Comscore Tracker

5 Alasan di Balik Diamnya Pasangan saat Membahas Pernikahan Denganmu

Dia punya alasan yang tak kamu tahu

Menikah dengan sosok yang terkasih adalah impian dari semua orang, termasuk kamu. Segala harapan kamu sematkan dalam hubungan agar bisa hidup bersama dengannya dalam waktu cepat ini. 

Namun, semua hanyalah angan-angan manakala kamu membahas pernikahan dengannya dan dia hanya diam seribu bahasa, seperti tak berniat menikah denganmu. Jangan dulu sedih dan menuduhnya yang tidak-tidak, mungkin dia punya beberapa hal yang disembunyikan darimu, seperti beberapa alasan berikut ini. 

1. Masih belum yakin denganmu, meski hubungan kalian sudah berusia cukup lama

5 Alasan di Balik Diamnya Pasangan saat Membahas Pernikahan Denganmuunsplash.com/Gabriel Silverio

Meski kamu dan dia menjalin hubungan pacaran yang sudah sangat lama sekali, tapi hal itu tidak menjamin dirinya bisa yakin sepenuhnya denganmu. Bukan karena tak mencintaimu, dia hanya memiliki beberapa hal yang tidak dia sukai dalam dirimu.

Oleh karena itu, dia memilih untuk diam seribu bahasa saat kamu mulai membahas tentang pernikahan bersamanya. 

2. Nyaman dengan hubungan saat ini dan tak ingin terikat oleh pernikahan

5 Alasan di Balik Diamnya Pasangan saat Membahas Pernikahan Denganmuunsplash.com/Tai's Captures

Terkadang menikah dapat mengubah suasana dalam hubungan. Makanya, banyak dari mereka yang memilih untuk tetap menjalin hubungan saja dan enggan untuk membicarakan pernikahan lebih jauh lagi, termasuk yang dilakukan pasanganmu saat ini.

Dia sangat nyaman dengan masa pacaran saat ini. Bukan tak ingin hidup bersamamu, tapi dia memilih lebih lama menikmati masa-masa saat ini. 

Baca Juga: 5 Pelajaran Cinta dari Pernikahan Dinda Hauw dan Rey Mbayang

3. Ada masalah finansial yang tak kamu ketahui

5 Alasan di Balik Diamnya Pasangan saat Membahas Pernikahan Denganmuunsplash.com/Sharon McCutcheon

Masalah finansial biasanya adalah masalah yang paling prioritas dalam hubungan. Menikah itu membutuhkan biaya yang tak sedikit, bahkan banyak sekali. Mulai dari lamaran hingga resepsi.

Jika tak disiapkan secara mendalam, maka tidak akan siap nantinya dan pengeluaran akan membengkak. Hal itulah yang dia sembunyikan darimu saat kamu terus menerus meminta cepat untuk menikah. Dia punya masalah finansial yang tak bisa dibicarakan dengan dirimu, meski kamu adalah sosok istimewa dalam hidupnya. 

4. Menikah bukan prioritas yang ada dalam hidupnya

5 Alasan di Balik Diamnya Pasangan saat Membahas Pernikahan Denganmuunsplash.com/Toa Heftiba

Tidak semua orang punya prioritas untuk menikah dalam hidupnya. Bisa jadi pasangan yang tidak terlalu antusias membicarakan pernikahan denganmu sebenarnya pernikahan bukan goals hidup dalam dirinya. Masih banyak hal lainnya yang jauh lebih penting dari sekadar menikah dan harus dia raih dalam waktu dekat, seperti karier. 

5. Takut menjalani pernikahan karena ada masa lalu buruk

5 Alasan di Balik Diamnya Pasangan saat Membahas Pernikahan Denganmupexels.com/Polina Zimmerman

Pernahkah kamu tahu tentang masa lalu dari pasanganmu? Adakalanya seseorang malas membicarakan pernikahan karena dirinya takut untuk menikah dan punya pengalaman buruk di masa lalu. Masa lalunya inilah yang membuatnya enggan berbicara lebih dalam tentang pernikahan dan mengharapkan banyak hal bersamanya. Dia takut kecewa lagi seperti dulu. 

Itulah lima alasan di balik diamnya pasangan saat membahas pernikahan. Jangan langsung judge buruk tentangnya dan menganggap dia tak mencintaimu karena kamu tak tahu hal apa yang dia pikirkan. 

Baca Juga: Kenapa Makin Banyak Orang yang Pilih Pesta Pernikahan Sederhana?

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya