Comscore Tracker

10 Tipe Toxic People yang Amat Berbahaya dan Cara Bijak Menghadapinya

#ANGPOIN Apakah mereka ada di sekitarmu?

Belakangan ini kata toxic people menjadi sangat familiar di masyarakat. Toxic people adalah sebutan untuk orang yang kerap menyusahkan dan membawa masalah ke dalam hidup orang lain. 

Orang seperti ini harus kamu hindari karena ia hanya akan menularkan energi negatifnya pada lingkungan. Berikut ini sepuluh tipe toxic people yang sangat berbahaya dan cara bijak menghadapinya.

1. Orang yang gak menghargai dirimu

10 Tipe Toxic People yang Amat Berbahaya dan Cara Bijak Menghadapinyapexels.com/@pixabay

Toxic people tipe pertama ini gak akan peduli seberapa keras usahamu atau sebaik apapun perlakuanmu padanya. Baginya, segala yang kamu lakukan gak berarti dan ia akan selalu meremehkanmu. Orang seperti ini bisa kamu temukan di lingkungan kantor, teman, pasangan hingga keluarga. 

Kamu perlu bertanya pada dirimu sendiri, apakah pengakuan dari orang lain berpengaruh besar pada hidupmu? Jika ciri ini kamu temukan pada pasangan yang selama ini selalu coba kamu bahagiakan, maka kamu harus menyadari bahwa hidupmu bukan hanya untuk membahagiakan orang lain yang gak pernah menghargaimu. Belajarlah untuk menghargai dirimu sendiri, dari pada mengutamakan orang lain.

2. Si ratu drama

10 Tipe Toxic People yang Amat Berbahaya dan Cara Bijak Menghadapinyapexels.com/@elijahsad

Drama queen gemar memposisikan diri mereka seolah-olah menjadi orang yang paling menderita. Ia kerap melebih-lebihkan cerita demi mendapat perhatian dan simpati orang lain. Semakin kamu peduli pada masalahnya, semakin ia akan membuatmu terlibat jauh ke dalam permainannya. 

Buat batasan dan berhenti menjadi penonton dramanya. Kamu harus mulai membiasakan diri untuk gak menanyakan perasaannya. Orang tipe ini sangat harus dihindari sebab ia hanya akan menguras energi positifmu.

3. Si pengkritik

10 Tipe Toxic People yang Amat Berbahaya dan Cara Bijak Menghadapinyapexels.com/@budgeron-bach

Toxic people tipe pengkritik selalu memiliki penilaian negatif terhadap orang lain. Ia gemar meremehkan kemampuanmu, impian dan cita-citamu. Setiap pilihanmu selalu salah di matanya. 

Menjauhkan diri darinya adalah hal yang harus kamu lakukan. Jangan pernah meminta penilaian, tanggapan dan nasihat padanya. Alih-alih memberi dukungan, ia justru akan membuatmu menjadi pesimis. Bila ia mengkritik tanpa diminta, beranikan diri untuk mengatakan bahwa kamu tidak membutuhkan penilaian darinya.

Baca Juga: Ini 5 Tanda Kamu Sudah Bersikap Toxic Tanpa Sadar, Segera Minta Maaf!

4. Si manipulatif

10 Tipe Toxic People yang Amat Berbahaya dan Cara Bijak Menghadapinyapexels.com/@keira-burton

Seseorang yang manipulatif mempunyai banyak cara untuk mengendalikan orang lain demi kepentingannya. Ia pandai menciptakan ketidakseimbangan keadaan dan memanfaatkan orang lain tanpa si korban menyadari bahwa ia sedang dimanipulasi. 

Orang manipulatif secara gak langsung telah mengendalikan dan merampas hak-hakmu.  Tanyakan pada dirimu, apakah dia memperlakukanmu dengan baik? Apakah permintaannya masuk akal? Segera buat batasan dan menjauh saat kamu menyadari seseorang telah memanipulasimu.

5. Si tukang gosip

10 Tipe Toxic People yang Amat Berbahaya dan Cara Bijak Menghadapinyapexels.com/@keira-burton

Kamu mungkin kerap menemukan seorang teman yang gemar bergosip. Meski terlihat sepele, tukang gosip termasuk tipe orang yang harus dihindari sebab ia pastinya gak bisa menyimpan rahasia. Jika ia bisa dengan entengnya membicarakan orang lain di depanmu, bukan gak mungkin ia akan melakukan hal yang sama di belakangmu. 

Jangan pernah membagikan hal detail tentang dirimu kepada penggosip. Meskipun ia berusaha dengan keras untuk mengorek ceritamu, kamu harus mampu menahan diri.

6. Si pembohong

10 Tipe Toxic People yang Amat Berbahaya dan Cara Bijak Menghadapinyaunsplash.com/@reskp

Kebohongan yang dilontarkan bisa saja hal kecil hingga hal besar mengenai kehidupannya. Saat kamu mulai mengenal seseorang lebih jauh, kamu pasti akan dengan mudah mendeteksi kebohongan. 

Orang yang suka berbohong selalu menciptakan kebohongan baru untuk menutupi kebohongan sebelumnya. Karena banyaknya kebohongan yang telah dilontarkan, ia akan sulit mempertahakan cerita dan mulai berkontradiksi. Tunjukkan ketidakkonsistenan ini untuk menyadarinya bahwa kamu telah mengetahui kejanggalan cerita yang ia karang.

7. Si pengungkit

10 Tipe Toxic People yang Amat Berbahaya dan Cara Bijak Menghadapinyapexels.com/@alex-green

Toxic people tipe ini akan terus menerus mengungkit kesalahanmu di masa lalu. Gak peduli seberapa besar perubahan dalam dirimu, ia akan selalu mengingat kesalahan yang pernah kamu lakukan. Sikapnya ini bisa membuatmu terpuruk selalu dihantui rasa bersalah. 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memaafkan diri atas kesalahan yang pernah kamu perbuat. Lalu coba untuk menerima dan mencintai diri sendiri. Kamu perlu terus memperbaiki diri dan memastikan kesalahan di masa lalu gak akan terulang lagi.

8. Seseorang yang berusaha mengubahmu

10 Tipe Toxic People yang Amat Berbahaya dan Cara Bijak Menghadapinyapexels.com/@liza-summer

Toxic people tipe kedelapan ini bisa datang dari sahabat, keluarga, bahkan pasangan. Ia akan berusaha mengubah dirimu, baik dari penampilan hingga sikap. Ia membuatmu merasa gak nyaman menjadi diri sendiri dan akhirnya memakai topeng di hadapan orang lain. 

Tetaplah menjadi diri sendiri dan biarkan ia memutuskan dapat menerimamu atau tidak. Kamu gak perlu menjadi orang lain untuk membuatnya tetap berada di sampingmu. Bahkan, bila ia adalah pasanganmu, sebaiknya pikirkan kembali apakah kamu bersedia hidup bersama orang yang gak bisa menerimamu apa adanya.

9. Orang yang suka mencari kambing hitam

10 Tipe Toxic People yang Amat Berbahaya dan Cara Bijak Menghadapinyapexels.com/@rodnae-prod

Toxic people tipe yang satu ini kemungkinan besar pernah kamu temui di lingkungan kerja. Ia benar-benar akan membuatmu berada di dalam masalah. Ia gak bertanggung jawab dan gemar melempar kesalahannya kepada orang lain. 

Kamu bisa menyikapinya dengan membuat batasan dan mengurangi interaksi dengannya. Cukup berkomunikasi seperlunya dari pada kamu harus menanggung akibat dari kesalahan yang gak kamu perbuat.

10. Orang yang selalu mengeluh

10 Tipe Toxic People yang Amat Berbahaya dan Cara Bijak Menghadapinyapexels.com/@olly

Rasa jenuh dan capek adalah hal yang wajar dirasakan oleh manusia. Tapi, bagaimana bila keluhan itu selalu kamu terima setiap hari? Pastinya akan sangat menganggu, bukan? 

Hidup toxic people tipe yang satu ini selalu penuh dengan keluhan. Entah itu asmara, pekerjaan, keuangan, dan lain-lain, ia selalu merasa gak puas atas apa yang telah ia miliki. Ia memaksamu untuk mendengar semua keluhannya tanpa memikirkan kondisimu. 

Yang perlu kamu lakukan adalah berani mengatakan 'tidak' saat ia meminta waktumu untuk curhat. Disadari atau tidak, terlalu sering mendengar keluhan bisa menularkan energi negatif kepada dirimu, lho!

Nah, itulah sepuluh tipe toxic people yang harus kamu hindari demi kesehatan mental dan ketenangan hidupmu. Semoga ulasan ini bermanfaat. Jangan lupa share ke teman-temanmu, ya!

Baca Juga: Jangan Lakukan 7 Hal Ini Kalau Kamu Gak Mau Dikategorikan Toxic People

Ratumas Ovvy Photo Verified Writer Ratumas Ovvy

Find me on Instagram @ratumasovvy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya