Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Kangen pada Orang yang Sudah Tidak Bersama Kita

Selalu ada jalan untuk bangkit dari keterpurukan

Perpisahan adalah sebuah momen yang umumnya dihindari karena identik dengan rasa patah hati dan kesedihan. Sayangnya, pasti akan ada titik di mana perpisahan pasti terjadi, meskipun sudah berusaha mempertahankan untuk tetap bersama.

Salah satu yang akan dialami saat berpisah dari orang yang kita sayangi adalah timbulnya rasa kangen yang kadang tidak terbendung. Beberapa orang yang beruntung masih bisa bertemu dengan orang yang dicintai untuk melepas rindu. Namun, bagi yang ditinggal orang kesayangan untuk selamanya tentu akan sulit untuk mengobati rasa rindu yang mendera.

Berikut adalah cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi rasa rindu kepada mereka yang tidak lagi dapat kita jangkau.

1. Jangan merenung terlalu lama

5 Cara Mengatasi Kangen pada Orang yang Sudah Tidak Bersama Kitailustrasi orang yang merasa bingung (pexels.com/MART PRODUCTION)

Merasa rindu pada orang yang sudah tidak bisa ditemui atau dimiliki lagi memang sangat menyiksa. Biasanya, ketika rasa rindu tidak bisa diwujudkan dengan pertemuan, seseorang cenderung merenung dan memutar lagi memori secara berulang-ulang.

Namun, terlalu lama merenungi kepergian orang yang kita sayang juga tidak menyelesaikan masalah. Dilansir Very Well Mind, merenung terlalu lama saat merasa rindu kepada seseorang hanya akan membuat diri berkutat dengan pikiran masa lalu dan malah cenderung menimbulkan dampak negatif. Oleh karena itu, meskipun perlahan, penting untuk memotivasi diri agar segera bangkit menjadi lebih baik.

2. Akui perasaan kangen yang muncul

5 Cara Mengatasi Kangen pada Orang yang Sudah Tidak Bersama Kitailustrasi kesedihan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Salah satu cara untuk mengatasi rasa kangen adalah dengan mengakui adanya perasaan tersebut. Menerima kenyataan bahwa sedang rindu tanpa berusaha menghakimi atau menolak perasaan itu akan membuat diri merasa lebih baik.

Dilansir Very Well Mind, menerima perasaan rindu yang datang dengan segenap hati dan penuh kesadaran akan membuat kesehatan mental tetap terjaga. Jadi, meskipun orang tersebut tidak bisa kita temui lagi, kita masih bisa mengatasi rasa kangen yang bisa muncul kapan saja.

Baca Juga: 5 Tantangan saat Belajar Bahasa Asing, Jangan Langsung Nyerah!

3. Alihkan perhatian

5 Cara Mengatasi Kangen pada Orang yang Sudah Tidak Bersama Kitailustrasi menjadi relawan suatu kegiatan (unsplash.com/OCG Saving The Ocean)

Ketika tiba-tiba merasa rindu pada orang yang sudah tidak bisa kita jangkau lagi keberadaannya, tidak jarang kondisi mental menjadi turun dan mood memburuk. Kondisi seperti ini hanya akan membuat dirimu terpuruk.

Jika kangen sudah tidak bisa dibendung, cobalah alihkan perhatianmu. Lakukan hal-hal yang bisa membuatmu sibuk, seperti menjalankan hobi atau mencoba kegiatan yang baru. Fokus pada kegiatan positif dapat mengurangi perasaan rindu yang dalam.

4. Syukuri segala yang telah terjadi

5 Cara Mengatasi Kangen pada Orang yang Sudah Tidak Bersama Kitailustrasi seseorang yang merasa bahagia (unsplash.com/Hudson Hintze)

Allen dalam tulisannya yang berjudul The Science of Gratitude yang diterbitkan oleh Greater Good Science Center tahun 2018 mengungkapkan bahwa dengan bersyukur seseorang bisa mendapat beberapa keuntungan seperti sehat secara mental dan fisik, merasa bahagia, dan tidak terlalu mengejar materi.

Syukuri setiap memori yang kamu miliki bersama dengan orang tersebut. Kenanglah sebagai suatu kebaikan dan jadikan ini sebagai suatu penghargaan untuknya, sehingga meskipun orang itu sudah tidak ada lagi, kamu tetap bisa meluapkan rasa kangen melalui rasa syukur yang melimpah.

5. Peduli pada diri sendiri

5 Cara Mengatasi Kangen pada Orang yang Sudah Tidak Bersama Kitailustrasi bersantai (pexels.com/Vlada Karpovich)

Ketika kita benar-benar menyayangi seseorang, memang wajar untuk merasa kangen bila terpisah dengan orang tersebut. Namun, jangan sampai rasa kangen yang mendalam, terlebih kepada orang yang sudah pergi, mengganggu kehidupan yang masih dijalani. Bagaimana pun juga, merawat diri tetap penting agar bisa melanjutkan hidup dengan baik.

Bentuk kepedulian yang bisa kamu berikan untuk dirimu sendiri ada berbagai jenis. Kamu bisa mencoba meluangkan waktu untuk meditasi, bersantai, berolahraga, atau melakukan berbagai aktivitas positif lainnya. Dengan begitu, fisik dan mental akan tetap sehat serta kamu akan lebih mampu mengatasi rasa rindu yang datang.

Kangen memang harus diobati. Jika memang pertemuan secara fisik bukan lagi obat yang bisa menyembuhkan, masih banyak cara untuk mengatasi rasa kangen yang mendera. Poin yang terpenting adalah bagaimana bisa segera bangkit dan melanjutkan hidup dengan semangat baru.

Baca Juga: 5 Cara Belajar dari Luka Masa Lalu agar Kamu Bisa Bertumbuh 

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya