Comscore Tracker

5 Hal yang Bikin Pasangan Gak Nyaman Terbuka denganmu dalam Hubungan

Kamu harus introspeksi diri!

Keterbukaan dalam hubungan adalah salah satu kunci penting agar hubungan bisa langgeng selamanya. Namun, bagaimana jadinya bila dalam hubungan, pasanganmu sama sekali gak nyaman untuk bisa cerita tentang hal apa pun yang sedang dia rasakan? Tentunya, kamu pun akan merasa gak berarti baginya, bukan? 

Oleh karena itu, biar kamu tahu hal apa yang bikin dia jadi gak nyaman untuk terbuka sama kamu, maka kamu bisa menyimak beberapa hal berikut ini biar kamu bisa introspeksi diri. 

1. Dia masih belum sepenuhnya percaya padamu

5 Hal yang Bikin Pasangan Gak Nyaman Terbuka denganmu dalam Hubunganunsplash.com/freestocks

Hal yang paling sering terjadi, mengapa dia gak nyaman cerita semuanya padamu karena dia belum sepenuhnya percaya denganmu. Dia masih kurang yakin, apakah kamu adalah sosok pasangan yang pantas berbagi tentang keluh kesahnya, atau tidak?

Selain itu, ketidakpercayaan dia padamu juga membuat dia khawatir bahwa nantinya kamu akan menceritakan segalanya pada teman-temanmu dan akhirnya dia akan merasa malu. Jadi, lebih baik dia menyimpan semuanya sendiri. 

2. Kamu gak bisa jadi pendengar yang baik dalam hubungan

5 Hal yang Bikin Pasangan Gak Nyaman Terbuka denganmu dalam Hubunganunsplash.com/Clem Onojeghuo

Kadangkala pasanganmu hanya ingin didengar, tanpa kamu mengucapkan kata apa pun. Makanya, gak heran bila sebelumnya dia terbuka, lalu tiba-tiba dia jadi lebih tertutup sekarang.

Alasannya gak lain adalah kamu gak pernah jadi pendengar yang baik untuknya. Kamu cenderung menyela saat dia berbicara, ataupun kamu mengabaikannya dan fokus pada hal lain. 

3. Kamu lancang memberi saran tanpa dia minta sebelumnya

5 Hal yang Bikin Pasangan Gak Nyaman Terbuka denganmu dalam Hubunganunsplash.com/Priscilla Du Preez

Meski dia pasanganmu, bukan berarti kamu bebas memberikan saran tanpa dia minta karena beberapa orang sangat tidak menyukainya. Ketika kamu lancang memberikan saran sebelum dia memintanya padamu, maka dia akan tersinggung karena sebenarnya dia hanya ingin didengarkan saja. Makanya, jangan kaget jika sekarang dia jadi enggan cerita apa pun lagi padamu. 

Baca Juga: Dikenal Cuek, Cewek 5 Zodiak Ini Tulus Banget soal Asmara

4. Daripada memberi saran yang membangun, kamu lebih condong mengkritiknya

5 Hal yang Bikin Pasangan Gak Nyaman Terbuka denganmu dalam Hubunganpexels.com/cottonbro

Memberi saran itu memang hal yang bagus. Namun, jangan sampai saran yang kamu berikan lebih condong untuk mengkritiknya karena itu akan membuatnya jadi gak suka akan sikapmu. Alih-alih ke depannya dia bisa bebas cerita denganmu, malahan dia akan kapok cerita lagi dan memilih untuk merahasiakannya saja darimu. 

5. Menganggap masalah yang dia alami terlalu sepele

5 Hal yang Bikin Pasangan Gak Nyaman Terbuka denganmu dalam Hubunganunsplash.com/Priscilla Du Preez
Setiap orang itu punya porsi masalah hidupnya masing-masing. Jangan pernah menganggap masalah yang dia hadapi terlalu sepele karena itu akan menyinggung dan membuatnya marah. Bahkan, dia pun gak akan pernah lagi cerita padamu dan menganggap kamu sosok yang gak berperasaan. 
 
Itulah tadi sederet hal yang bikin pasangan gak nyaman terbuka denganmu dalam hubungan. Ingat, jangan melakukannya lagi karena selain membuat dia gak terbuka sama kamu, juga dapat membuat hubungan kalian jadi lebih mudah berakhir.  

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Terlalu Dominan di Dalam Hubungan Asmara, Hentikan ya!

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya