Comscore Tracker

Meski Sudah Kenal Lama, Ini 5 Alasan Pasangan Belum Ajak Kamu Menikah

Kamu harus tahu alasan di balik sikapnya

Setelah menjalin hubungan bertahun-tahun dan sudah kenal pribadi masing-masing, tentunya hal yang diharapkan adalah menikah. Namun, keinginan yang kamu impikan dari hubunganmu belum disambut baik oleh pasanganmu. Dia masih saja belum mengeluarkan ajakan untuk menikah denganmu. 

Hal itu tentunya menjadi beban pikiran bagimu, tentang apakah dia serius dan komitmen denganmu atau hanya sekadar mempermainkan saja? Nah daripada kamu penasaran, berikut adalah beberapa alasan mengapa dirinya masih belum mengajakmu menikah sampai detik ini juga. 

1. Masih belum yakin akan cinta yang kamu berikan untuknya

Meski Sudah Kenal Lama, Ini 5 Alasan Pasangan Belum Ajak Kamu Menikahunsplash.com/Roman Purtov

Jika pasanganmu sampai saat ini masih belum mengeluarkan ajakan untuk menikah, bisa dipastikan bahwa dirinya sedang memikirkan banyak hal. Salah satunya adalah masih memikirkan tentang cinta yang kamu beri untuknya, apakah cinta tersebut tulus atau hanya karena ada tujuan lain di baliknya? 

Namun, bukan hanya sekadar cinta saja. Sikap, pola pikir, isi otak dan bagaimana kamu memperlakukan dirinya pun dia teliti dari dirimu. 

2. Belum mapan secara finansial

Meski Sudah Kenal Lama, Ini 5 Alasan Pasangan Belum Ajak Kamu Menikahunsplash.com/Tim van der Kuip

Belum mapan secara finansial biasanya berlaku bagi pria, sebab posisi pria di dalam rumah tangga adalah kepala keluarga, yang mana dirinya harus memberikan nafkah pada istri dan anak-anaknya nanti. Oleh karena itu, dia akan terus menabung untuk biaya pernikahan, biaya sandang, pangan, dan papan dalam rumah tangga. 

Namun, tidak menutup kemungkinan wanita juga akan menolak untuk diajak menikah saat dirinya belum mapan secara finansial. Wanita juga memikirkan tentang hidupnya setelah menikah. Jika belum punya pekerjaan dan gaji yang mencukupi, maka dia akan mengurungkan niatnya untuk menikah. Kecuali jika memang sudah mapan, maka dia akan siap kapan pun. 

Baca Juga: Bukan Bisa Masak, Ini Lho 7 Persiapan Sebelum Kamu Berniat Menikah

3. Tak ada dukungan dari orangtua untuk menikah dalam waktu cepat

Meski Sudah Kenal Lama, Ini 5 Alasan Pasangan Belum Ajak Kamu Menikahpexels.com/Pressmaster

Faktor orangtua adalah salah satu hal yang membuatnya masih nyaman untuk berpacaran denganmu dan enggan untuk mengajak menikah. Orangtuanya masih berpikir bahwa anaknya masih kecil dan tidak akan siap untuk menikah.

Namun, jika kamu ingin cepat-cepat menikah dengannya, maka dekatilah keluarganya dan yakinkan orangtua dari pasanganmu karena restu itu didapat dari orangtua. Jika tak ada restu, kehidupan pernikahanmu tak akan bahagia. 

4. Lebih memikirkan karier impian daripada pernikahan

Meski Sudah Kenal Lama, Ini 5 Alasan Pasangan Belum Ajak Kamu Menikahunsplash.com/bruce mars

Perlu kamu ketahui, ada beberapa orang yang tidak terlalu menjadikan bahwa pernikahan adalah goals hubungan dan prioritas dan hidup. Bukan karena dia tak mencintaimu, tapi dia punya hal yang libur prioritas.

Salah satunya adalah karier yang harus dia raih sebelum menikah. Dengan dia memilih kariernya terlebih dahulu, maka dia akan lebih leluasa saat bekerja dibandingkan dengan setelah menikah. 

5. Punya pandangan negatif tentang pernikahan

Meski Sudah Kenal Lama, Ini 5 Alasan Pasangan Belum Ajak Kamu Menikahunsplash.com/Alvaro CvG

Ada pula seseorang yang memiliki pandangan yang negatif akan sebuah pernikahan. Biasanya hal ini terjadi saat dia punya masa lalu dari pernikahan orangtuanya.

Pernikahan orangtuanya yang tidak bahagia membuat dirinya tak akan percaya pada kebahagiaan dalam pernikahan. Baginya, jika dalam hubungan pacaran saja dia bisa bahagia bersamamu, lantas kenapa harus menikah cepat-cepat?

Namun, jika kamu benar-benar ingin menikah dengannya, maka yakinkanlah pasanganmu dan sembuhkan trauma serta perspektif yang negatif dalam memandang pernikahan. 

Itulah lima alasan yang membuat pasangan masih belum mengajakmu untuk menikah. Jangan berkecil hati dulu, pahami alasannya dan buat dirinya yakin akan cinta dan sebuah pernikahan. 

Baca Juga: 5 Nasihat Terbaik untuk Pasangan yang Baru Menikah, Bikin Langgeng! 

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya