Comscore Tracker

5 Cara Bangun Sikap Loyal di Hubungan biar Kalian Bahagia dan Romantis

Semuanya mudah jika kamu mencintainya

Sebuah hubungan akan langgeng dan bahagia kalau kamu memiliki sikap yang loyal. Loyal dalam artian kamu gak perhitungan dari segi uang, waktu dan tenaga. Kamu dapat melakukan segala hal untuk pasanganmu tanpa pamrih. 

Namun, bersikap loyal di hubungan juga bukanlah hal yang mudah. Butuh keyakinan dalam hati, termasuk apakah kamu benar mencintainya? Nah, untuk bisa bertahap memulai menumbuhkan sikap loyal, maka ada baiknya untuk kamu melakukan lima hal di bawah ini. 

1. Yakinkan bahwa kamu mencintainya

5 Cara Bangun Sikap Loyal di Hubungan biar Kalian Bahagia dan RomantisIlustrasi hubungan (pexels.com/Anthony Shkraba)

Sikap loyal ditumbuhkan saat kamu benar-benar mencintainya. Oleh karena itu, yakinkan terlebih dahulu hatimu kalau memang hubungan ini berjalan atas dasar rasa suka, sayang, dan cinta terhadapnya. 

Ketika kamu mulai yakin, maka kamu akan memprioritaskannya dan mulai loyal pada pasanganmu tanpa ada kata perhitungan. Selain itu, kamu juga gak akan mengharapkan hal apa pun karena sikap loyalmu memang harus kamu lakukan untuknya. 

2. Lakukan kewajibanmu sebagai pasangan

5 Cara Bangun Sikap Loyal di Hubungan biar Kalian Bahagia dan RomantisIlustrasi hubungan (pexels.com/William Fortunato)

Daripada mengharapkan pasanganmu yang lebih loyal di hubungan ini, akan lebih baik jika kamu melakukan kewajibanmu terlebih dahulu padanya. Caranya dengan mulai mengistimewakan, memprioritaskan dan memberikan perhatian padanya. 

Pahami bahwa itu perlu karena saat kamu melakukannya, pasangan pun akan sadar untuk memberikan feedback untukmu tanpa kamu minta. Jadi, gak perlu takut kamu akan berjuang dan loyal sendiri di hubungan ini. 

3. Ketahui bahwa cinta itu harus memberi

5 Cara Bangun Sikap Loyal di Hubungan biar Kalian Bahagia dan RomantisIlustrasi hubungan (pexels.com/Budgeron Bach)

Sebenarnya cinta itu bukan tentang feedback, tapi memberi dan memberi. Kalau kamu memang mencintainya dengan setulus hatimu, maka kamu harus bersikap loyal tanpa mengharapkan imbalan apa pun.

Ikhlaslah dalam melakukannya karena saat kamu bisa merasa ikhlas tanpa mengharapkan apa pun, maka semuanya akan mudah dilakukan dan pasangan pun akan mengerti apa yang harus dia lakukan juga. Jangan overthinking terlebih dahulu. Lakukan apa yang memang harus kamu karena cinta itu tanpa mengharapkan apa pun. 

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dihindari di Tempat Tidur saat Bersama Pasangan

4. Memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan pasangan

5 Cara Bangun Sikap Loyal di Hubungan biar Kalian Bahagia dan RomantisIlustrasi hubungan (pexels.com/Katerina Holmes)

Menumbuhkan sikap loyalitas dalam dirimu bisa dilakukan dengan cara mengapresiasi apa yang telah pasangan lakukan padamu. Dengan kamu mengapresiasi usahanya dalam memperlakukanmu dengan baik, maka itu dapat membuatmu merasa tahu diri bahwa kamu pun harus melakukan hal yang sama. 

Gak ada dia yang terus menerus berjuang dan loyal padamu karena kamu pun perlu. Kamu yang loyal dan melakukan hal yang sama seperti yang dia lakukan akan membuatmu diapresiasi juga olehnya. 

5. Jadilah sosok yang setia

5 Cara Bangun Sikap Loyal di Hubungan biar Kalian Bahagia dan RomantisIlustrasi hubungan (pexels.com/Anete Lusina)

Terakhir, menjadi yang setia itu adalah keharusan. Kamu harus tahu bahwa kesetiaan adalah salah satu bagian dari loyal. Kamu membuat komitmen dengan dirinya dan memberikan cintamu padanya. 

Setia juga dapat membuat hubungan yang dijalani jadi lebih bahagia. Gak ada ketakutan satu sama lain tentang pikiran negatif akan perselingkuhan karena kalian memiliki kesetiaan. 

Semuanya memang gak mudah, tapi kalau kamu memang mencintainya, maka kamu akan lebih mudah melakukannya. Sikap loyal bisa dijadikan sebagai bentuk kamu mencintainya selama ini. 

Baca Juga: 6 Zodiak yang Bisa Jadi Sahabat Paling Loyal dan Setia Kawan 

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya