Comscore Tracker

6 Perilaku Tidak Tahu Diri Pasangan dalam Hubungan, Tinggalin Aja Deh!

Hati-hati, dia cuma manfaatin kamu doang

Menjalin hubungan dengan orang yang sangat kamu sukai adalah hal yang sangat membahagiakan, bukan? Berbagai hal kamu lakukan untuk menyenangkan pasangan. Saking fokusnya kamu dengan rasa bahagia, kamu sampai melupakan perilaku pasangan terhadapmu. 

Perlakukan pasangan tidak selalu sama dengan apa yang kita perlakukan padanya. Ada kalanya, beberapa perilaku pasangan justru menujukan perlakukan yang tidak tahu diri. 

Agar kamu merasa tidak dirugikan dalam hubungan, ada baiknya untuk memperhatikan dengan betul perilaku pasangan padamu. Berikut ini perilaku tidak tahu diri pasangan dalam hubungan. 

1. Menuntutmu untuk menjadi sempurna, sedangkan dirinya tidak

6 Perilaku Tidak Tahu Diri Pasangan dalam Hubungan, Tinggalin Aja Deh!pexels.com/Jopwell

Menjalin hubungan asmara dengan orang terkasih tidak menutup kemungkinan jika suatu saat akan saling menuntut untuk berubah menjadi sosok yang sempurna. Hal tersebut wajar saja terjadi karena pasangan ingin sesuatu yang terbaik dalam hubungan.

Namun, saat pasangan sering menuntutmu untuk berubah menjadi sosok yang diinginkannya, tanpa mengubah dirinya sendiri, maka hal itu sangat keterlaluan dan dianggap sebagai perilaku yang tidak dapat berkaca diri. 

2. Selalu menyuruhmu untuk membayar semua biaya kencan

6 Perilaku Tidak Tahu Diri Pasangan dalam Hubungan, Tinggalin Aja Deh!pexels.com/energepic.com

Merasakan perasaan yang berbunga-bunga karena sangat mencintai pasangan, terkadang membuatmu lupa segalanya. Keinginan pasangan sering kamu turuti apapun kemauannya, termasuk untuk menyuruhmu membayar semua biaya kencan bersama.

Padahal kencan yang dilakukan adalah berdua. Jika tidak dapat membayar semuanya, lebih baik membayar sendiri daripada merepotkan pasangan dengan menyuruhnya membayar semua biaya. 

3. Memintamu untuk mengerjakan semua tugas-tugasnya

6 Perilaku Tidak Tahu Diri Pasangan dalam Hubungan, Tinggalin Aja Deh!pexels.com/Bruce Mars

Saling membantu dalam hubungan adalah hal yang sangat normal. Hal itu dapat mendekatkan diri satu sama lain. Namun, berbeda halnya jika pasangan selalu meminta bantuanmu untuk mengerjakan tugas-tugasnya, seperti tugas kuliahnya atau pekerjaan kantornya.

Kamu boleh saja membantunya, tapi jika hanya kamu sendiri yang mengerjakan sedangkan pasanganmu sama sekali tidak membantu dan malah bersantai, kamu tentunya merasa dongkol, bukan? Daripada begitu, lebih baik kamu menolaknya secara terang-terangan dan sertakan alasannya. 

Baca Juga: Belum Pernah Pacaran dan Pengen Pacaran? Pahami Dulu 8 Konsekuensi Ini

4. Sering meminjam uang dan tidak pernah ingat dengan utangnya

6 Perilaku Tidak Tahu Diri Pasangan dalam Hubungan, Tinggalin Aja Deh!pexels.com/Artem Beliaikin

Ketika pasangan sedang membutuhkan uang dan meminjam padamu, tentu tidak ada alasan untuk menolaknya saat kamu memiliki uang, kan? Terkadang ada saja perilaku pasangan yang melupakan masalah utang dan menganggapnya adalah bentuk peduli pasangan dan tidak membayar utang tersebut.

Awalnya kamu akan memaklumi, tapi jika keseringan dia seperti itu, terutama dalam jumlah uang yang banyak, baiknya kamu hati-hati, deh! 

5. Minta dibelikan barang-barang branded

6 Perilaku Tidak Tahu Diri Pasangan dalam Hubungan, Tinggalin Aja Deh!pexels.com/bruce mars

Membeli barang-barang branded membutuh uang yang tidak sedikit. Kamu boleh saja memberikan pasangan hadiah barang branded sebagai ucapan sayang, tapi jika dia memintamu secara terang-terangan dan dilakukan dalam waktu yang sering, lebih baik kamu jauh-jauh deh darinya.

Selain membuat uangmu terkuras habis, menuruti kemauannya membeli barang hanya akan membuatnya mencintai uangmu saja, bukan dirimu sendiri. 

6. Tidak pernah menghargai perjuanganmu

6 Perilaku Tidak Tahu Diri Pasangan dalam Hubungan, Tinggalin Aja Deh!pexels.com/Pixabay

Cinta adalah tentang perjuangan. Meskipun kamu tulus melakukan semuanya pada pasangan, tapi jika pasanganmu tidak pernah menghargaimu bahkan untuk mengucapkan terima kasih pun tidak, pasti membuatmu merasa lelah dan bosan. Semua perjuangan yang kamu lakukan dinilainya sebagai hal yang biasa dan sia-sia. Daripada lelah dan tertekan sendiri, mengakhirinya akan lebih baik. 

Itulah enam perilaku pasangan yang tidak tahu diri dalam hubungan. Jika kamu menemukan keenam perilaku di atas pada pasanganmu, lebih baik kamu pikirin lagi deh jika ingin melanjutkan hubungan. Jangan sampai dirimu hanya diperbudak oleh cinta saja, ya! 

Baca Juga: 5 Jenis Kekerasan Emosional dalam Hubungan, Jangan Harap Bisa Langgeng

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya