Comscore Tracker

5 Tanda Hubunganmu Sedang Alami Kekerasan Emosional, Segera Akhiri!

Jangan sampai kamu alami mental illness

Kekerasan dalam hubungan tidak hanya terjadi dalam rumah tangga saja. Di dalam hubungan pacaran pun sering terjadi kekerasan dan kebanyakan kekerasan di sini bukanlah kekerasan fisik, melainkan kekerasan emosional.

Dampak yang dirasakan oleh korbannya pun jauh lebih sakit karena menyerang langsung pada mental. Biar paham, apakah kamu mengalami kekerasan emosional atau tidak, berikut ini ada lima tanda yang tunjukkan bahwa kamu sedang mengalami kekerasan emosional di hubungan. Yuk, langsung saja disimak! 

1. Pasangan yang sering mengancam bila permintaannya tidak dituruti

5 Tanda Hubunganmu Sedang Alami Kekerasan Emosional, Segera Akhiri!Pexels.com/Polina Zimmerman

Tanda yang paling awal dan paling mudah diketahui adalah pasangan yang sering mengancam. Bila dirinya memiliki permintaan darimu dan kamu tidak menurutinya, maka tanpa sadar yang dia lakukan adalah mengancammu.

Hal ini dia lakukan agar kamu selalu patuh pada perintahnya dan tak ingin hubungan yang dijalaninya melenceng dari yang dia harapkan. 

2. Terlalu sering menyalahkanmu atas hal yang tidak kamu lakukan

5 Tanda Hubunganmu Sedang Alami Kekerasan Emosional, Segera Akhiri!pexels.com/Ketut Subiyanto

Jangan terlalu sering mengalah bila dia terus menerus menyalahkanmu dengan dalih agar masalah tersebut cepat selesai. Pasangan yang terus menerus menyalahkan atas hal yang tidak kamu lakukan mencerminkan bahwa dirinya tidak bertanggung jawab.

Selain itu juga, tindakan seperti ini menunjukkan bahwa hubungan yang kamu jalani lebih dominan dikendalikan olehnya. Akhirnya, dia tak ingin disalahkan atas hal yang dilakukan dan malah melimpahkan kesalahan itu padamu. Inilah yang tanpa sadar tidak kamu tahu jika hubunganmu saat ini punya kekerasan emosional di dalamnya. 

Baca Juga: 5 Cara Menghentikan Kebiasaan Menyalahkan Pasangan setelah Menikah

3. Posesif

5 Tanda Hubunganmu Sedang Alami Kekerasan Emosional, Segera Akhiri!pexels.com/Ba Tik

Cemburu itu memang tanda cinta, tapi jika dilakukan secara berlebihan, justru akan jadi racun dalam hubungan. Dia yang cemburu akan mulai mengontrolmu untuk melakukan hal-hal yang dia inginkan.

Hal ini dilakukannya agar tidak terjadi perselingkuhan. Bahkan, kamu harus hati-hati bila sifat posesif yang dimilikinya sudah mulai mengontrol hidupmu, mulai dari pakaian, perilaku, pertemanan dan hal-hal apa saja yang kamu lakukan. 

4. Mengucapkan kata-kata kasar saat terjadi pertengkaran

5 Tanda Hubunganmu Sedang Alami Kekerasan Emosional, Segera Akhiri!pexels.com/Vera Arsic
Kekerasan itu bukan hanya dari fisik saja. Bila dia mulai mengucapkan kata-kata kasar dengan disertai makian, hinaan dan merendahkanmu saat terjadi pertengkaran, maka jangan dimaklumi.
 
Segera akhiri hubunganmu karena dia sudah mulai menunjukkan sikap aslinya.Jika kamu masih saja bertahan, maka yang rugi adalah kamu. Kamu akan semakin tertekan oleh sikapnya dan akan sulit untuk lepas darinya. 

5. Menuntutmu soal ekonomi

5 Tanda Hubunganmu Sedang Alami Kekerasan Emosional, Segera Akhiri!pexels.com/mentatdgt

Pasangan yang menjadikanmu sebagai ATM berjalan, sangat menunjukkan bahwa dia sedang memanfaatkanmu. Meminta dibelikan ini dan itu, lalu memintamu untuk membiayai segalanya adalah tindakan yang cuma memanfaatkan uangmu saja. Pergilah menjauh darinya bila kamu ingin tabunganmu tetap aman.

Dia hanya akan menjadi benalu dalam hidupmu saja. Tidak akan ada rasa penyesalan yang hadir dalam dirinya. Jadi, jangan maklumi soal keuangan hanya demi rasa cinta saja.

Harap hati-hati dengan pasangan yang melakukan salah satu atau kelima hal di atas karena jika kamu tetap bertahan yang rugi adalah dirimu sendiri dan mentalmu akan sakit dibuat olehnya. 

Baca Juga: 5 Jenis Kekerasan Emosional dalam Hubungan, Jangan Harap Bisa Bahagia!

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya