Comscore Tracker

5 Tindakan Kategori Menyiksa Diri Sendiri setelah Putus Cinta

Jangan dilakukan lagi deh! 

Setiap orang pasti menginginkan hubungan yang langgeng hingga ke tahap pernikahan, bahkan hingga tua nanti. Namun, ke depannya siapa yang akan sangka jika akan putus di tengah jalan dan menyiksakan luka? Hal tersebut tentulah sangat menyakitkan bagimu, bukan? 

Putus cinta itu normal dan hampir setiap orang merasakannya. Bersedih dan mengeluarkan emosi negatifmu boleh saja kamu lakukan, tapi jangan sampai menyiksa dirinya, seperti beberapa hal berikut ini. 

1. Mengurung diri dan malas beraktivitas

5 Tindakan Kategori Menyiksa Diri Sendiri setelah Putus Cintaunsplash.com/Yanal Tayyem

Setelah putus cinta dari orang terkasih, hidup rasanya benar-benar hampah. Tak ada lagi kekuatan dan semangat untuk hidup yang kamu rasakan. Efeknya kamu pun akan malas beraktivitas seperti biasanya. Mengurung diri di kamar adalah salah satu hal yang kamu lakukan. 

Namun, tahukah kamu bahwa mengurung diri dalam kamar dan membatasi dirimu sendiri untuk bertemu dengan orang lain justru hanya menyakiti dirimu sendiri. Bagaimana tidak? Dengan kamu berdiam diri dan enggan bertemu orang-orang, maka kamu akan semakin terpuruk dan tidak bisa mengetahui hal apa saja yang sedang terjadi di luar sana. Kamu bagai terkucilkan dari dunia, di mana kamu tidak akan tahu apa pun. 

2. Mogok makan

5 Tindakan Kategori Menyiksa Diri Sendiri setelah Putus Cintaunsplash.com/Travis Clem

Bersedih boleh saja, tapi jika kamu harus mogok makan dan hanya menangis sepanjang hari, tentunya akan membuat kesehatanmu semakin menurun. Asupan makanan dan gizi yang kurang lama kelamaan akan membuat dirimu sakit. Tubuhmu butuh asupan makanan untuk memberikan tenaga dan energinya. 

Bukan hanya tubuh yang akan sakit karena kamu mogok makan, imbasnya pun akan kamu rasakan pada mentalmu. Kamu akan semakin terpuruk dan merasa tidak berharga sama sekali. Agar hal tersebut tidak terjadi, maka bersedihlah secukupnya saja. Jangan menyiksa dirimu untuk tidak makan sama sekali. 

3. Selalu mendengarkan lagu-lagu galau

5 Tindakan Kategori Menyiksa Diri Sendiri setelah Putus Cintaunsplash.com/Alphacolor

Bagaimana kamu bisa move on, jika kamu saja masih mendengarkan musik dan lagu-lagu galau di setiap langkah dan aktivitasmu? Mendengarkannya hanya akan membuat hatimu tambah hancur. Kamu akan selalu saja ingat dengan kenangan yang pernah tercipta bersamanya dan menangis meratapi semua yang telah terjadi. 

Akan lebih baik, jika kamu mengubah daftar playlist lagumu dengan lagu-lagu semangat dan jauh dari lagu-lagu sedih. Alasannya, lagu yang jauh lebih ceria dan semangat mampu membuat mood yang kamu miliki cepat membaik sehingga kamu akan mudah menjalani hidup pasca berpisah darinya. 

Baca Juga: 5 Hikmah dari Putus Cinta Berkali-kali, Jangan Putus Asa!

4. Melampiaskan dengan membeli banyak barang

5 Tindakan Kategori Menyiksa Diri Sendiri setelah Putus Cintaunsplash.com/Freestocks

Rasa sakit hati dan sedih terkadang membuat seseorang ingin melampiaskan rasa marahnya. Salah satu bentuk melampiaskan amarah dan emosi yang tertahan biasanya akan kamu lakukan untuk membeli banyak barang yang kamu inginkan. Tak peduli uangmu habis atau tidak, yang terpenting bagimu adalah kamu bisa puas dengan melampiaskan emosimu. 

Sebenarnya berbelanja dengan alasan ingin melampiaskan emosi pasca putus dari pasangan bukanlah metode move on yang benar. Kamu mungkin bisa merasa puas, tapi kepuasan dan kebahagiaan yang kamu alami hanya bertahan hingga beberapa jam saja. Selebihnya, kamu akan menyesal telah menghabiskan seluruh uangmu hanya demi ego yang tidak dipikirkan secara panjang. 

5. Selalu tidak percaya pada lawan jenis yang mendekatimu

5 Tindakan Kategori Menyiksa Diri Sendiri setelah Putus Cintaunsplash.com/Charlie Foster

Sekali lagi, sakit hati itu wajar saja dirasakan. Namun, jika kamu terus menerus merasa membenci mantan pasanganmu bahkan menyamakan dirinya dengan lawan jenis lainnya, hal itu hanya akan menyiksa dirimu sendiri. Kamu akan semakin tertekan dan hatimu akan berselimutkan rasa benci.

Setiap orang itu memiliki perbedaan yang signifikan, tidak ada yang sama antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, kamu harus bersikap ikhlas dan menerima segala kejadian yang pernah kamu rasakan. 

Itulah lima tindakan menyiksa diri sendiri pasca putus dari pasanganmu. Bersedih boleh saja dilakukan agar hati dan pikiranmu bisa lebih lega. Namun, jika kamu menyiksa diri sendiri dengan melakukan kelimanya, kamu hanya bertindak bodoh saja. Sayangi dirimu sendiri, kamu berhak untuk bahagia meski tak bersamanya. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Unik Orang Setelah Putus Cinta, Apa Kamu Mengalaminya?

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya