Comscore Tracker

5 Trik Memperbaiki Hubungan Terlanjur Toxic, Masih Bisa Kok!

Jangan menyerah gitu saja!

Ketika hubungan sudah toxic, satu-satunya solusi yang pasti kamu ambil untuk memperbaiki semuanya adalah mengakhiri hubungan ini agar gak ada lagi pihak yang tersakiti. Gak peduli apakah kamu dan dia masih cinta atau tidak karena jalan satu-satunya harus begitu. 

Namun, kamu gak tahu kalau ternyata hubungan yang toxic ternyata masih bisa diperbaiki dengan bijak tanpa menyakiti kamu dan dia. Langkah untuk memperbaikinya bisa kamu tiru seperti beberapa trik di bawah ini. 

1. Ketahui penyebab hubungan menjadi toxic

5 Trik Memperbaiki Hubungan Terlanjur Toxic, Masih Bisa Kok!Ilustrasi berdiskusi. (pexels.com/Alex Green)

Sebelum melangkah lebih jauh untuk menerapkan ini dan itu dalam hubunganmu, maka mulailah dulu untuk mengetahui penyebab apa yang bikin hubungan kalian jadi toxic. Gak perlu buru-buru untuk mendapatkan penyebabnya karena kamu dan dia harus berpikir sembari menikmati waktu untuk sendiri terlebih dahulu.

Ketika semua sebab sudah diketahui bersama, maka tulislah semua penyebab itu dan bicarakan dengan pasangan solusi apa yang harus dilakukan agar penyebab-penyebab tersebut gak terulangi lagi. 

2. Lihat dan renungi sekali lagi, apakah masih punya rencana masa depan yang sama?

5 Trik Memperbaiki Hubungan Terlanjur Toxic, Masih Bisa Kok!ilustrasi orang merenung (unsplash.com/Andre Hunter)

Berusaha memperbaiki hubungan yang sudah terlanjur toxic itu bukanlah hal yang mudah. Kamu dan dia harus bisa melihat kenyataan dan merenungi semua yang terjadi, apakah kalian masih punya cinta yang bisa membuat rencana kalian terealisasikan bersama? Jika masih, maka bangun hubungan ini kembali.

Jangan biarkan semua waktu yang telah dilalui sia-sia. Kalian harus fokus untuk mewujudkan rencana kalian satu per satu dengan pasti. 

Baca Juga: 10 Tipe Toxic People yang Amat Berbahaya dan Cara Bijak Menghadapinya

3. Mulai untuk aktif membangun hubungan yang bahagia

5 Trik Memperbaiki Hubungan Terlanjur Toxic, Masih Bisa Kok!ilustrasi pasangan bahagia (pexels.com/Leah Kelley)

Jangan diam saja saat kamu ingin memperbaiki hubungan dan hanya menunggu pasangan untuk aktif mengubahnya. Kamu harus bisa ikut aktif juga di hubungan ini. Lakukan hal-hal dalam hubungan yang membuat nyaman satu sama lain.

Jika memang hubungan sudah terasa sangat bosan, maka ambil inisiatif untuk membuatnya terasa asyik kembali. Ketika semuanya kamu lakukan dan aktif, maka hubungan yang bahagia bukan lagi impian semata. 

4. Belajar bersama untuk bisa menjalin komunikasi yang lebih terbuka

5 Trik Memperbaiki Hubungan Terlanjur Toxic, Masih Bisa Kok!ilustrasi komunikasi terbuka (pexels.com/Marco Irodistan)

Agar hubungan yang kamu dan dia jalani bisa membaik seiring berjalannya waktu, maka belajarlah untuk menjalin komunikasi yang lebih terbuka. Jangan berikan kode saat kamu punya keinginan di hubungan, tapi cobalah untuk bisa mengutarakannya secara langsung.

Perbaiki juga cara kamu mengutarakan keinginan kamu atau cara mengkritik sikap maupun perilaku yang gak kamu suka dari pasangan. Jika komunikasi bisa berjalan dengan baik, maka hubungan yang sehat dan bahagia akan kamu dapatkan. 

5. Jangan pernah menghindari konflik apa pun

5 Trik Memperbaiki Hubungan Terlanjur Toxic, Masih Bisa Kok!ilustrasi hubungan bahagia (pexels.com/Monstera)

Konflik, perdebatan dan pertengkaran adalah hal yang wajar di hubungan. Jangan menghindarinya demi hubungan tetap baik-baik saja dan gak ada cekcok sama sekali, tapi kamu dan dia harus bisa menyelesaikannya saat itu juga dan jangan sampai berlarut-larut. Kalau konflik saja bisa kamu selesaikan dengan baik, maka segala permasalahan lainnya bisa diselesaikan juga. 

Masih ada kesempatan untuk bisa memperbaiki kembali hubungan yang sudah terlanjur toxic, asalkan kamu dan dia memiliki keinginan yang kuat. Lakukan semua triknya secara terus menerus dan percayalah seiring berjalannya waktu hubunganmu akan jadi berkualitas. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Darimu yang Harus Dibuang biar Hubungan Gak Toxic

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya