Comscore Tracker

Saat Kondisi Terpuruk, Ini 5 Kriteria Teman yang Bisa Kamu Andalkan

Beruntung banget punya mereka!

Sebagian orang mungkin percaya jika teman yang baik bisa membawa kita pada kebaikan hingga membuat kita nyaman bersamanya. Kenyamanan itu bisa dirasakan saat kita senang maupun saat kita dalam keadaan susah dan punya masalah. Sebaiknya memang perlu selektif saat memilih teman.

Ada beberapa kriteria yang mungkin bisa kita jadikan patokan untuk memilih teman. Teman yang bisa diajak senang maupun susah, juga teman yang bisa dijadikan tempat bersandar saat punya masalah dan kondisi terpuruk. Adapun kriteria tersebut adalah sebagai berikut.

1. Teman yang pandai menjaga rahasia

Saat Kondisi Terpuruk, Ini 5 Kriteria Teman yang Bisa Kamu Andalkanilustrasi bicara (pexels.com/fauxels)

Salah satu kriteria yang sebaiknya dimiliki oleh teman yang bisa dijadikan tempat bersandar di saat kita punya masalah adalah teman yang pandai menjaga rahasia. Hal ini penting sekali dilakukan supaya masalah dalam hidup kita yang sempat kita ceritakan tidak tersebar ke mana-mana. 

Saat ada masalah memang kita butuh tempat bersandar walau hanya sekedar curhat masalah kita. Teman yang pandai menjaga rahasia akan menjadi teman curhat yang nyaman dan aman. Jika teman kamu sudah mempunyai kriteria seperti ini, maka jaga hubungan baik karena tidak banyak orang yang bisa bertindak demikian.

2. Dewasa dan bisa memberikan nasehat bijak

Saat Kondisi Terpuruk, Ini 5 Kriteria Teman yang Bisa Kamu Andalkanilustrasi bicara (pexels.com/kampusproduction)

Untuk selanjutnya ada teman yang dewasa dan bisa memberikan nasehat bijak saat kita jadikan tempat bersandar menjadi kriteria lainnya yang sebaiknya dimiliki. Bersandar hingga curhat pada orang yang dewasa menjadi pilihan tepat karena secara tidak langsung nasehat dari mereka bisa sedikit memperbaiki cara pandang kita.

Bayangkan saja jika kita bersandar pada teman yang kurang dewasa, bisa saja nasehat dari mereka kurang tepat untuk masalah yang sedang kita hadapi. Lebih selektif saat menjadikan teman sebagai tempat bersandar kita di saat punya masalah itu lebih baik.

Baca Juga: 6 Cara Akrab dengan Teman Kerja, Bisa kayak Teman Kuliah!

3. Bisa menjadi pendengar yang baik tanpa menghakimi

Saat Kondisi Terpuruk, Ini 5 Kriteria Teman yang Bisa Kamu Andalkanilustrasi pertemanan (pixabay.com/free-photos)

Kriteria lain yang sebaiknya dimiliki oleh teman yang akan kita jadikan tempat bersandar adalah mereka yang bisa menjadi pendengar yang baik sekaligus tidak menghakimi kita. Saat ada masalah terkadang kita ingin memiliki tempat berbagi keluh kesah, pendengar yang baik bisa meringankan beban kita karena sikap pengertian darinya saat kita curhat.

Sementara teman yang tidak menghakimi saat kita sedikit berbagi masalah kita juga penting untuk masuk dalam kriteria. Misalnya saja saat kita melakukan suatu kesalahan, masalah yang terjadi karena ulah kita tersebut tidak lantas dicap buruk oleh teman kita. Mereka bisa memahami sisi lain mengapa kita melakukan demikian.

4. Sosok yang setia pada kita

Saat Kondisi Terpuruk, Ini 5 Kriteria Teman yang Bisa Kamu Andalkanilustrasi pertemanan (pexels.com/elevante)

Penting sekali mencari teman yang setia saat senang maupun susah. Teman yang setia juga menjadi salah satu kriteria teman terbaik yang bisa kita jadikan tempat bersandar saat mempunyai masalah. Bagaimana jadinya jika teman yang sudah tau segalanya tentang masalah kita justru mengkhianati kita.

Sebaiknya memang tidak asal dalam memilih teman, apalagi ketika kita butuh teman yang bisa dijadikan tempat sandaran saat punya masalah. Memilih teman yang tidak tepat bisa saja membuat masalah yang kita hadapi menjadi lebih rumit atau bahkan besar.

5. Perhatian dan punya rasa empati yang tinggi

Saat Kondisi Terpuruk, Ini 5 Kriteria Teman yang Bisa Kamu Andalkanilustrasi pertemanan (pexels.com/designecologist)

Perlunya untuk memiliki teman yang punya perhatian dan rasa empati yang tinggi untuk menjadi kriteria teman yang kita jadikan teman bersandar di saat punya masalah. Teman yang perhatian biasanya akan tahu bagaimana menghadapi kita dengan penuh kelembutan.

Selain itu teman yang punya empati yang tinggi juga penting sekali kita dapat. Pastinya kita sendiri menginginkan ketika kita bersandar ada sosok penuh empati yang hadir. Kalau misalkan teman kita itu sosok yang cuek, pasti kita juga akan merasakan kenyamanan yang kurang.

Tidak hanya pasangan, teman yang akan kita jadikan tempat bersandar juga perlu kriteria tertentu. Selain bisa membuat nyaman, semua masalah hingga rahasia yang kita miliki juga aman. Setuju gak guys?.

Baca Juga: 5 Hal Negatif jika Punya Teman yang Tak Satu Frekuensi, Apa Saja?

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya