Comscore Tracker

5 Cara Tulus Minta Maaf saat Ketahuan Bohong pada Pasangan

Turunkan egomu

Rasanya gemetar sekaligus takut saat kamu ketahuan telah berbohong pada pasangan. Pasangan yang mengetahuinya pun tampak kecewa dengan sikap dan tindakanmu ini, meskipun kamu sendiri melakukannya demi kebaikan dalam hubungan. 

Gak mudah bagi pasanganmu menerima ini semua, tapi sebagai pribadi yang dewasa cobalah untuk meminta maaf padanya secara tulus dengan melakukan beberapa cara di bawah ini. 

1. Berikan waktu terlebih dahulu agar emosi pasangan bisa tenang

5 Cara Tulus Minta Maaf saat Ketahuan Bohong pada Pasanganpexels.com/Ali Pazani

Pasangan yang baru saja tahu kalau kamu telah berbohong padanya pasti sangatlah marah dan kecewa padamu. Oleh karena itu, hindari meminta maaf padanya saat itu juga karena itu percuma saja.

Jika dilakukan akan ada pertengkaran antara kamu dan dia. Lebih baik, berikan dia waktu untuk meredam emosinya terlebih dahulu. Setelah itu, barulah kamu berbicara padanya dan meminta maaf secara langsung. 

2. Bertemulah dan kemudian minta maaf pada pasangan

5 Cara Tulus Minta Maaf saat Ketahuan Bohong pada Pasanganpexels.com/Tim Douglas

Jangan meminta maaf melalui pesan atau telepon, tapi minta maaflah secara langsung agar masalah kalian gak berlarut-larut. Ajak dia bertemu dan kemudian barulah kamu berbicara dari hati ke hati dengannya.

Gunakan bahagia yang lembut padanya agar dia gak tersinggung dan marah lagi padamu. Kamu yang bisa menekan intonasi bicaramu dapat membuat dia lebih mudah memaafkan dan menerima semua penjelasan yang kamu berikan. 

3. Akui semua kesalahanmu selama ini padanya

5 Cara Tulus Minta Maaf saat Ketahuan Bohong pada Pasanganpexels.com/William Fortunato

Jangan hanya minta maaf saja karena itu gak menyelesaikan masalahmu dengannya, tapi minta maaflah sembari mengakui semua kesalahan yang kamu lakukan padanya. Mengakui semuanya itu menunjukkan kalau kamu menghargai dia dan hubungan ini, tanpa harus berbohong dan akhirnya ketahuan lagi oleh pasangan. Jika dia memang menyayangimu, maka dia pasti akan memberikan maafnya selagi kamu memang benar-benar tulus meminta maaf dan gak mengulanginya lagi. 

Baca Juga: 5 Dampak Buruk yang Terjadi jika Kamu Sering Berbohong

4. Tunjukkan penyesalanmu dan ucapkan janji untuk gak mengulanginya

5 Cara Tulus Minta Maaf saat Ketahuan Bohong pada Pasanganunsplash.com/Etienne Boulanger

Minta maaflah sembari kamu menunjukkan penyesalan atas kesalahanmu padanya ini karena itu jauh lebih baik dari pada kamu hanya meminta maaf saja. Pasangan yang melihat penyesalan dari raut mukamu, pasti akan langsung memaafkanmu dan kamu juga harus berjanji untuk gak mengulanginya lagi. Sampaikan janjimu ini dan jika gak ditepati kamu harus ada jaminannya, seperti kamu pantas mendapatkan hukuman dari pasangan atau sebagainya. 

5. Jangan menyalahkan keadaan, apa lagi orang lain atas kesalahanmu

5 Cara Tulus Minta Maaf saat Ketahuan Bohong pada Pasanganpexels.com/Alana Darmel

Rasa egois pasti ada dalam dirimu, tapi ingat lagi kalau kesalahan ini adalah murni kamu lakukan. Jangan menyalahkan keadaan, apa lagi orang lain atas kesalahanmu sendiri.

Kamu harus bisa dewasa dan memperbaiki semua yang terjadi. Dengan begitu, kamu bisa memperbaiki dan mempertahankan hubungan agar gak hancur hanya karena kebohonganmu saja. 

Jika memang kamu ingin minta maaf secara tulus, maka lakukan lima cara di atas. Lakukan dengan berpikir dewasa juga, dijamin pasangan yang melihat ketulusan dan juga penyesalanmu ini akan memaafkanmu tanpa syarat. 

Baca Juga: 5 Penyebab Pasangan Kurang Perhatian, Bukan Karena Gak Sayang

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya