Comscore Tracker

5 Faktor yang Mengganggu Hubungan Persahabatan, yuk, Hindari!

Salah satunya bercanda yang terlewat batas

Sahabat merupakan orang yang bisa membuat hari-harimu lebih seru dan menyenangkan. Kehadiran mereka membawa banyak hal menarik yang bisa menciptakan kebahagiaan dan menyembuhkan duka lara.

Namun, jangan sampai hubungan yang telah terjalin dengan baik tersebut rusak karena adanya sifat-sifat buruk pada dirimu yang sangat mengganggu. Oleh sebab itu, jagalah persahabatan tetap erat dengan menghindari sederet hal-hal buruk berikut, yuk!

1. Berhutang tanpa membayar

5 Faktor yang Mengganggu Hubungan Persahabatan, yuk, Hindari!ilustrasi uang tunai (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Sahabat tentu merupakan orang yang selalu ada untukmu di setiap situasi, baik senang atau susah. Ketika sedang tidak ada uang, mungkin para sahabatlah yang bisa memberikanmu pinjaman agar kamu bisa terus bertahan hidup.

Oleh sebab itu, bayarlah hutangmu! Jangan berpikir untuk tidak membayar karena bantuan tersebut berasal dari sahabat dekat. Meski mereka tidak menagih, kamu harus memiliki iktikad baik untuk melunasinya tanpa perlu diingatkan.

2. Selalu ingin tahu segala urusan

5 Faktor yang Mengganggu Hubungan Persahabatan, yuk, Hindari!ilustrasi seseorang yang merasa kesal (pexels.com/Liza Summer)

Sebagai orang yang dekat mungkin kamu merasa berhak tahu segalanya tentang sahabatmu. Kalau masih berpikir seperti ini, sebaiknya segera hentikan. Perlu dipahami bahwa kamu tidak boleh bersikap selalu ingin tahu tentang apa saja hal terkait sahabatmu.

Meskipun dekat, kamu dan sahabatmu tetap punya batasan. Ada privasi yang harus dijaga karena memang tidak semua hal harus dibagikan kepada orang lain. Jadi, selama sahabatmu tidak ingin memberi tahumu tentang sesuatu, jangan memaksanya untuk bicara.

Baca Juga: 5 Cara Mengingatkan Sahabat Lupa 'Daratan' ketika Sukses

3. Bercanda yang terlewat batas

5 Faktor yang Mengganggu Hubungan Persahabatan, yuk, Hindari!ilustrasi perundungan (pexels.com/Keira Burton)

Banyak orang tidak sadar bahwa telah mengucapkan atau melakukan sesuatu yang berlebihan kepada sahabatnya. Mereka merasa apa yang dilakukan merupakan sebuah bentuk candaan yang lucu, padahal sebenarnya menyakiti.

Mulai sekarang, perhatikan tutur kata dan perbuatan terhadap sahabatmu. Hanya karena mereka tidak marah, bukan berarti kamu bisa menjadikannya bahan lelucon. Jangan sampai bercanda yang terlewat batas karena bisa melukai hati dan menghancurkan hubungan persahabatan yang terjalin.

4. Memanfaatkan kebaikan sahabat

5 Faktor yang Mengganggu Hubungan Persahabatan, yuk, Hindari!ilustrasi berkendara (pexels.com/Roberto Nickson)

Memiliki sahabat yang baik hati dan tidak segan memberikan pertolongan adalah sebuah anugerah yang patut disyukuri. Bersama mereka, banyak hal terasa lebih indah dan menyenangkan.

Namun, jangan sampai salah menafsirkan kebaikan tersebut dengan memanfaatkannya untuk kepentinganmu sendiri. Sebagai contoh, kamu senang menumpang atau minta ditraktir dalam banyak hal hanya karena tidak mau rugi. Lebih baik saling menerima dan memberi agar hubungan persahabatan kalian menjadi seimbang.

5. Memaksakan kehendak

5 Faktor yang Mengganggu Hubungan Persahabatan, yuk, Hindari!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Laura Tancredi)

Bersahabat dengan orang yang baik terkadang bisa membuat seseorang jadi lupa diri. Alih-alih membalasnya dengan kebaikan, kamu malah sering memaksakan kehendak karena tahu teman tersebut tidak akan melawan.

Kalau ingin pertemananmu awet, hindari menjadi egois. Jangan mau menang sendiri dan membuat sahabatmu menanggung banyak beban yang seharusnya tidak menjadi urusannya. Selalu diskusikan hal apapun yang ingin kalian lakukan bersama agar setiap orang bisa mendapatkan bagian yang adil.

Berteman dekat dengan seseorang bukan berarti bebas melakukan perbuatan semena-mena. Tetap jagalah sopan santun agar selalu tercipta rasa saling menghormati sehingga terjalin hubungan persahabatan yang sehat dan menyenangkan.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Perlu Keluar dari Zona Nyaman Persahabatan

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya