Comscore Tracker

5 Cara Supaya Kamu Berhenti Membohongi Pasangan, Jangan Diulang!

Jangan sampai kamu menyesali semuanya

Berbohong pada pasangan bukanlah hal yang patut dilakukan lagi dan lagi, entah apa pun alasannya. Pasalnya, dengan kamu berbohong, maka secara gak sadar kamu telah melukai hati dan merusak kepercayaan yang telah dia berikan untukmu. 

Jika kamu memang sudah terlanjur berbohong tentang suatu hal padanya, maka berhenti melakukannya lagi. Jangan diulangi dan cobalah jujur padanya. Kamu bisa memulai untuk melakukan beberapa cara di bawah ini biar bisa berhenti bohong. 

1. Pahami dampaknya bagi hubungan

5 Cara Supaya Kamu Berhenti Membohongi Pasangan, Jangan Diulang!Ilustrasi berpikir (pexels.com/Dids)

Solusi paling tepat berhenti berbohong lagi dalam hubungan ini adalah memikirkan dampaknya. Coba bayangkan bagaimana jika pasangan tahu bahwa selama ini dia telah dibohongi olehmu? Marah pasti dia tunjukkan padamu. 

Namun, lebih dari itu yang akan dia rasakan. Dia gak akan bisa percaya lagi padamu, bahkan bisa jadi dia juga akan mengakhiri hubungan ini. Tentunya hal ini gak ingin kamu alami bukan? Nah, berhentilah membohongi semuanya. 

2. Kamu tetap salah, meski semua dilakukan demi kebaikan

5 Cara Supaya Kamu Berhenti Membohongi Pasangan, Jangan Diulang!Ilustrasi melamun (pexels.com/graham wizardo)

Niat apa pun yang melatarbelakangimu sampai berbohong pada pasangan adalah salah. Gak ada pembenaran dalam kebohongan yang kamu rasakan. 

Ingatlah, semakin kamu berbohong padanya dan gak juga jujur, maka semakin kamu merasa bersalah. Suatu saat nanti kebohongan akan menemukan jalannya untuk diketahui oleh pasanganmu. Daripada kamu berbohong akan lebih baik jika jujur, meski itu menakutkan. 

Baca Juga: 5 Cara Tulus Minta Maaf saat Ketahuan Bohong pada Pasangan

3. Lakukan komunikasi secara jujur dan terbuka

5 Cara Supaya Kamu Berhenti Membohongi Pasangan, Jangan Diulang!Ilustrasi perbincangan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Biar keinginan berbohong bisa diminimalisir sejak sekarang, maka cobalah untuk menumbuhkan keterbukaan satu sama lain. Caranya dengan kamu mulai jujur pada pasangan akan segala hal yang kamu lakukan, dan biarkan pasangan juga melakukan hal yang sama. 

Selain itu, kamu juga bisa membuat komunikasi yang kalian lakukan lebih intens mulai dari sekarang. Sapa pasangan di pagi hari dan tanyakan aktivitasnya di malam hari. 

4. Berikan apresiasi bila ada kejujuran yang dibicarakan

5 Cara Supaya Kamu Berhenti Membohongi Pasangan, Jangan Diulang!Ilustrasi asmara (pexels.com/Budgeron Bach)

Praktikan apresiasi dalam hubungan ini. Bila pasangan melakukan sesuatu untuk mengistimewakanmu, maka apresiasi dirinya dan berikan juga feedback yang sama seperti yang dia lakukan. Apresiasi pun bisa dilakukan saat pasangan jujur padamu. 

Alih-alih nanti marah akan kejujuran, apresiasi biar menguatkan hubungan yang dijalani. Bahkan, ketika kamu jujur tentang kebohonganmu pun, dia akan lebih mengerti dan memaafkanmu agar kamu gak melakukannya lagi. 

5. Mulailah fokus pada komitmen hubungan kalian

5 Cara Supaya Kamu Berhenti Membohongi Pasangan, Jangan Diulang!Ilustrasi pasangan (pexels.com/Sean Osullivan)

Cara lain untuk membuatmu berhenti membohongi pasangan adalah dengan fokus pada komitmen yang telah dibuat bersamanya saat ini. Komitmen akan membuatmu sadar bahwa berbohong itu salah, dan kamu pun akan takut bila nanti hubungan berakhir hanya karena kesalahan yang sepele. 

Kamu harus bisa memperbaiki semuanya sebelum hubunganmu berakhir. Jangan sampai menyesali semua yang telah kalau lakukan. Karena sekarang kamu sadar, maka berhentilah berbohong. 

Berbohong sekali dua kali karena gak ketahuan akan membuatmu terus melakukannya lagi dan lagi. Namun, bila nanti sudah ketahuan, maka semuanya akan berakhir. Lebih baik akhiri kebohongan dan berhenti melakukannya lagi. 

Baca Juga: 10 Chat Ketahuan Bohong ke Pacar Ini Kocaknya Bikin Panas Dingin

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya