Comscore Tracker

5 Kesalahan yang Bikin Kata Maafmu pada Pasangan Terdengar Tidak Tulus

Jangan diulangi lagi ya

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dalam hidupnya, termasuk kesalahan saat menjalin hubungan. Ketika kamu tahu bahwa dirimu salah dan telah menyakiti pasangan, maka sudah sepatutnya kamu meminta maaf terhadapnya agar hubunganmu baik-baik saja, tanpa harus berakhir. 

Namun, dalam meminta maaf, kadang kala ada kesalahan yang kamu lakukan tanpa sadar dapat membuat permintaan maafmu jadi terdengar tidak tulus. Berikut beberapa kesalahan dalam meminta maaf biar kamu tidak mengulanginya lagi. 

1. Setelah kata maaf diucapkan, ada alasan pembenaran yang diutarakan

5 Kesalahan yang Bikin Kata Maafmu pada Pasangan Terdengar Tidak Tuluspexels.com/cottonbro

Sejatinya jika kamu meminta maaf pada pasangan, maka harus dilakukan secara tulus. Akui semua kesalahan yang telah kamu perbuat dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi. 

Jangan pernah ada kata pembelaan setelah kata maaf diucapkan karena hal itu menunjukkan bahwa kamu hanya terpaksa melakukannya. Pasangan juga akan kecewa pada sikapmu ini. 

2. Tidak ada ekspresi senyum di wajahmu

5 Kesalahan yang Bikin Kata Maafmu pada Pasangan Terdengar Tidak Tulusunsplash.com/Reychan

Jangan pernah melupakan senyum saat kamu meminta maaf langsung di hadapannya. Tersenyum menunjukkan ketulusanmu, tapi bila kamu sama sekali tidak ada senyum di wajahmu yang kamu tunjukkan padanya, maka maafmu akan terdengar dan terlihat tidak tulus.

Jika memaafkan, pasangan pun akan terpaksa memaafkanmu, tapi hanya di mulut saja, tidak di hatinya. 

Baca Juga: 5 Kalimat Permintaan Maaf Ini Justru Membuatmu Terlihat Tidak Tulus

3. Memaksa agar dia segera memaafkan dirimu

5 Kesalahan yang Bikin Kata Maafmu pada Pasangan Terdengar Tidak Tuluspexels.com/Ketut Subiyanto

Memaafkan seseorang itu perlu waktu, meski pun dia adalah pasangannya sendiri dan itu pun terjadi pada diri pasanganmu. Meminta maaflah secara tulus, tapi jangan sampai kamu memaksa dia untuk segera di maafkan. Dia butuh waktu untuk melihat ketulusan dan perjuangan serta kekecewaan yang dia rasakan. 

4. Tidak ingin disalahkan sepenuhnya dan balik menyalahkan

5 Kesalahan yang Bikin Kata Maafmu pada Pasangan Terdengar Tidak Tuluspexels.com/Vera Arsic

Setiap orang memang tidak ingin disalahkan. Namun, bila kamu memang melakukan kesalahan itu, maka akuilah dan meminta maaflah pada pasanganmu yang tersakiti.

Jika kamu tidak ingin disalahkan dan malah balik menyalahkan pasangan karena dia juga menurutmu salah, maka hal itu hanya akan menambah masalah saja. 

5. Menolak masukan atas kesalahan yang dilakukan

5 Kesalahan yang Bikin Kata Maafmu pada Pasangan Terdengar Tidak Tuluspexels.com/Tirachard Kumtanom

Jangan menolak masukan, bila pasanganmu memberikan sarannya setelah kamu meminta maaf karena itu adalah bentuk kepeduliannya padamu agar kamu jadi sosok yang lebih baik lagi. Kamu yang menolak masukan setengah meminta maaf sangat menunjukkan bahwa dirimu tidak tulus mengakui bahwa kamu salah. 

Itulah deretan kesalahan yang bikin permintaan maafmu pada pasangan terdengar tidak tulus. Jangan mengulanginya lagi jika kamu memang ingin hubunganmu tetap baik-baik saja. 

Baca Juga: 5 Situasi di Mana Kamu Gak Perlu Meminta Maaf, Kapan Saja?

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya