Comscore Tracker

Sebelum Menikah, Tanyakan Pandangan Pasanganmu Soal 5 Hal Penting Ini

Jangan sampai kamu menyesal nantinya

Saat menjalin hubungan dengan seseorang, kamu tentu tertarik untuk mengetahui sebanyak mungkin hal tentang dirinya. Misalnya latar belakangnya, cita-citanya, hal-hal yang ia suka, dan banyak lagi. Tapi jangan lupakan satu hal yang gak kalah penting: pandangan dia terhadap berbagai isu sosial yang terjadi.

Kenapa kamu harus tahu pandangan pasanganmu soal itu? Karena cepat atau lambat kamu pasti akan terpengaruh oleh cara dia memandang berbagai fenomena sosial di sekelilingnya. Apalagi kalau kamu berniat untuk menjalin hubungan serius dengannya sampai menikah. Maka jangan tunda, ajaklah pasanganmu ngobrol serius dan tanyakan pandangannya soal lima hal berikut ini.

1. Keberagaman manusia

Sebelum Menikah, Tanyakan Pandangan Pasanganmu Soal 5 Hal Penting IniFreepik/rawpixel.com

Keberagaman di antara manusia adalah hal yang wajar dan alami. Entah dalam hal fisik, ras, kebudayaan, agama, dan lain sebagainya, semuanya sah-sah saja dan tidak perlu dipermasalahkan. Setiap manusia harus belajar untuk menerima dan hidup berdampingan dengan berbagai perbedaan di sekelilingnya.

Tapi sayangnya, ada orang-orang yang justru memandang perbedaan sebagai hal yang salah. Mereka senang mengkritik habis-habisan orang yang berbeda dengannya, bahkan menekan dan mem-bully orang tersebut. Maka kamu perlu mencari tahu apakah pasanganmu punya pendapat serupa atau tidak.

Kalau ternyata ia adalah orang yang menghormati keberagaman, itu artinya ia berpotensi untuk jadi orang yang tepat buatmu. Tapi kalau ternyata tidak, hati-hati. Itu adalah tanda bahaya. Jangan sampai kamu akhirnya tersiksa karena pasanganmu sendiri gak mau menerima perbedaan yang kamu dan orang-orang terdekatmu miliki.

2. Kedudukan suami dan istri

Sebelum Menikah, Tanyakan Pandangan Pasanganmu Soal 5 Hal Penting IniFreepik/maksymfesenko

Entah kamu cowok atau cewek, kamu perlu tahu pandangan pasanganmu soal ini. Apakah ia menganggap bahwa laki-laki adalah makhluk yang kedudukannya pasti lebih tinggi dari wanita, sehingga istri harus selalu tunduk pada suami dalam situasi apapun?

Jangan salah, bukan hanya laki-laki, perempuan pun masih banyak yang punya pandangan demikian. Padahal itu adalah pandangan yang tidak sehat. Meskipun suami memang adalah kepala keluarga, tidak berarti ia berhak bertindak seenaknya pada istrinya. Istri pun gak harus selalu tunduk pada suaminya tanpa melihat situasi lho.

Maka jika ternyata pasanganmu punya pandangan yang salah itu, kamu perlu memberinya pemahaman yang benar. Jangan sampai ia di masa depan ia jadi suami yang otoriter atau istri yang selalu pasrah pada suami. Pernikahan hanya akan bahagia kalau suami istri menjadi partner yang setara, bukan menjalin hubungan layaknya atasan dan bawahan.

Baca Juga: Bukan Bisa Masak, Ini Lho 7 Persiapan Sebelum Kamu Berniat Menikah

3. Agama dan kemanusiaan

Sebelum Menikah, Tanyakan Pandangan Pasanganmu Soal 5 Hal Penting IniFreepik/rawpixel.com

Mengapa pandangan pasangan tentang topik ini juga penting kamu ketahui? Karena seringkali sulit untuk menyeimbangkan keduanya. Banyak orang yang terlalu fanatik pada agamanya sehingga justru bertindak tidak manusiawi kepada sesama manusia. Sebaliknya, ada pula orang yang terlalu mementingkan hubungan dengan orang lain hingga menjadi tidak teguh dalam beragama.

Pandangan seperti apa yang dimiliki pasanganmu? Semoga ia termasuk orang yang seimbang ya. Tapi jika ternyata ia terlalu condong ke salah satu ekstrem, maka kamu perlu membantu mengoreksinya. Taat beragama memang penting, tapi rasa kemanusiaan pun gak kalah penting. Jangan menjadi berat sebelah karena itu bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.

4. Perselingkuhan

Sebelum Menikah, Tanyakan Pandangan Pasanganmu Soal 5 Hal Penting IniFreepik/blanscape

Rasanya semua orang pasti setuju bahwa berselingkuh itu adalah tindakan yang buruk dan jahat. Hampir dipastikan pandangan dari pasanganmu pun seperti itu. Tapi kamu perlu tahu opininya soal siapa pihak yang patut disalahkan seandainya perselingkuhan terjadi. Apakah si pelaku atau si korban?

Banyak orang yang memiliki pendapat bahwa selain pelaku, korban pun perlu disalahkan ketika pasangannya selingkuh. Kamu perlu berhati-hati bila pasanganmu punya opini seperti itu. Bisa jadi dia adalah orang yang cenderung menyalahkan pihak lain ketika jelas-jelas dirinya lah yang telah berbuat salah.

Mungkinkah godaan berselingkuh muncul karena kelalaian korban? Bisa jadi ya, misalnya seseorang yang tergoda berselingkuh karena gak dapat perhatian dari pasangannya. Tapi sebenarnya hal itu pun gak bisa dijadikan alasan.

Kalau seseorang memang ingin mendapat perhatian dari orang lain, maka yang harusnya ia lakukan adalah memutuskan hubungan, baru mencari orang baru. Jika ia malah memilih untuk selingkuh, jelas itu adalah salahnya sendiri. Maka jika pasanganmu berpendapat bahwa perselingkuhan terjadi karena salah korban, kamu harus berhati-hati!

5. Pelecehan seksual

Sebelum Menikah, Tanyakan Pandangan Pasanganmu Soal 5 Hal Penting IniFreepik/patty-photo

Mirip dengan perselingkuhan, pelecehan seksual pun adalah sebuah topik sensitif yang kadang disikapi dengan salah. Bukannya menyalahkan pelaku, beberapa orang malah menganggap korban pelecehan seksual patut disalahkan. Mereka kerap menyalahkan pakaian atau tingkah laku korban, menyebut korban kurang hati-hati, dan sebagainya.

Sikap seperti itu jelas salah dan sangat menyakiti korban. Maka kamu perlu tahu apa pandangan pasanganmu soal kejadian seperti itu. Jangan-jangan ia termasuk orang yang malah menghujat korban pelecehan?

Jika ya, maka jelas ia adalah orang yang gak menghargai perasaan korban. Ia juga seolah mengamini bahwa seseorang "pantas" dilecehkan jika pakaian atau kelakuannya kurang sopan. Malah, jangan-jangan ia menganggap bahwa pelecehan seksual adalah hal yang wajar dan gak perlu dianggap serius?

Kalau pandangannya seperti itu, kamu perlu mempertimbangkan kembali kelanjutan hubunganmu dengannya. Orang yang memandang wajar pelecehan seksual adalah orang yang gak menghormati orang lain dan gak mampu mengendalikan hasrat seksualnya. Kamu pasti gak mau kan punya calon teman hidup seperti itu?

Itulah lima isu sosial penting yang perlu kamu bahas bersama pasangan untuk mengetahui pandangannya. Ingat, opini pasanganmu soal hal-hal itu sangat penting karena akan berpengaruh padamu dan hubungan kalian. Pastikan kamu mengetahui pandangannya soal itu supaya kamu bisa membuat keputusan yang tepat dan membawa kebahagiaan.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Hubungan Cintamu Jauh Lebih Monoton Setelah Menikah

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya