucin, kamu patut bersyukur.

Tapi bagaimana kalau kamu memiliki pasangan yang adalah seorang bucin? Kamu tentu perlu membantunya berubah menjadi lebih seimbang dalam memandang cinta. Hal itu penting karena kalau ia tetap menjadi seorang bucin, bukan hanya dirinya yang rugi, tapi juga kamu. Apa saja kerugian yang bisa kamu alami? Ini dia lima di antaranya.

1. Kamu repot karena ia terlalu bergantung padamu 

5 Kerugian Memiliki Pasangan Bucin, Sama-Sama Gak Berkembangunsplash/ Matheus Ferrero

Karena diperbudak oleh cintanya, seorang bucin biasanya akan sangat tergantung pada pasangan. Ia akan merasa hampa dan sulit bahagia tanpa pasangannya, maka ia akan melakukan segala cara supaya bisa terus dekat dengan pasangannya. Kalau pasanganmu seorang bucin, kemungkinan besar hal itu akan terjadi juga padanya.

Hal itu jelas merugikan dirinya, karena ia jadi sulit mendapat kebahagiaan kalau tidak sedang bersamamu. Kamu sendiri pun jelas rugi, karena kamu jadi harus mencurahkan sebagian besar perhatian dan waktumu untuknya supaya dia bahagia. Padahal kamu sendiri tentu punya banyak urusan lain yang gak kalah penting. Jadi repot sendiri, bukan?

2. Kamu gak berkembang karena ia selalu memandangmu sempurna 

5 Kerugian Memiliki Pasangan Bucin, Sama-Sama Gak Berkembangpexels.com/marcelo chagas

Diperbudak cinta juga bisa membuat seseorang buta terhadap kekurangan pasangan. Ia seolah memandang pasangannya sempurna, dan semua kekurangannya pun ia abaikan begitu saja. Padahal setiap orang pasti punya kekurangan yang harus diperbaiki supaya bisa berkembang jadi orang yang lebih baik.

Karena itulah, memiliki pasangan bucin justru bisa merugikan dirimu. Pasanganmu buta terhadap kekuranganmu sehingga ia gak akan menegurmu. Akhirnya bisa jadi kamu gak menyadari kekurangan tersebut dan gak memperbaikinya. Kesimpulannya, memiliki pasangan yang bucin merugikanmu karena kamu jadi sulit berkembang.

Baca Juga: Terkenal Bucin, 5 Zodiak Ini Rela Melakukan Segalanya Saat Jatuh Cinta

3. Kamu mendapat pasangan yang tidak berkembang 

5 Kerugian Memiliki Pasangan Bucin, Sama-Sama Gak Berkembangpexels.com/joy marino

Bukan hanya kamu, sifat bucin pasangan tentu bisa membuat dirinya sendiri gak berkembang. Dia terlalu sibuk mencurahkan perhatian pada hubungan asmara kalian sehingga gak punya waktu untuk mengembangkan dirinya sendiri. Itu jelas merugikan, bukan hanya bagi dirinya sendiri tapi juga bagimu.

Kenapa? Karena kamu pasti tidak ingin punya pasangan yang tidak berkembang. Dalam menjalin hubungan asmara, kamu dan pasangan harusnya sama-sama bertumbuh jadi lebih baik, bukan tetap seperti dulu tanpa ada kemajuan. Jangan sampai itu terjadi pada hubungan kalian.

4. Kamu mungkin akan dituntut untuk jadi bucin juga 

5 Kerugian Memiliki Pasangan Bucin, Sama-Sama Gak Berkembangpexels.com/ketut subiyanto

Seorang bucin mencurahkan begitu banyak waktu dan perhatian pada hubungan karena cintanya padamu begitu besar. Memang, memiliki rasa cinta yang besar itu tidak salah, malah justru bagus. Tapi kalau cara mengungkapkannya salah, itu malah bisa merugikan. Celakanya, seorang bucin mungkin gak sadar bahwa perilakunya itu sudah berlebihan.

Akhirnya, bisa jadi ia merasa bahwa kamu seharusnya juga mengungkapkan cintamu dengan cara yang sama. Ia pun akan menuntutmu untuk mencurahkan begitu banyak waktu dan perhatian, sama seperti dirinya. Jangan sampai kamu tergoda untuk menurutinya, karena sesuatu yang berlebihan akan tetap salah meskipun dilakukan atas nama cinta.

5. Kamu bisa mudah bosan 

5 Kerugian Memiliki Pasangan Bucin, Sama-Sama Gak Berkembangpexels.com/Ubeyde ORAL

Last but not least, tahukah kamu bahwa memiliki pasangan bucin bisa membuatmu gampang bosan? Salah satu alasannya adalah karena seolah tidak ada tantangan dalam hubungan kalian. Ia selalu mengalah padamu karena gak mau bertengkar. Ia juga gak mau menegur kesalahanmu karena takut kamu marah. Intinya, ia rela melakukan apa pun demi membuatmu senang.

Sekilas, hubungan yang seperti itu memang enak karena minim konflik. Tapi sebenarnya hubungan yang minim konflik justru membosankan, lho. Lagi pula, cepat atau lambat kamu pasti akan merasa gak nyaman melihatnya mengalah terus. Kebahagiaan terbesar kadang bisa didapat justru dengan berkorban, bukan terus-terusan melihat pasangan mengalah.

Selain itu, seorang bucin biasanya hanya berfokus pada hubungannya dengan pasangan saja. Maka saat berkencan pun bisa jadi topik obrolannya hanya soal hubungan kalian. Tidak ada pembahasan soal topik lain yang lebih berbobot dan penting. Lama-kelamaan pasti hal itu juga akan membuatmu bosan, lho.

Sebagai kesimpulan, sikap bucin memang sangat merugikan, baik bagi si bucin itu sendiri maupun pasangannya. Maka kalau kamu memiliki pasangan bucin, kamu perlu mendorongnya untuk berubah. Jangan sampai sikapnya itu membuat kamu dan dirinya dirugikan!

Baca Juga: 5 Kesalahan dalam Menerapkan Sikap Penurut sama Pasangan, Bucin Deh!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya