Comscore Tracker

5 Tanda yang Tunjukkan jika Kamu Siap Membina Rumah Tangga Bersamanya

Kamu gak sabar hidup bersama dia!

Semua orang pasti menginginkan pernikahan dan berumah tangga dengan pasangannya saat ini. Namun, gak semua orang yang menginginkan hal itu siap membina biduk rumah tangga. Pasalnya, gak dapat dimungkiri lagi kalau menikah dan hidup bersama nanti, gak melulu hanya bahagia saja yang dirasakan, tapi juga masalah yang akan selalu ada. 

Meski kamu tahu rumitnya kehidupan rumah tangga kelak, tapi itu gak menyusutkan niatmu untuk menikah dengannya. Kamu siap dengan semua itu dan hal ini ditunjukkan dengan beberapa tanda berikut ini. Apa saja? 

1. Kamu mandiri

5 Tanda yang Tunjukkan jika Kamu Siap Membina Rumah Tangga Bersamanyapexels.com/Matilda Wormwood

Kamu yang siap menikah, gak lagi ketergantungan pada siapapun, entah orangtua maupun pada pasanganmu saat ini. Sekarang, kamu sudah mulai mandiri dari segi pribadi maupun keuangan. Segalanya bisa kamu selesaikan sendiri, bahkan kamu juga bisa mengontrol keuanganmu dengan sangat bijak.

Kamu tahu apa yang dibutuhkan dan apa yang hanya keinginan saja. Bentuk kemandirian inilah yang membuat kamu siap untuk menikah dan berumah tangga. Ketika kamu sudah melakukannya, maka perekonomian dalam keluargamu kelak akan stabil karena kamu bisa mengelolanya dengan baik. 

2. Bertanggung jawab atas apapun yang kamu lakukan

5 Tanda yang Tunjukkan jika Kamu Siap Membina Rumah Tangga Bersamanyaunsplash.com/Clem Onojeghuo

Siap berumah tangga berarti kamu juga harus siap secara mental. Salah satu kesiapan mental tersebut adalah kamu bisa bertanggung jawab atas apapun yang kamu lakukan dalam hidup ini.

Gak pernah sekalipun kamu lari dari masalah. Justru, kamu bertanggung jawab menyelesaikan semuanya. Bahkan, kamu gak pernah gengsi untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf atas apa yang kamu lakukan. 

Baca Juga: 5 Ciri Istri Tak Bahagia Menikah denganmu, Rumah Tangga Rentan Kandas!

3. Kamu bisa menyelesaikan konflik dengan pasangan secara damai

5 Tanda yang Tunjukkan jika Kamu Siap Membina Rumah Tangga Bersamanyapexels.com/Ketut Subiyanto

Gak ada lagi perasaan egois dan ingin marah-marah saat kamu memiliki konflik dengan pasangan. Yang ada sekarang, kamu jauh lebih kalem saat menghadapi konflik. Gak ada yang saling menyalahkan.

Malahan, saat konflik terjadi, baik kamu maupun pasangan akan bertemu dan menyelesaikannya saat itu juga tanpa harus berlama-lama menunggu. Tanpa kamu sadari, hal seperti inilah yang bikin kamu siap menjalani rumah tangga bersamanya. 

4. Punya tujuan hidup yang sama dengan pasangan

5 Tanda yang Tunjukkan jika Kamu Siap Membina Rumah Tangga Bersamanyapexels.com/Mikhail Nilov

Kalau kamu siap menikah dengannya, maka kamu juga punya tujuan hidup saat bersamanya kelak. Ada rencana yang telah kamu siapkan bersamanya dan itu adalah tujuan yang sama.

Di mana, kamu dan dia ingin membuat hubungan bahagia, kekal dan saling mencintai sampai akhir hayat kalian. Jika kamu dan dia punya harapan yang sama, maka pernikahan dan rumah tangga yang kalian jalani pun akan semakin mudah. Semua masalah dan ujian bisa diselesaikan dengan baik. 

5. Kamu sibuk memantaskan diri

5 Tanda yang Tunjukkan jika Kamu Siap Membina Rumah Tangga Bersamanyapexels.com/Andrea Piacquadio

Menikah bukan hanya tentang menerima saja karena kamu yakin kalau jodoh yang baik itu untuk yang baik pula. Makanya, akhir-akhir ini kamu sibuk memperbaiki dirimu sendiri, mulai dari sikap, bicara sampai penampilan. Semuanya kamu perbaiki sedikit demi sedikit, agar bisa berjodoh dengan dia yang baik. 

 

Memang gak mudah untuk berumah tangga itu, tapi kalau kamu sudah menunjukkan lima tanda di atas, maka itu artinya kamu sudah siap menikah dengannya. Gak ada kegundahan dalam hatimu, karena kamu yakin kalau bersamanya akan bahagia dan melewati biduk rumah tangga berdua. 

Baca Juga: 5 Tanda Keluarga Gak Mandiri, Hindari Jika Kelak Kamu Berumah Tangga 

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya