Comscore Tracker

5 Tips Jitu Memulai Kencan untuk Pria INTP alias 'Si Pemikir'

Coba keluar dari zona nyamanmu!

INTP adalah salah satu klasifikasi kepribadian dalam Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), yang artinya introverted, intuitive, thinking, dan perceiving. INTP identik dengan sifat pendiam, perasa, dan penyendiri. Mereka juga dijuluki sebagai "si pemikir".

Dalam urusan percintaan, INTP bisa dibilang agak sedikit kaku karena sifatnya yang pemalu. Padahal, sebenarnya dengan kelebihan yang dimilikinya adalah kepribadian yang memesona, lho!

Jika kamu termasuk seorang pria INTP, berikut ini lima tips untuk memulai kencan agar menemukan belahan jiwamu.

1. Kenali diri sendiri  

5 Tips Jitu Memulai Kencan untuk Pria INTP alias 'Si Pemikir'ilustrasi pria INTP (pexels.com/Armin Rimoldi)

Berkencan bisa menjadi hal yang sulit bagi seorang pria INTP. Hal ini wajar mengingat kepribadian mereka sebagai intovert yang pemikir. INTP memiliki dua dunia yang terpisah namun terjadi dalam satu waktu. Saat orang lain melihatmu, mereka hanya melihat dunia luar saja. Sebagian besar orang gak memahami bahwa di dalam pikiranmu ada dunia persepsi, emosi, dan impian.

Penting bagi kamu untuk mengenali dirimu seutuhnya sebelum memulai sebuah kencan. Kamu harus tahu apa yang kamu sukai, perempuan seperti apa yang kamu inginkan, dan sebagainya. Memiliki kesadaran yang tinggi tentang dirimu dan lingkunganmu akan membantu untuk menampilkan sisi terbaikmu.

2. Mencoba kencan online

5 Tips Jitu Memulai Kencan untuk Pria INTP alias 'Si Pemikir'ilustrasi kencan online (pexels.com/cottonbro)

Sebagai seorang introvert, pria INTP cenderung menganggap kencan online sebagai pilihan yang nyaman. Bertemu wanita secara online membuatmu bisa menjadi diri sendiri dan mengurangi rasa gugup.

Kamu juga bisa mengenalnya lebih baik sebelum akhirnya bertemu tatap muka. Setidaknya, kamu mempersiapkan bahan yang bisa menjadi topik obrolan agar pertemuan pertama menjadi menyenangkan. 

3. Rencanakan kencan di tempat yang paling nyaman 

5 Tips Jitu Memulai Kencan untuk Pria INTP alias 'Si Pemikir'ilustrasi pria INTP sedang berkencan (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Setelah beberapa hari mengenalnya lewat chat atau telepon, beranikan diri untuk mengajaknya bertemu. Pilih tempat yang paling nyaman untukmu. Mungkin kamu menyukai kedai kopi tanpa live music, atau taman kota dan sebagainya.

Ketika kamu nyaman dengan lingkunganmu, kamu akan lebih mudah untuk merasa santai dan percaya diri. Ambil kesempatan ini untuk menunjukkan padanya beberapa tempat favoritmu, karena ini akan membuatnya mengenal kepribadianmu lebih dalam. 

Baca Juga: 7 Tips Kencan Pertama Anti Grogi, Perhatikan Bro!

4. Berkenalan dengan perempuan di tempat yang tenang 

5 Tips Jitu Memulai Kencan untuk Pria INTP alias 'Si Pemikir'ilustrasi pria INTP (pexels.com/cottonbro)

Bagi seorang pria INTP, nongkrong di bar mungkin bukan cara terbaik untuk bertemu pasangan. Maka dari itu, coba untuk menghabiskan sore hari dengan mengunjungi museum, toko buku, atau tempat mana pun yang dapat kamu gunakan untuk melatih aspek "berpikir" dan "memahami" yang menjadi ciri kepribadianmu.

Kamu akan lebih mudah untuk akrab dan dekat dengan lawan jenis yang mengerti sisi pemikirmu ini. Bertemu dengan lawan jenis di dalam elemenmu adalah cara terbaik untuk menemukan seorang belahan jiwa. 

5. Keluar dari zona nyaman

5 Tips Jitu Memulai Kencan untuk Pria INTP alias 'Si Pemikir'ilustrasi pria INTP (pexels.com/Jeswin Thomas)

Siapapun kamu, introvert atau extrovert, pasti memiliki zona nyaman. Dapat dipahami bahwa kamu lebih suka menjalani hubungan sesuai kepribadianmu, namun gak ada salahnya untuk menantang dirimu sendiri. 

Kamu bisa melakukannya dengan memulai percakapan dengan seorang perempuan yang kamu temui di kafe atau rekan sekantor. Ketika kamu mendorong dirimu untuk keluar dari zona nyaman, kamu mungkin akan terkejut melihat berapa banyak perempuan menarik yang berpotensi menjadi belahan jiwamu. 

Gak ada ketentuan mengikat tentang memulai kencan untuk semua tipe kepribadian, termasuk pria INTP. Namun, dengan mengetahui kelebihanmu, maka akan membantumu menemukan pasangan yang tepat. Selamat mencoba, ya.

Ratumas Ovvy Photo Verified Writer Ratumas Ovvy

Find me on Instagram @ratumasovvy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya